DOD Hibrida/ Ayam Petelur

Beternak Bebek Petelur Konsumsi Dengan Menggunakan Metode Intensif dan Hemat Air

Beternak Bebek Petelur Konsumsi Dengan Menggunakan Metode Intensif dan Hemat Air

Bagi peternak bebek petelur tradisional, biasanya menggunakan cara diumbar sehingga bebek mencari makan sendiri. Disamping itu peternak masih menyediakan minum, bahkan kolam air untuk tempat berenang bebek. Namun cara seperti itu jelas kurang efisien karena produktivitas bebek menjadi berkurang. Pasokan gizi kurang terkontrol dan stamina bebek menjadi lebih lemah dan bebek rentan terhadap penyakit. Peternak banyak kehilangan waktu karena harus menggembala bebek hingga ke pelosok sawah. Agar lebih efektif dan efisien bisa menggunakan metode intensif dan hemat air.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bagaimana cara memelihara bebek dengan metode hemat air?

Bila kita memelihara bebek secara intensif dan hemat air maka peternak menyediakan kandang dan pakan minum yang bervitamin. Pakan dan minum diletakkan di dalam kandang dan secara berkala diganti dengan yang baru. Pasokan pakan dan minum sangat penting untuk menjaga kesehatan dan asupan multivitamin untuk meningkatkan stamina bebek. Jadi untuk penggunaan air hanya untuk minum, membersihkan alat-alat yang digunakan untuk makan dan minum dan membersihkan kandang. Tentu hal tersebut cukup menguntungkan peternak. Kelebihan lainnya kita bisa menghemat tempat.

Bebek juga tidak perlu diberikan tempat untuk berenang. Jadi bebek banyak beraktivitas di dalam kandang. Dengan cara tersebut bebek bisa menghemat energi, jadi bebek memanfaatkan energi yang ada untuk produksi telur saja. Bebek betina yang dipelihara tanpa diberi pejantan, sehingga telur yang dihasilkannya infertil (tidak bisa ditetaskan). Telur yang dihasilkannya memang untuk telur konsumsi.

Apakah perbedaan bila kita memelihara bebek petelur untuk ditetaskan?

Ada perbedaan dalam pemeliharaan bila kita bertujuan untuk menghasilkan telur tetas. Perbedaannya tentu saja harus menggunakan pejantan. Satu pejantan bisa membuahi sekitar 6 bebek betina. Komposisi antara pejantan dan betina jangan terlalu besar karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas telur yang dihasilkan. Jika terlalu banyak betina, maka banyak kemungkinan telurnya infertil, karena tidak sempat dibuahi pejantan. Untuk sistem pemeliharaan juga tidak dikandangkan namun diumbar ke air sehingga terjadi perkawinan alami. Jadi untuk pemeliharaan bebek petelur tetas masih menggunakan cara tradisional dan menggunakan banyak air.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bebek petelur konsumsi agar hemat air maka akan ditempatkan dalam suatu kandang yang diberi sekat atau dinding dari batako atau papan. Untuk lantai bisa menggunakan plester atau tanah. Kandang dengan dinding semen dan lantai diplester memudahkan untuk membersihkan. Kandang yang bersih dan kering akan membuat bebek tidak gampang terkena penyakit. Terlebih lagi dilengkapi ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara cukup lancar. Jadi peternak tidak membutuhkan banyak tempat lagi yang biasanya digunakan untuk tempat berenang bebek.

Pada umur 5,5 bulan – 6 bulan bebek petelur sudah mampu berproduksi. Bebek yang dipelihara intensif dapat menghasilkan telur 200- 250 telur/ ekor/ tahun. Sedangkan bila tidak menggunakan metode intensif maka hasilnya berkurang secara signifikan yaitu hanya sekitar 130 butir/ ekor/ tahun. Hal tersebut dipengaruhi asupan pakan dan minum yang bergizi dan pemberian multivitamin untuk menjaga stamina bebek tetap prima.

Demikian keuntungan bila kita menggunakan metode intensif hemat air dalam memelihara bebek petelur konsumsi. Perbedaan yang nyata pada produktivitas telur yang meningkat dan lokasi kandang yang tidak terlalu luas akan menguntungkan peternak. Dengan demikian peternak dapat memperoleh pendapatan yang lebih tinggi lagi.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

cara beternak bebek petelur, jenis bibit bebek potong, modal ternak bebek petelur, beli bibit bebek peking, perawatan bibit bebek petelur unggul, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, ternak bebek petelur
pakan bebek petelur yang murah, jual bebek petelur, ransum bebek petelur, kandang bebek petelur modern, takaran pakan itik petelur, jual bibit bebek petelur, harga pakan itik petelur, jual itik petelur, komposisi pakan itik petelur

Leave a Reply