Saat Yang Tepat Untuk Berbisnis Unggas (Ayam kampung Super dan Bebek)

Time to Action

Jika kita ditanya oleh seseorang, kapankah saat yang tepat untuk memulai berbisnis unggas? Untuk menjawabnya bukan perkara mudah karena perlu didukung oleh berbagai argumen dan data yang akurat. Namun jika kita mengandalkan argumen dan data akurat saja tanpa tindakan (action) maka akan sia-sia saja. Untuk itu, saat yang tepat untuk terjun ke dunia bisnis adalah saat ada niat yang kuat untuk terjun sebagai pebisnis unggas. Dengan adanya tekad yang kuat maka akan ada jalan keluar.

Bagi orang awam yang sama sekali belum mengenal dunia unggas, memang beternak unggas merupakan salah satu misteri yang perlu dipecahkan. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam pemeliharaan unggas diantaranya masalah pakan dan minum, luas kandang yang digunakan, kapan masa panen, modal yang diperlukan, bagaimana cara mencegah unggas terkena penyakit, penanggulangan terhadap penyakit, tindakan saat beberapa ayam terkena penyakit dan obat apa saja yang digunakan.

Persiapan Beternak

Memang tidak semua masyarakat memahami betapa peluang pemeliharaan unggas masih cukup menjanjikan. Saat kita mencoba melihat sekeliling kita, terlihat banyak rumah makan, restoran, lesehan, yang menyediakan berbagai jenis produk unggas mulai dari kuliner berbahan daging ayam, bebek, entok, telur ayam dan telur bebek yang dijadikan berbagai menu yang lezat. Menjamurnya berbagai rumah makan tidak menjadikan persaingan yang tidak sehat karena masing-masing mempunyai menu andalan. Masyarakat menggemari makanan berbahan unggas karena rasanya yang lezat, terjangkau dan mudah didapatkan dimana-mana.

Setelah melihat peluang yang ada maka kita akan memutuskan apakah peluang itu kita tangani secara langsung atau perlu kerjasama dengan pihak lain? Jika memang sebelumnya sudah ada pengalaman dalam beternak unggas maka tidak ada salahnya jika kita tangani sendiri, apalagi jika unggas yang dipelihara dibawah 500 ekor. Namun jika sama sekali tidak mempunyai pengalaman maka dianjurkan untuk mengambil tenaga kerja yang sudah terampil dan berpengalaman dalam pemeliharaan unggas.

Jika kesulitan dalam mencari tenaga terampil maka bisa dengan belajar pada peternak yang lebih dahulu terjun dibidang pemeliharaan unggas. Disamping itu memperluas wawasan dengan membaca buku panduan beternak unggas agar mendapat gambaran tentang pemeliharaan unggas.

Setelah cukup, maka dimulailah dengan mendirikan kandang postal agar bisa disekat menjadi beberapa blok sesuai umur unggas. Sarana dan prasarana juga perlu dipersiapkan. Selain itu mencari  informasi tentang cara memasarkan bila telah panen. Jangan sampai saat panen anda baru mencari informasi tentang memasarkan unggas.

Kandang Ayam Kampung
Kandang Postal

Pada tahap awal bisa memelihara unggas dengan jumlah 100 atau 200 ekor. Dengan jumlah yang sedikit peternak akan lebih ringan dalam mengurus unggas tersebut. Pada tahapan pertama tersebut, peternak pemula lebih fokus pada pemberian pakan yang baik, minuman, menjaga kebersihan kandang, mengontrol kesehatan dan kondisi unggasnya serta belajar menangani unggas yang sakit. Perlu diingat bahwa gangguan kesehatan unggas banyak disebabkan oleh bakteri dan virus. Cara pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan menyemprot dengan desinfectan. Diusahakan agar kandang terkena sinar matahari secara langsung. Upaya lain dengan cara pemberian vaksin pada unggas.

Untuk memasarkan ada beberapa cara diantaranya menjual secara langsung ke konsumen, menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk memasarkan, menjual ke pengepul (yang akan menjual pihak ketiga), memasarkan melalui jejaring social seperti facebook, instagram dan OLX.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias diantaranya DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Budidaya DOD mojosari petelur, harga DOC ayam kampung super, panen ayam kampung super, ternak bebek secara intensif, harga DOD bebek pedaging, harga jual bibit bebek peking KW, beternak bebek hibrida, bebek lokal jantan, analisa usaha ternak bebek petelur kapasitas 500 ekor, kelebihan ayam kampung super

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

%d bloggers like this: