Terbaru Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB Tahun 2021

Berbicara mengenai bisnis ayam kampung memang tidak akan ada habisnya. Dengan banyaknya jenis atau varietas ayam kampung yang ada di Indonesia akan membuat masyarakat, terutama para peternak bisa memilih jenis ayam apa yang bagus untuk dikembangbiakan di daerah tempat tinggalnya.

Berbagai macam jenis ayam banyak diperjualbelikan di pasar tradisional | image 1
Berbagai macam jenis ayam banyak diperjualbelikan di pasar tradisional | image 1

Dengan adanya varietas ayam yang berbeda – beda inilah akan mempengaruhi produktivitas di setiap jenis ayam, baik untuk ayam penghasil daging atau penghasil telur. Tentu jenis ayam kampung penghasil daging dan telur ini juga memiliki pasaran yang berbeda – beda. 

Untuk jenis ayam kampung yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat yakni jenis ayam kampung. Ayam kampung dipilih oleh masyarakat karena produktivitas telur yang cukup tinggi. Tetapi jenis ayam kampung yang dipilih oleh masyarakat ini memiliki pertumbuhan yang lambat dan produktivitas telur nya juga rendah. 

Ayam KUB banyak dipilih oleh Masyarakat

Setelah mengetahui beberapa kelemahan ayam kampung dalam pertumbuhan ini, kini hadir jenis ayam kampung unggul atau disebut sebagai Ayam KUB. Ayam KUB adalah ayam hasil dari penelitian Balai Penelitian Ternak, Badan Litbang Pertanian.

Ayam KUB ini hadir sebagai solusi baru bagi peternak dalam permasalahan ayam kampung. Untuk ayam KUB ini memiliki dua fungsi, yakni dapat dijadikan sebagai penghasil daging dan penghasil telur. 

Keunggulan ayam KUB yakni, dalam kurun waktu 70 hari ayam KUB jantan ini dapat dipanen dengan bobot 1 kg per ekor. Sedangkan untuk ayam kub betina dapat dijadikan sebagai ayam petelur dengan produktivitas telurnya mencapai 160 – 180 butir per ekor dalam setahun, dan jauh lebih banyak 3 kali lipatnya dari ayam kampung biasa. 

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)

Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.| image 2
Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.| image 2

Selain jumlah pakan yang digunakan untuk ayam KUB ini lebih hemat dan hanya membutuhkan 85 gram/ ekor/ hari. Nah cukup banyak bukan manfaat dari si ayam kampung unggul KUB ini, mulai dari ayam pejantanya yang dapat dibuat sebagai ayam pedaging, dan si ayam betina yang dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak. 

Memang muncul perbedaan pendapat tentang ayam kub vs ayam joper. Tapi tentu saja keputusan kembali ke setiap peternak masing-masing. Perlunya mempelajari pasar di daerah peternak memang sesuatu hal yang tidak kalah penting.

Lalu apakah penjualan DOC Ayam KUB ini sudah meluas pemasaranya ? Jawabannya ialah, Benar.. Jenis ayam KUB ini keberadaannya sudah cukup terkenal di penjuru Indonesia. Walaupun terlihat masih varietas baru ternyata peminat ayam KUB ini sudah banyak sekali loh. Bahkan sering kekurangan stock untuk DOC usia baru saja menetas. 

Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 3
Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 3

Untuk harganya berapa yaa ? Nah untuk harga jual DOC Ayam KUB ini tentu memiliki harga yang berbeda – beda pula di setiap daerahnya, terutama untuk harga jual DOC KUB di Luar Pulau Jawa. Mau tau harganya ? berikut kami paparkan Daftar Harga Jual Ayam KUB untuk seluruh wilayah Indonesia 

Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB di Pulau Jawa

KOTAHarga (Rp)
Seluruh Kota di Pulau Jawa8.000

Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB di Pulau Sumatera

KOTAHarga (Rp)
BATAM11.400
PALEMBANG10.900
PEKANBARU11.400
LAMPUNG11.000
PADANG11.400
PANGKALPINANG11.500
BENGKULU11.300
JAMBI11.600
TANJUNG PANDAN11.500
MEDAN12.000
TANJUNGPINANG12.500
ACEH12.500

Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB di Kalimantan

KOTAHarga (Rp)
BANJARMASIN11.800
PALANGKARAYA11.300
SAMPIT11.400
BALIKPAPAN12.500
PANGKALAN BUN11.300
PONTIANAK11.700
TARAKAN12.600
BERAU13.500
BATULICIN12.600
KOTABARU11.800
KETAPANG11.700

Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB di Sulawesi

KOTAHarga (Rp)
LOMBOK11.300
MAKASSAR13.900
BIMA14.300
PALU14.300
GORONTALO15.000
KENDARI14.000
LUWUK14.800
KUPANG13.000
MANADO13.800
AMBON13.900
TERNATE13.900

Daftar Harga Jual DOC Ayam KUB di Papua

KOTAHarga (Rp)
MANOKWARI15.500
BIAK16.500
JAYAPURA17.300
MERAUKE18.400
SORONG15.400
TIMIKA19.300

Mari Beternak Ayam KUB

Semakin tingginya jumlah penduduk di Indonesia maka, akan semakin tinggi pula jumlah permintaan daging ayam di pasaran. Sebagian masyarakat pasti menyukai daging dan telur ayam yang kebanyakaan dijadikan sebagai bahan pokok makanan dalam sehari – hari.

Tidak diragukan lagi bukan, bahwa daging ayam dan telur memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia. Untuk saat ini budidaya ayam KUB lebih banyak diternakan sebagai ayam penghasil telur yang bagus.

Produktivitas telur ayam KUB yang tinggi, berkisar 160 – 180 butir/ ekor dalam setahun. Oleh karena itu banyak peternak yang lebih memilih ternak ayam KUB dibanding dengan ternak ayam kampung asli. Harga telur ayam KUB dipasaran pun relatif cukup tinggi, terutama pada harga telur ayam KUB fertil. 

Ayam KUB atau Ayam Kampung Unggulan ini mampu menghasilkan telur dengan jumlah 2x lipat dari jenis ayam kampung biasa | image 4
Ayam KUB atau Ayam Kampung Unggulan ini mampu menghasilkan telur dengan jumlah 2x lipat dari jenis ayam kampung biasa | image 4

Hal ini dikarenakan ayam kampung asli memiliki jumlah produktivitas telur yang sedikit, hanya berkisar sekitar 80 butir/ ekor dalam setahun. Selain itu umur bertelur ayam kampung asli cenderung lebih lama dan juga pendek. Ayam kampung asli harus mengerami telurnya terlebih dahulu, kemudian mengasuh anak dan baru akan bertelur kembali.

Baca juga : Pilih yang mana nih ? Ayam JOPER atau Ayam KUB

Berbeda dengan ayam KUB, ayam ini mampu bertelur tanpa harus mengerami telurnya terlebih dahulu. Sehingga peternak dengan mudah dapat memanen telur ayam KUB setiap saat. Nah bagaimana Anda tentu tertarik bukan untuk mengembangbiakan ayam kub, sebelum beternak ada perlu mengetahui alasan kenapa harus ternak ayam KUB

Ayam Kampung Unggalan atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 4
Ayam Kampung Unggalan atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 4

Bagaimana setelah mengetahui penjelasan kami berikut, Anda pasti akan semakin tertarik bukan untuk budidaya ayam kub, sebagai bisnis ternak ayam. Sebelum melangkah semakin jauh seperti mempersiapkan menejemen pemeliharaan ayam kub yang baik, mempersiapkan kandang ayam kub dan tak lupa juga bahwa peternak perlu membuat analisa usaha ayam KUB telebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar peternak dapat mengetahui berapa modal dan jumlah pengeluaran saat ternak ayam KUB.

Apabila Anda tertarik untuk ternak ayam KUB, kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam KUB usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK jual doc ayam kub word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : ayam kub vs joper, harga doc ayam kub 2021, jual ayam kub bogor, ayam kub adalah, ayam kub medan, keunggulan ayam kub, budidaya ayam kub, harga telur ayam kub, ayam kub, ternak ayam kub


#nra

5/5 - (17 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 6: liputan6.com
  • Image 1: facebook.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 5: hobiternak.com
  • image 4: facebook.com
  • image 5: facebook.com
  • cover: Facebook

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA