Mengatasi Penyakit Bebek Peking : Poin Penting dan Cara Pengobatan yang Efektif (Part 5)

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang “Pakan Bebek Peking Cepat Gemuk dan Besar (Part 4)”.Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan tentang penyakit bebek peking. 

Pernahkah Anda berpikir untuk terjun ke dunia beternak bebek? Tentunya, menjalani usaha peternakan bebek memerlukan kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah penyakit yang bisa menyerang bebek.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan rinci tentang jenis-jenis penyakit yang sering menyerang bebek, tanda-tandanya, serta langkah-langkah pengobatan yang efektif.

JUAL Bibit/DOD Bebek Pedaging & Petelur

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Dalam beternak bebek akan ada masalah yang muncul salah satunya bebek sakit | image 1
Dalam beternak bebek akan ada masalah yang muncul salah satunya bebek sakit | image 1

Jenis-jenis Penyakit Bebek Peking dan Cara Pencegahan / Pengobatannya

1. Avian Influenza (Flu Burung)

Avian Influenza, atau lebih dikenal dengan sebutan flu burung, adalah penyakit yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh bebek akibat infeksi virus.

Beberapa tanda awal infeksi meliputi bengkak di sekitar mata, keluarnya cairan dari hidung, bersin-bersin, dan keluarnya air mata.

Penyakit ini sangat menular, sehingga bebek yang terinfeksi sebaiknya diisolasi dari yang sehat. Meskipun belum ada pengobatan spesifik, vaksinasi dapat membantu mencegah infeksi flu burung.

2. Salmonelosis

Salmonelosis adalah jenis penyakit bebek yang memiliki tiga variasi: Avian paratyphoid, berak kapur, dan fowl typhoid.

Gejalanya beragam, seperti nafsu makan menurun, diare, serta berkurangnya vitalitas bebek. Bebek yang terkena penyakit ini biasanya bebek akan tumbuh lebih lambat.

Pencegahan mencakup menjaga kebersihan kandang, memberikan makanan yang tepat, dan menggunakan antibiotik sesuai anjuran dokter hewan. Anda juga bisa memberikan obat seperti koleridin, tetra-chlor, sulfamix atau trimezyn.

Ada cukup banyak jenis penyakit bebek yang bisa terjadi, peternak harus sigap dan tanggap untuk mencegah dan mengobatinya | image 2
Ada cukup banyak jenis penyakit bebek yang bisa terjadi, peternak harus sigap dan tanggap untuk mencegah dan mengobatinya | image 2

3. Kolera

Penyakit kolera adalah ancaman serius bagi peternak bebek. Gejalanya mencakup sesak napas dan diare, terutama pada anak bebek yang berusia empat bulan ke atas.

Baca Juga!  Pengiriman DOD PEKING KW ke Surabaya

Pencegahan melibatkan isolasi bebek sakit, memberikan preparat sulfa dan antibiotik sesuai dosis, serta menjaga kebersihan kandang.

4. Mata Putih

Infeksi mata putih dapat mempengaruhi bebek yang memiliki asupan vitamin A yang rendah atau disebabkan oleh kelembaban berlebih pada kandang.

Gejala meliputi keluarnya cairan bening dari mata dan paruh, perubahan warna kotoran, sulit bernapas, lemas, dan bahkan kejang.

Untuk pencegahan yang efektif yaitu menjaga kebersihan kandang dan juga bisa diberi obat seperti Oxytetracycline.

5. Cacar

Penyakit cacar bisa menyerang semua usia bebek dan ditandai dengan bintik-bintik atau benjolan pada kepala dan kaki.

Pengobatan melibatkan pengelupasan bintik cacar yang berdarah lalu diberikan betadine atau obat merah.

Timbulnya penyakit pada bebek bisa karena beberapa faktor | image 3
Timbulnya penyakit pada bebek bisa karena beberapa faktor | image 3

6. Broder Pnomonia

Penyakit ini menyerang anak bebek yang masih memiliki bulu halus dan diakibatkan oleh kondisi kandang yang terlampau padat dan kurangnya panas.

Gejalanya mencakup pembengkakan kepala, kesulitan bernapas, dan mata berair. Pencegahan melibatkan pengendalian suhu dan ventilasi di kandang.

7. Berak Darah

Penyakit ini bisa menyerang semua usia bebek dan menimbulkan gejala seperti hilangnya nafsu makan dan kelemahan.

Pencegahan melibatkan menjaga kebersihan kandang dan memberikan antibiotik pada pakan atau minuman bebek.

8. Antibiotika Dermatitis

Pemberian antibiotik berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan gatal pada bebek. Solusinya adalah mengurangi antibiotik dan memberikan obat pencahar ringan.

9. Mikosis

Penyakit mikosis ini disebabkan karena bebek tidak sengaja memakan pakan yang sudah basi atau jamur di lantai sekitar kandang. Dengan mengkonsumsi pakan yang sudah basi mengakibatkan bebek keracunan.

Bebek yang keracunan akan terlihat lesu, berat badan menurun dan nafsu makan menurun drastis.

Pencegahan bisa dengan cara membersihkan kandang secara teratur, dan menjaga kelembaban lantai kandang. Untuk pengobatan bisa diberikan antibiotik di tempat pakan atau minum bebek.

Dengan mengetahui nama penyakit dan cara pencegahan serta pengobatannya, maka bebek yang Anda pelihara akan tetap sehat dan dapat dipanen dengan memuaskan | image 4
Dengan mengetahui nama penyakit dan cara pencegahan serta pengobatannya, maka bebek yang Anda pelihara akan tetap sehat dan dapat dipanen dengan memuaskan | image 4

Artikel selanjutnya : 
8 Prospek Menguntungkan Beternak Bebek Peking : Peluang Bisnis yang Menjanjikan (Part 6)

Baca Juga!  Kisah Miliarder Dunia yang Berawal dari Beternak Bebek

Dalam beternak bebek, pemahaman yang mendalam tentang penyakit dan langkah-langkah pencegahan sangatlah penting.

Dengan memperhatikan asupan gizi, menjaga kebersihan kandang, serta memberikan perawatan yang baik, Anda dapat menjalani peternakan bebek dengan sukses.

Semoga bermanfaat…

Dan jika Anda sedang mencari bibit bebek peking, kami dari hobiternak.com menyediakan ya. Bibit yang disediakan berkualitas dan pengiriman BERGARANSI.

Untuk pemesanan dan konsultasi silahkan bisa hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0812-2028-8686

CS 2
0895-6124-93491

CS 3
0898-9274-749

Promo DOC KUB
5/5 - (13 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA