Harga Jual DOD atau Bibit Peking dan Hibrida di 2018

Salah satu usaha yang saat ini digemari masyarakat yaitu bisnis budidaya bebek. Budidaya bebek ternyata memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan. Apalagi saat ini peternak bisa menggunakan semua yang dihasilkan bebek dan bahkan untuk kotorannya juga bisa dijadikan rupiah. Untuk jenis bebek sendiri ada bermacam – macam salah satunya adalah bebek hibrida. Bebek hibrida adalah salah satu bebek yang menjadi primadona kuliner orang Indonesia. Pasalnya jenis bebek ini memiliki rasa yang lezat, gurih dan untuk tekstur daging bebek ini padat. Bebek hibrida merupakan jenis bebek hasil persilangan antara Itik Mojosari dengan Itik Peking Jantan.

Bebek hibrida mengalami pertumbuhan yang cepat. Bebek hibrida dapat dibedakan menjadi bebek pedaging dan bebek petelur. Bebek hibrida  dipelihara di tempat yang kering, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko kematian bebek hibrida usia di bawah 2 minggu. Selain itu, dengan tempat kering bisa membuat bebek bertelur optimal. Kelebihan lain dari tempat yang kering adalah dapat meminimalisasi bau kotoran bebek. Selain itu juga dapat menghemat lahan, sedangkan tempat basah harus disediakan tempat untuk mandi dan berenang bebek. Bebek hibrida berumur 40 hari, berat badannya bisa mencapai 2-3 kg. Jika dibandingkan bebek peking, harga bebek hibrida lebih terjangkau.

Jual Bebek Pedaging

Dalam usaha peternakan bebek tidak hanya terbatas dengan telurnya saja. Tetapi, juga bermodalkan dengan alat – alat penetasnya baik yang alami maupun buatan. Dengan alat tersebut kita bisa menjadi produsen bibit bebek (DOD). Untuk harga jual bibit bebek tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan telurnya. Harga jual dod bebek hibrida untuk wilayah jawa saat ini bisa mencapai Rp. 6.800 per ekornya. Tetapi, harga  dod bebek pedaging tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah. Harga bibit bebek potong untuk wilayah di Indonesia berbeda-beda, karena berdasarkan biaya ongkos kirimnya. Misalkan saja harga bibit bebek untuk pengiriman ke papua lebih mahal, hal ini didasarkan pada jangkauan lokasinya yang juga begitu jauh.

Akibat permintaan yang kian hari semakin meningkat membuat para peternak harus pintar dalam cara budidaya bebek hibrida pedaging antara lain:

  1. Menentukan lokasi budidaya bebek

Dalam pemeliharaan bebek dibutuhkan tempat yang tidak bising, jauh dari kegaduhan serta dibutuhkan udara yang sejuk. Untuk menunjang kebutuhan bebek setiap harinya dibutuhkan tempat yang dekat dengan sumber air dan sumber pakan. Tempat ternak sebaiknya tidak terkena langsung sinar matahari dan angin langsung. Dalam beternak bebek sebaiknya memilih lokasi yang jauh dari daerah rawan penggusuran.

  1. Perkandangan dan Sanitasi

Agar bebek merasa nyaman di dalam kandang, maka dibutuhkan pembuatan kandang yang kokoh, bersih, dan nyaman. Karena kandang memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan bebek, tempat untuk tumbuh serta sebagai tempat bereproduksi.

Konstruksi kandang yang kuat membuat kandang akan kokoh. Bahan kayu bisa dijadikan dinding kandang. Sedangkan genteng atau asbes bisa dijadikan atapnya.

Sanitasi sendiri memiliki peranan untuk mencegah penyakit dalam budidaya bebek. Yang dimaksud sanitasi di sini adalah kandang bersih, peralatan kandang bersih, kualitas pakan serta pengolahannya baik.

Dalam sanitasi kandang, sebaiknya kondisi kandang bebek tidak lembab. Karena apabila sampai lembab akan menyebabkan bau yang berasal dari kotoran dan sisa pakan. Cara yang dilakukan agar kandang tidak lembab :

  • Diberikan alas jerami, jerami disini memiliki peran sebagai penyerap air agar kandang sedikit tidak lembab.
  • Membuat kandang yang dirancang berbagai macam hal ini bertujuan agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang.
  • Sebaiknya makanan jangan diletakkan di kandang yang beratap permanen.
  • Ruangan dibuat tidak sempit agar bebek bisa bergerak bebas. Karena apabila tempatnya sempit membuat bebek sulit bergerak dan bisa menyebabkan bebek bisa stres.

Untuk harga bebek hibrida 2018 wilayah jawa saat ini :

1 Bok = 6,800/ekor ( Rp. 544.000)
2 Bok = 6,800/ekor ( Rp. 1.088.000)
3 Bok = 6,700/ekor ( Rp. 1.608.000)
4 Bok = 6,600/ekor ( Rp. 2.112.000)
5 Bok = 6,500/ekor ( Rp. 2.600.000)
10 Bok = 6.200/ekor ( Rp. 4.960.000)

Selain bebek hibrida ada juga jenis bebek peking. Bebek peking adalah salah satu jenis bebek impor. Untuk bebek peking memiliki postur tubuh yang besar dan berwarna putih, serta memiliki dada yang membusung dan besar. Berwarna kuning dan orange pada paruh dan kakinya. Memiliki bentuk telur bulat dan berwarna putih kotor. Pada sayap dan ekornya pendek. Sedangkan untuk harga jual bibit bebek peking :

1 Bok = 7,800/ekor ( Rp. 624.000)
2 Bok = 7,800/ ekor ( Rp. 1.248.000)
3 Bok = 7,700/ ekor ( Rp. 1.848.000)
4 Bok = 7,600/ ekor ( Rp. 2.432.000)
5 Bok = 7,500/ ekor ( Rp. 3.000.000)
10 Bok = 7,300/ ekor ( Rp. 5.840.000)

Selain memiliki kandang yang baik, bebek juga membutuhkan beberapa makanan untuk proses perkembangannya antara lain : ampas tahu, ampas tempe, onggok, tepung bekicot dan keong mas.

Dalam memelihara bebek juga diperlukan beberapa nutrisi. Untuk kebutuhan nutrisi bebek tersebut pada dasarnya tergantung bebek itu sendiri dan lingkungannya, antara lain:

  • Usia bebek. Untuk usia DOD  membutuhkan banyak nutrisi untuk penunjang  pertumbuhan semua organ tubuhnya. Pada usia remaja pertumbuhannya berkurang dan kebutuhan akan nutrisinya disesuaikan. Saat memasuki masa bertelur kebutuhan nutrisinya kembali banyak hal ini disebabkan bebek bertelur dan agar kebutuhan energi untuk dirinya sendiri dapat terpenuhi.
  • Konsumsi makanan bebek. Kebutuhan jumlah makanan yang dimakan bebek anakan dan remaja sangat beda.
  • Aktivitas bebek. Semakin bebek banyak beraktivitas maka jumlah energi yang dibutuhkan juga semakin banyak. Maka kebutuhan energi antara bebek anakan dan dewasa berbeda. Ini juga yang menyebabkan pemeliharaan cara nomaden bertelur sedikit jika dibandingkan  pemeliharaan  dengan cara di kurung.

Jual Bebek Pedaging

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek hibrida, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek hibrida yang siap kami kirimakn ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

kata terkait :
jual dod bebek hibrida, harga bebek hibrida, harga dod bebek pedaging, harga bibit bebek potong, tempat membeli bibit bebek pedaging, jual bibit bebek peking, cara budidaya bebek hibrida pedaging, harga bebek hibrida 2018

*Krisna Verawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Peking dan Hibrida
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: