Jual Entok Rambon dari Bibit Hingga Usia Dewasa Siap Produksi

Mentok atau yang biasa disebut entok, merupakan jenis unggas atau burung yang masuk dalam keluarga bebek yang mana tujuan pemeliharaannya untuk tujuan produksi guna menghasilkan daging maupun telur.

Keberadaan entok kini semakin dikenal oleh masyarakat luas meskipun masa panen harus melewati masa pemeliharaan selama 4-5 bulan.

Dibalik proses pemeliharaan yang cukup lama siapa sangka saat panen tiba, hasilnya cukup memuaskan, pasalnya harga entok di pasaran pun cukup tinggi. 

Dalam budidaya unggas, entok dikenal memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga lebih kuat dalam menghadapi segala musim.

Oleh karena itu, entok kini semakin banyak dicari baik dari usia bibit hingga dewasa siap produksi. Kondisi ini memicu tingginya permintaan seperti di tempat kami yang kian naik.

Hasil panen entok dari dagingnya sendiri sekarang sudah banyak dilirik sebagai alternatif daging unggas lain yang tak kalah enaknya.

Cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan entok untuk diambil dagingnya sebagai santapan saat hari- hari besar seperti hari raya idul fitri.

Meskipun entok dikenal dengan masa panen yang harus menunggu sekitar 4-5 bulan untuk siap potong, tidak menyurutkan keinginan para peternak unggas untuk beternak entok, begitu pula para penghobinya. 

Mentok memiliki daya tahan yang bagus sehingga cocok untuk dipelihara | image 1
Mentok memiliki daya tahan yang bagus sehingga cocok untuk dipelihara | image 1

Semakin berkembangnya waktu, kini masyarakat mulai mengenal berbagai jenis entok dengan segala keunggulan yang ada. Seperti jenis entok yang bisa anda dapatkan di hobiternak.com ini yaitu entok rambon.

Apa itu entok rambon?

Entok rambon merupakan salah satu jenis entok yang memiliki warna bulu yang beragam mulai dari abu- abu, silver hingga perpaduan warna hitam coklat dan putih.

Entok yang satu ini bisa disebut dengan rambon, konon katanya merupakan perpaduan dari dua kota yang berada di Jawa Barat yaitu Indramayu dan Cirebon yang mana, kemudian disingkat menjadi “Rambon” 

Entok rambon dengan segala keragaman warnanya memang biasa dibudidayakannya sebagai entok hias.

Namun siapa sangka dibalik tujuan umumnya sebagai entok hias, entok rambon ini memiliki keunggulan masa panen yang singkat yaitu pada usia sekitar 2,5- 3 bulan dengan bobot betina kurang lebih 1,2- 1,4 kg dan untuk jantan 1,8- 2,2 kg.

Bagi entok rambon usia dewasa mampu menghasilkan 10-18 butir telur per sekali masa produksi.

Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan bibit entok ini. Kami jual entok rambon dari usia bibit dan apabila anda ingin langsung ternak entok di usia dewasa dengan tujuan agar segera produksi dan ingin dikembangkan, maka bisa juga anda dapatkan di tempat kami. 

Entok rambon silver | image 2
Entok rambon silver | image 2

Ada berbagai jenis entok rambon yang kami sediakan mulai dari entok rambon klawu atau abu-abu, entok rambon silver, entok rambon brown, entok rambon batik, entok rambon jali hingga entok rambon bondol kaji.

Jenis- jenis entok tersebut dapat dibedakan dari segi warnanya yang memang bervariasi, namun dari segi produktivitas hingga masa panen pun tetap sama.

Meskipun demikian, manajemen pemeliharaan saat proses ternak berlangsung akan sangat mempengaruhinya.

Tidak perlu khawatir dan menurunkan semangat ternak ya, entok dikenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan budidayanya yang relatif mudah.

Berikut ini jenis- jenis entok rambon berdasarkan foto- fotonya bisa anda bedakan ya :). 

Entok Rambon Brown | image 3
Entok Rambon Brown | image 3
Entok Rambon Silver | image 4
Entok Rambon Silver | image 4
Entok Rambon Jali | image 5
Entok Rambon Jali | image 5
Entok Rambon Klawu | image 6
Entok Rambon Klawu | image 6
Entok Rambon Klawu Bondol Kaji | image 7
Entok Rambon Klawu Bondol Kaji | image 7

Baca juga : 

Jenis entok rambon jali yang kami sediakan merupakan jenis asli namun, ada beberapa informasi yang menyampaikan bahwa untuk entok ini bisa didapatkan dari hasil persilangan antara entok rambon klawu atau abu- abu jantan dengan entok dragon betina berwarna hitam.

Mengenai ini, memang tidak bisa dipastikan karena, terkadang peternak memang bereksperimen untuk mendapatkan anakan sesuai apa yang diharapkan. 

Kenapa entok rambon mahal?

Entok rambon mahal dikarenakan memiliki ciri khas yang berbeda dari jenis entok lain. Warna bulunya bervariasi sehingga menyebabkan harga entok rambon menjadi tinggi dan banyak peminatnya.

Apa perbedaan entok rambon dan entok biasa?

Perbedaan entok rambon dengan entok biasa terdapat pada warna bulunya. Bulu entok rambon lebih bervariasi sedangkan entok biasa (lokal) berwarna putih.

Berapa banyak telur entok?

Sekali bertelur, entok dapat menghasilkan 10-18 butir.

Berikut untuk anda yang ingin cek harga entok rambon mulai dari usia bibit dan usia dewasa yaitu

  • DOE atau bibit entok usia 4-6 hari
    Entok Lokal = 15.000/ ekor
    Entok Rambon= 35.000/ ekor
  • Daftar Harga Entok Dewasa :
    Rambon Klawu Biasa Jantan Rp. 450.000/ekor
    Rambon Klawu Biasa Betina Rp. 300.000/ekor
    Rambon Silver Jantan Rp. 475.000/ekor
    Rambon Silver Betina Rp. 375.000/ekor
    Rambon Batik Jantan Rp. 750.000/ekor
    Rambon Batik Betina Rp. 525.000/ekor

    *Harga belum termasuk ongkos kirim
    *Usia entok dewasa

Untuk pengiriman entok, kami bisa mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.

Wilayah Jawa bisa kami kirimkan via kereta pengambilan di kargo stasiun namun bila anda ingin paket bisa sampai alamat tujuan maka dapat kami kirimkan via travel.

Sementara untuk luar jawa nantinya bisa kami kirimkan via pesawat pengambilan di kargo bandara. Dapatkan sekarang juga entok usia bibit hingga siap produksi di hobiternak.com. 

Itulah sedikit informasi terkait dengan jual entok rambon. semoga bermanfaat 😊..

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata Terkait :
entok rambon bondol kaji, entok dragon, ternak entok, bebek, mentok adalah, cek harga entok rambon, harga entok rambon silver, harga entok rambon jantan, jual entok rambon

5/5 - (14 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: pixabay.com
  • image 2: Owned by the author
  • image 3: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author
  • image 5: Owned by the author
  • image 6: Owned by the author
  • image 7: tokopedia.com
  • cover: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA