Jawa Tengah atau biasa di singkat dengan Jateng merupakan sebuah provinsi yang berada di Pulau Jawa. Ibu kota Jawa Tengah yaitu Semarang. Jawa Tengah di kenal sebagai “jantung” budaya Jawa.

Di Jawa Tengah sektor utama perekonomiannya bermata pencaharian sebagai seorang petani. Banyaknya lahan sawah yang subur membuat masyarakat di wilayah Jawa Tengah banyak yang berprofesi sebagai petani.

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal atau mancanegara
Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal atau mancanegara

Selain berprofesi sebagai petani, ternyata tak sedikit masyarakat Jawa Tengah yang membuka usaha sendiri dengan beternak. Tak hanya beternak sapi atau kambing, beternak ayam pun juga mereka geluti sebagai penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan pokok mereka.

Perekonomian masyarakat di Jawa Tengah kebanyakan berprofesi sebagai petani
Perekonomian masyarakat di Jawa Tengah kebanyakan berprofesi sebagai petani

Saat ini, memang banyak peternak ayam pemula yang tertarik untuk mencoba peluang yang dapat memberikan keuntungan bagi mereka atau hanya sebagai kegiatan saat waktu luang, contohnya PNS yang sudah pensiun. Banyak PNS yang sudah pensiun ingin mencoba ternak ayam agar tidak merasa bosan saat di rumah.

Ayam apa yang cocok untuk di ternakan?

Jenis ayam pedaging yang saat ini sedang terkenal dan banyak diternakan oleh peternak-peternak yaitu jenis ayam Joper. Ayam Joper adalah jenis ayam pedaging hasil dari persilangan ayam bangkok pejantan dengan petelur betina. Sebulan lain dari ayam ini yaitu ayam koper, kamper, jawa super atau ayam kampung super.
Ayam ini terkenal karena masa panenya yang cepat. Berbeda dengan ayam kampung biasa, dalam kurun waktu 60 hari ayam Joper sudah dapat di panen dengan bobot sekitar 0,8 ons – 1 kg.

JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina.
JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina.
Kelebihan-kelebihan ayam kampung super (Joper)
  • Ayam kampung super memiliki masa panen yang cepat yaitu 60 hari. Bahkan ada sebagian peternak yang memanennya dalam kurung waktu sekitar 50-55 hari saja.
  • Daging ayam Joper memiliki cita rasa yang enak dan teksturnya lebih padat di bandingkan dengan ayam kampung biasanya, meski masa panenya lebih cepat.
  • Memiliki daya tahan tubuh yang relatif tinggi terhadap penyakit.
  • Karena masih memiliki darah keturunan ayam lokal maka ayam
  • Joper ini mudah beradaptasi.
  • Pemeliharaan ayam Joper relatif mudah.

Memiliki kelebihan yang cukup banyak, maka tak heran jika banyak peternak yang tertarik untuk beternak ayam kampung super atau Joper ini.

Untuk beternak ayam Joper di Jawa Tengah, Anda tidak perlu risau untuk mendapatkan doc joper. Karena saat ini banyak penyedia doc joper usia baru saja menetas dan kualitasnya pun tidak di ragukan lagi contohnya yaitu di hobiternak.com

DOC Joper usia baru saja menetas
DOC Joper usia baru saja menetas

Kenapa kita harus menggunakan doc joper yang berkualitas untuk beternak?

Agar dalam kita beternak dari anakan sampai panen besok dapat memiliki bobot yang sesuai dan ayamnya tidak ada yang mati atau ada gangguan kesehatan maka kita harus menggunakan doc atau bibit joper yang berkualitas.

DOC Joper yang berkualitas memiliki ciri-ciri postur tubuh tegap, badan seragam satu sama lain, berat badan minimal 38 gram, matanya bulat dan cerah, doc bergerak secara aktif, tidak ada cacat di bagian tubuhnya, kaki mengkilat dan tidak kering, penetasan selama 21 hari tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.

Berapa harga DOC Joper Jawa Tengah?
Harga Jual DOC atau Bibit Joper di Jawa Tengah
Harga Jual DOC atau Bibit Joper di Jawa Tengah

Harga DOC Joper di Jawa Tengah cukup terjangkau. Beriktu adalah daftar harga doc joper Jawa Tengah di hobiternak.com

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.900 / ekor Rp 6.900 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Permintaan daging semakin meningkat, tidak hanya daging kambing atau sapi tetapi daging ayam juga. Daging ayam memiliki komoditi yang sangat di butuhkan masyarakat, banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi daging ayam.

Daging ayam dapat di masak dengan berbagai cara pemasakan seperti di goreng, di panggang, di rebus, di bakar, di tumis dan lain sebagainya. Cita rasa yang ada pada daging ayam membuat para pencinta kuliner bertahan atau menetap. 

harga doc joper ciamis
Penanganan DOC baru tiba di kandang

Informasi

Untuk penanganan doc joper baru tiba dari kandang yaitu bisa di berikan air larutan gula merah. Tujuannya agar tenaga doc pulih kembali karena sebelumnya sudah menempuh perjalanan yang jauh.

Komposisi 1 sendok makan gula merah di campur dengan 200 ml air hangat. Pastikan doc meminum larutan tersebut. Larutan tersebut di letakkan di dalam tempat minuman DOC. Suhu larutan gula sekitar 20-24 derajat celcius. Usahakan dalam waktu 1 jam air laruatan gula jawa bisa habis.

Setelah beristirahat sebentar lalu bisa diberikan pakan konsentrat. Wadah tempat pakan bisa berukuran agak lebar agar DOC mudah untuk memakannya. Untuk pakan doc bisa menggunakan konsentrat yang terdiri dari butiran lembut. Dalam pemberian pakannya tidak batasi namun secukupnya bisa setiap 2-3 jam sekali diberi pakan. Jangan berikan pakan terlalu sering agar tidak terbuang sia-sia . 

Jika Anda tertarik juga untuk beternak ayam Joper, kami menyediakan bibit doc joper usia baru saja menetas. Untuk pemesanan bisa langsung hubungi layanan pelanggan kami di nomor : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
doc joper jawa tengah, doc ayam joper jawa tengah, doc ayam joper di jawa tengah, jual doc joper jawa tengah, jaul doc joper di jawa tengah, doc joper, doc ayam kampung super, doc ayam jawa super, doc koper, doc ayam kamper




0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: