Harga Jual Ayam Kalkun di Daerah Semarang, Jakarta, Surabaya, Bekasi, Medan dan Bandung Cenderung Stabil Memunculkan Peluang Bisnis Ternak Ayam Kalkun

Cara Bertenak Ayam Kalkun Agar Mendapatkan Anakan yang Berkualitas

Cara Bertenak Ayam Kalkun Agar Mendapatkan Anakan yang Berkualitas

Ayam kalkun merupakan salah satu unggas yang mempunyai postur tubuh yang besar. Ayam ini bukan berasal dari Indonesia tapi merupakan unggas yang berasal dari Eropa. Di Indonesia sendiri terdapat 7 jenis ayam kalkun yang banyak dibudidayakan seperti Kalkun Bronze, Kalkun Black Spanish, Kalkun Golden Palm, Kalkun Royal Palm, Kalkun Bourbon Red, Kalkun Putih dan Kalkun Self Buff. Dari 7 jenis ayam kalkun di atas tentu setiap jenisnya berbeda beda.

Harga Jual Ayam Kalkun di Daerah Semarang, Jakarta, Surabaya, Bekasi, Medan dan Bandung Cenderung Stabil Memunculkan Peluang Bisnis Ternak Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

Memang dalam memelihara ayam kalkun sama dengan memelihara ayam pada umumnya. Dari pakan, kandang dan pola pemelihraan sama dengan jenis unggas yang lainnya. Yang membedakan ayam kalkun dengan ayam yang lain adalah kegemaran ayam kalkun terhadap sayuran yang masih segar, seperti kangkung, sawi dan enceng gondok.

Jika Anda ingin memulai beternak ayam kalkun sebaiknya pertama-tama Anda menyiapkan kandang terlebih dahulu. Namun untuk perawatan ayam kalkun sebaiknya disesuaikan dengan umur ayam.

Bagaimana perawatan ayam kalkun yang baik ?

1. Perawatan Semula

Ayam kalkun yang masih anakan biasanya dipelihara di dalam box pemanas. Anakan ayam kalkun memerlukan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika di dalam kandang dingin, Anda bisa memberikan lampu sebesar 25 watt. Namun jika di dalam kandang panas, Anda bisa memberikan lampu cukup 5 watt saja pada malam hari dan untuk siang hari Anda bisa menaruh kandang yang mendapatkan sinar matahari. Untuk usia 0-20 hari bisa diberikan pakan berupa BR1, dan jangan diberikan pakan tambahan lainnya. Untuk kandang boks bisa Anda buat dengan ukuran tinggi 80 cm dan lebar 40 cm. Dalam satu box dapat memuat 20-25 ekor anak ayam kalkun.

2. Perawatan Menengah

Setelah ayam kalkun berumur 6 minggu, Anda bisa memindahkannya ke kandang yang lebih luas. Pada umur ini, Anda bisa memberikan sayuran yang diiris halus dan dicampurkan ke dalam pakannya. Untuk kandang ayam kalkun sebaiknya berupa tembok atau pagar dari bambu atau menggunakan jaring paranet agar ayam kalkun dapat bergerak bebas di luar kandang dan yang terpenting tetap menggunakan naungan untuk melindungi ayam kalkun dari terik matahari. Untuk usia ini ayam kalkun betina dan jantan bisa Anda campurkan. Pakan yang bisa diberikan berupa voer atau BR, bekatul dan irisan sayuran seperti enceng gondok, sawi, bayam dan kangkung.

Sayuran

Minum yang bisa diberikan untuk ayam kalkun sebaiknya yang matang, hal ini untuk mencegah penyakit yang menyerang ayam. Untuk komposisi pakan ayam kalkun yang masih berusia 4-8 minggu bisa diberikan voer 25%, bekatul 25% dan irisan sayuran 50%.

Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

3. Perawatan Lanjutan

Kalkun bisa dikawinkan saat usia 8 bulan ke atas, untuk itu Anda harus memisahkan antara kalkun jantan dan betina, hal ini untuk mencegah ayam kalkun berkelahi di dalam kandang. Pakan yang bisa Anda berikan berupa voer atau BR, nasi yang masih bagus, bekatul dan dedaunan yang masih segar. Untuk komposisi pakannya voer 10%, bekatul 20% dan sayuran 70%. Ukuran kandang 5 x 10 m bisa memuat sekitar 15 ekor ayam kalkun. Untuk kandang sebaiknya berupa kandang umbaran. Jika memasuki masa kawin dalam satu kandang ukurannya lebih kecil yang berisi 1 jantan untuk 4-5 betina. Semakin kecil komposisi pejantan dan betina yang akan dikawinkan maka peluang untuk dibuahi akan semakin besar. Tempat pakan dan minum bisa dibuat dengan bilah bambu. Apabila ayam kalkun sudah semakin dewasa tempat pakan dan minum bisa Anda belikan di toko ternak.

Black Spanish

Bagaimana cara ternak kalkun yang kami jelaskan di atas semoga bermanfaat bagi kita semua. Namun bagaiman cara ternak kalkun pedaging ?. Dan hal ini sudah juga kami jelaskan di atas. Anda bisa mengambil semangat seperti cara ternak kalkun pemula dan keseriusanlah yang menjadi kata kunci kesuksesan nantinya.

Dua hal yang jelas kita dapat dalam hal keuntungan ternak kalkun yakni kita bisa mengkosep ternak kalkun kita menjadi produksi daging kalkun atau memilih bertenak kalkun hias saja. Dalam hal ini cara ternak kalkun hias  pun hampir bisa di bilang sama saja.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
cara merawat anak kalkun, harga anak kalkun, pakan anak kalkun, cara beternak kalkun, cara beternak ayam kalkun yang baik, harga ayam kalkun saat ini, harga ayam kalkun satu pasang, anak ayam kalkun bronze, anak ayam kalkun jantan, anak ayam kalkun umur 1 bulan, anak kalkun

 

Leave a Reply