Jual Burung Unta Atau Ostrich Terbesar dari Negara Afrika

Jual Burung Unta Atau Ostrich Terbesar dari Negara Afrika | thumbnail
Jual Burung Unta Atau Ostrich Terbesar dari Negara Afrika | thumbnail

Burung Unta, Si Burung Terbesar dari Afrika – Selain harga burung kasuari dan harga burung merak yang tinggi, burung unta ternyata juga iya. Saat ini bisa dikatakan bahwa Harga jual Burung Unta memang  cukup tinggi. Yang menyebabkan harga jual burung unta ini tinggi karena  populasinya menurun. Selain itu, juga disebabkan karena akibat dari perburuan liar  untuk diambil daging, bulu dan telur yang dijadikan berbagai makanan ataupun asesories. Burung Unta ini juga bisa dikatakan salah satu burung yang terbesar karena tingginya bisa mencapai 2,8 meter untuk yang jantan sedangkan  betina nya sekitar 2 meter dengan berat sekitar 63 sampai 145 kg. Binatang ini pada awalnya sering ditemui di benua Afrika dan di sebagian wilayah timur tengah. Selain itu, juga memiliki kemampuan berlari yang  cukup hebat karena dapat berlari dengan kecepatan 70 km/ jam dengan sekali lompatan  bisa mencapai 5 meter. Namun, meskipun harga jual burung unta Indonesia ini tinggi tetapi peminatnya tetaplah banyak. 

Manfaat Burung Unta sebagai berikut : 

  • Bulunya digunakan untuk hiasan
  • Daging dan telur burung unta diambil untuk dikonsumsi
  • Kulit burung unta digunakan untuk bahan tekstil

Telur Burung Unta

Selain memiliki tubuh yang besar ternyata telur burung unta sendiri juga besar. Berat dari telur burung unta ini bisa mencapai 1,3 kg-1,5 kg. Ketika burung unta sedang bertelur, jumlah nya bisa mencapai 12 butir. Untuk telur burung unta sendiri biasanya tertimbun didalam pasir. Penetasan dari telur burung unta ini terjadi setelah 42 hari kemudian. Selain itu, telur burung unta ini dikenal memiliki  cangkang yang keras dengan cangkangnya yang sangat tebal, diperlukan bantuan palu atau benda tumpul dan keras untuk memecahkannya. Untuk merebusnya pun dibutuhkan waktu sekitar 2 jam atau 90 menit agar telur burung unta matang.

Seperti yang terlihat di foto, ukuran telur burung unta ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis telur lainnya | Image 1
Seperti yang terlihat di foto, ukuran telur burung unta ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis telur lainnya | Image 1

Selain untuk ditetaskan dan dibudidayakan ternyata telur burung unta memeiliki manfaat tersendiri untuk dikonsumsi. Telur burung unta dipercaya sebagai sumber makanan bergizi bagi tubuh manusia. Telur burung unta memiliki kandungan magnesium dan zat besi serta kolesterol dan lemak jenuh lebih sedikit dibanding dengan telur ayam. Kandungan gizi dan nutrisi pada telur burung unta adalah sebagai berikut kalori 2000 kkal, kolagen, protein, zat besi, magnesium, natrium, lemak, vitamin A, fosfor, kalsium, vitamin B kompleks, asam amino essensial dan omega 3. Dari keterangan diatas tentunya manfaat yang terkandung dalam burung unta sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia. Adapun manfaat dari burung unta adalah sebagai berikut :

Manfaat Telur Burung Unta untuk Kesehatan Tubuh Manusia : 

  • Menambah Tenaga
  • Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh
  • Membuat Nafsu Makan Menigkat
  • Membantu Proses Regenerasi Sel
  • Menjaga Stabilitas Tekanan Darah
  • Mencegah Pneumonia
  • Mencegah Kanker
  • Menjaga Kepadatan Tulang
  • Menghilangkan Ganguan Mental

Tak sedikit orang yang ingin mencari telur burung unta dengan harapan dapat menetaskan sendiri menggunakan mesin penetas. Padahal para penjual burung unta tidak menjual telur tersebut. Sangat jarang sekali penjual telur burung unta, jika ada pun pasti harga tleur burung unta yang ditawarkan sangat tinggi. 

Karakteristik Burung Unta

Burung Unta ini termasuk jenis hewan  yang hidup berkelompok. Dalam kelompok tersebut biasanya terdiri dari 5-50 ekor. Burung unta ini biasanya ditemukan bersama dengan binatang yang  merumput, misalkan saja zebra dan antelope.  Karakteristik lain dari burung unta ini adalah suka di air dan seringkali di jumpai mandi secara berkala.

Baca selanjutnya di : 

Bagaimana Perkandangan Untuk Burung Unta ini?

Kandang burung unta ini sebaiknya yang memiliki ukuran besar dan bisa juga dilengkapi menggunakan pagar kawat. Sedangkan untuk lantainya bisa dari tanah atau berpasir serta dilengkapi dengan tempat pakan dan minum yang terpisah. Burung Unta ini juga bisa dibilang hewan peka, karena jika dalam keadaan berbahaya, maka akan menyembunyikan kepalanya kedalam pasir atau berlari sangat cepat. Apabila burung unta ini merasa disudutkan maka akan menyerang secara bengis menggunakan kakinya yang besar.

Kandang burung unta harus dipagari supaya tidak lepas | Image 2
Kandang burung unta harus dipagari supaya tidak lepas | Image 2

Daging Burung Unta

Burung Unta ini memiliki daging yang sedap dengan kalori, lemak dan kolesterol rendah serta berprotein tinggi. Daging burung unta terdiri dari 29,0 gram protein dan memiliki kandungan lainnya seperti lemak, kalium, sodium, magnesium dan sedikit vitamin A, vitamin E dan seng.  Daging burung unta ini lebih lezat jika dibandingkan dengan kalkun, angsa, maupun itik. Banyak yang menjual masakan berbahan dasar daging burung unta. Untuk harga burung unta memang lebih tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya. Ya karena dari harga untanya saja juga sudah tinggi, jadi tidak heran jika harga daging burung unta juga mahal. 

Pakan Burung Unta

Burung Unta juga bisa dikatakan sebagai herbivora. Makanan burung unta yaitu contohnya daun-daun, benih-benih, butir-butiran, kacang-kacangan serta buah-buahan. Kadang juga memakan belalang. Dalam sehari Burung Unta ini bisa menghabiskan pakan 3,5 kg. Burung Unta juga dikenal bertahan lama tanpa air dalam periode waktu tertentu.  Sedangkan, untuk pemberian terhadap anakan burung unta sebaiknya jangan diberikan pakan yang mengandung serat tinggi karena dapat mengakibatkan kesulitan metabolisme dalam internal. Selain itu, beberapa bahan pakan yang mengandung asam oxalat karena dapat mengakibatkan tingkat absorbsi kalsium dan masalah pada kaki. Ketika anakan burung unta ini berusia 3 minggu bisa diberikan alfalfa pellet yang berkualitas sedangkan untuk setiap harinya bisa diberikan oyster shell,grit, dan air bersih.

Makanan burung unta bisa diberikan sayuran sawi atau jenis sayuran hijau lainnya | Image 3
Makanan burung unta bisa diberikan sayuran sawi atau jenis sayuran hijau lainnya | Image 3

Harga Jual Burung Unta

Akibat dari perburuan liar ini  mengakibatkan Burung Unta ini langka. Alasan mereka memburu  binatang ini dikarenakan semua tubuh dalam burung unta bisa dimanfaatkan. Misalkan saja bulunya yang mana digunakan dalam industri modern untuk membersihkan silikat komputer dan badan mobil sebelum dilakukan pengecetan serta lemaknya yang juga dikomersilkan. Sehingga menyebabkan harga jual burung unta ini mahal. Tentu berbeda lagi untuk harga burung unta dewasa karena selain postur tubuhnya  yang sudah besar maka ongkos kirimnya juga disesuaikan dengan tujuan daerah pengiriman.

Harga Burung Unta di tempat kami : 

Burung Unta 1 Bulan Rp. 32.000.000/pasang
Burung Unta 2 Bulan Rp. 36. 000.000/pasang

*harga sewaktu-waktu dapat berubah

Untuk harga telur burung unta tentu juga berbeda dengan telur hewan lainnya. Harga telur burung unta cukup tinggi dan belum banyak yang menjualnya. Peternak masih sayang jika menjual telurnya saja, padalah jika ditetaskan maka bisa berkembang biak dan harga jualnya akan lebih tinggi.

Burung unta dilindungi atau tidak?

Di Indonesia, burung unta yang diperjualbelikan adalah hasil dari penangkaran. Jadi bukan termasuk hewan yang dilindungi. Orang yang ingin memelihara burung unta tidak perlu membuat izin khusus. Namun, Anda hanya harus izin ke tetangga dekat Anda dan menguruz izin ke dinas terkait. Izin ini bukan karena burung unta dilindungi, namun izin yang berkaitan dengan lingkungan dan tindakan preventif akan adanya kemungkinan penyakit pada hewan yang dipelihara.

Bagi Anda yang ingin mencoba memelihara burung unta kami hobiternak.com jual burugn unta. Kami menyediakan burunt unta usia 1 bulanan up . Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK jual burung unta word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait :
harga burung unta dewasa, jual anak burung unta murah, jual anakan burung unta murah, jual unta indonesia, harga burung unta, harga daging burung unta, harga telur burung unta, jual burung unta, makanan burung unta, harga burung kasuari, burung unta

*Krisna Verawati
*

5/5 - (21 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • thumbnail: pixabay.com
  • Image 1: pixabay.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 2: pixabay.com
  • Image 3: Owned by the author

4 pemikiran pada “Jual Burung Unta Atau Ostrich Terbesar dari Negara Afrika”

    • Biasanya masih estimasi ya Pak. Dan tergantung dengan usia yang mau di beli, karena kalau usia anakan untuk jantan betinanya masih estimasi.

      Balas
    • Mohon maaf untuk telur unta kami belum menyediakan ya Pak. Untuk burung untanya kami menyediakan Pak silahkan bisa dipesan

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA