Habitat Burung Unta Sebagai Burung Unta Terbesar di Dunia

Habitat  Burung Unta 

Habitat Burung Unta- Burung Unta merupakan jenis burung yang memiliki badan  besar yang  cukup lngaka dijumpai di Asia Tenggara. Jenis Burung Unta umumnya  menyukai air dan burung unta ini akan dapat bertahan hidup dengan cukup lama tanpa menyentuh air. Biasanya burung ini cukup mudah ditemukan  di Afrika Tengah dan juga di Afrika Selatan khususnya, di daerah Savana atau padang rumput yang saat ini populasi unta belum begitu banyak. Sekarang ini jumlah populasi di alam liar juga cukup  terbatas . dengan keterbatasan tersebut, Burung Unta memilki kelebihan dapat bertahan hidup dengan cukup lama tanpa menyentuh air.

habitat burung unta
Burung Unta

Karakteristik Burung Unta

Burung ini dinamakan Burung Unta dikarenakan memiliki karakteristik atau keunikan di lehernya yang panjang seperti halnya hewan unta. Antara bagian kepala dan besar tubuhnya berbeda. Burung Unta merupakan spesies burung yang tidak boleh terbang di Afrika. Hal itu  terbukti dengan lehernya yang panjang, kaki dan kemampuan berjalan dengan cepat.  Burung Unta juga merupakan spesies burung terbesar yang masih hidup didunia. Hewan terbesar ini memang sudah dikenal sebagai hewan yang unik, lucu dan juga merupakan burung yang berasal dari sabana dan bagian Gurun Afrika utara dan Selatan Zona hutan khatulistiwa dan tersebar luas didaratan Afrika, Eropa dan Asia Timur.

Promo JOPER NEW

Walaupun termasuk kedalam jenis burung akan tetapi burung unta tidak dapat terbang seperti burung jenis lainnya. Ciri khas gerakan Burung Unta yaitu memiliki kecepatan berlari. Burung unta juga dapat dikatakan sebagai satu-satunya jenis burung yang hebat saat berlari. Mereka dapat berlari pada kelajuan maksimum sekitar 70 km per jam  dengan sekali melompat bisa mencapai 5 meter.  Tampilan atau karakteristik burung unta yang terlihat cukup mencolok karena pada dasarnya Burung Unta terlihat memiliki tubuh yang besar dan juga tinggi. Bahkan tinggi Burung Unta dapat melebihi tinggi manusia, selain itu juga dapat dimanfaatkan hewan tunggangan karena tubuhnya yang  besar. untuk pemeliharaan, hewan inii tidak bisa disangkar melainkan dikandangkan dengan cara diumbar.

Keunikan Burung Unta

Walaupun Burung Unta memiliki berbagai keunggulan yang ada, namun burung ini populer memiliki julukan sebagai burung yang bodoh. Mengapa dapat dikatakan sebagai hewan yang bodoh? Hal itu dikarenakan Burung Unta hanya mempunyai kapasitas otak yang cukup kecil. Akan tetapi, meskipun unta memiliki kapasitas otak yang kecil namun Burung Unta masih memiliki naluri untuk bertahan hidup. Karena kebodohan burung unta, kerap dinilai pada saat ia ketakutan burung ini akan menenggelamkan kepalanya pada dalam tanah. Keunikan Burung Unta lainnya yakni hanya memiliki 2 jari kaki sementara seluruh jenis burung lainnya mempunyai 3 atau 4 jari kaki. Burung Unta juga perlu memakan kerikil untuk membantu menggiling makanan serta dapat membantu pencernaan burung unta.

Perkembangbiakan Burung Unta

Perkembangbiakan Burung Unta dapat dilakukan secara generatif atau melalui proses perkawinan. Burung Unta jantan didalam menarik perhatian Burung Unta betina sering kali pejantan akan melakukan tarian yang unik seperti menaik turunkan lehernya serta menghentakkan kakinya pada tanah juga melebarkan sayapnya guna menarik perhatian pada ayam betina. Sesudah terjadi proses perkawinan, beberapa hari selanjutnya Burung Unta betina akan segera bertelur. Dalam berkembangbiak burung unta sendiri memang unik yang berbeda dengan jenis burung lainnya yang membuat sarang sendiri dan akan merawat telur serta anak-anaknya dengan pasangannya masing-masing.

habitat burung unta
Burung Unta

Burung Unta akan membuat sarangnya dengan bergerombol dan sarang Burung Unta dapat diciptakan dengan menggali pasir selanjutnya akan mengubur telur tersebut dengan pasir. Hal itu merupakan langkah yang dilakukan Burung Unta untuk melindungi telur-telur dari para predator pengganggu. kemudian akan bertelur dalam waktu yang sama juga tempat yang sama pula dan untuk mengerami telur tersebut dapat dilakukan secara bergantian sampai akhirnya telur tersebut menatas, untuk burung unta betina pada siang hari sedangkan untuk burung unta jantan akan mengerami telurnya pada malam hari. Telurnya menjadi telur terbesar di dunia dengan panjang 16 cm dengan memiliki berat kurang lebihnya  1,5 kg kemudian memiliki ketebalan cangkang 2 mm. Pada telur burung unta sendiri dapat memerlukan waktu sampai dengan 40 hari sampai bisa menetas.

Setelah telur burung unta menetas, anakan burung unta selanjutnya akan mengikuti induknya. Setelah 1 bulan anakan burung unta akan sudah dapat berlari cepat dan akan mengimbangi burung yang sudah dewasa. Lama kelamaan bulu-bulu pada burung unta akan dapat berubah berdasarkan jenis kelaminnya. yakni pada burung unta betina yang nantinya akan mempunyai bulu yang berwarna kecoklatan sedangkan pada burung unta jantan akan mempunyai bulu yang berwarna kehitaman. Selain itu burung unta jantan akan lebih besar dari pada Burung Unta betina.

Jenis Makanan Burung Unta

Jenis pakan yang dapat diberikan untuk Burung Unta sendiri memang cukup mudah ditemukan. Burung ini sering kali memakan akar pohon atau tumbuhan, jenis biji-bijian, serangga dan dapat dikatakan bahwa jenis burung ini merupakan jenis hewan pemakan segalanya atau sering kita sebut sebagai hewan omnivora. Sering kali jenis burung ini juga memakan ular, kadal serta hewan pengerat lainnya. Selain itu jenis Burung Unta ini juga menelan kerikil, pasir guna menggiling makanan yang ada tenggorokan mereka dan dapat membantu pencernaan.

Untuk saat ini sendiri status burung unta memang cukup terbilang langka. hal ini dikarenakan populasi burung unta yang menurun dan masih sangat jarang orang Indonesia yang membudidayakan jenis burung unta di Indonesia dan untuk saat ini jenis burung unta ini hanya memiliki sedikit peminat dikarenakan harga burung unta sendiri yang terbilang cukup mahal.

habitat burung unta
Burung Unta

Berikut merupakan daftar harga burung unta : 

Burung Unta 1 bulan : Rp.32.000.000

Burung Unta 2 bulan : Rp.36.000.000

Pada dasarnya Burung Unta bukan termasuk dalam jenis burung yang agresif. Namun, alangkah lebih baiknya  jika tetap harus berhati-hati apabila berada didekat Burung Unta karena umumnya jenis burung ini memiliki postur tubuh yang besar bahkan melebihi tubuh manusia. Apabila Burung Unta melakukan tendangan akan berakibat fatal sehingga kita tetap harus berhati-hati. Selain itu kandungan daging burung unta sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli burung unta bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan burung lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit burung unta, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
makanan burung unta, burung unta di indonesia, perkembangbiakan burung unta, sejarah burung unta, keunikan burung unta, harga burung unta, burung unta somali ostrich, status burung unta,

Ayam Kampung Super JOPER-

Viky Ristiyarti

Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: