Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Tarakan

Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Tarakan

Kota Tarakan adalah kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas sekitar 250.80 km2 dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Sipil jumlah penduduk di Kota Tarakan tahun 2016 telah mencapai 244.185 jiwa. Dan diproyeksikan pertumbuhan penduduk di Tarakan setiap tahun akan selalu meningkat. Oleh sebab itu, kebutuhan pangan juga ikut meningkat. Hal ini memberikan potensi untuk membuka peluang usaha, salah satunya yaitu beternak. Bisa kita cermati, kebutuhan daging di pasaran cukup banyak. Salah satu ternak yang menjanjikan adalah bebek peking. Bebek peking adalah bebek yang berasal dari Cina. Bebek jenis ini mempunyai tipe dwiguna dimana pejantan sebagai bebek pedaging, sedangkan betina sebagai bebek petelur.

Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Tarakan

Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Tarakan

 

Beberapa kelebihan bebek peking :

  1. Relatif tahan dengan berbagai cuaca, sehingga sangat cocok dibudidayakan di Daerah Tarakan yang mempunyai julukan daerah yang tak kenal musim.
  2. Pertumbuhan DOD atau bebek peking cukup cepat, pemeliharaan sekitar 45 hari berat bebek peking bisa mencapai 2 kg lebih.
  3. Bebek peking juga lebih tahan penyakit, sehingga resiko kerugian cukup kecil.
  4. Bebek peking yang berumur sekitar 40 hari mempunyai tekstur daging lebih empuk, gurih dan tentunya nilai gizinya lebih tinggi.
  5. Pemeliharaan bebek peking cukup mudah, kandang dan peralatannya sangat sederhana. Bahkan bebek peking bisa hidup di alam terbuka dengan penutup seadanya. Makanannya pun juga mudah didapat di sekitar kita, misalnya cacing, ikan-ikan kecil di sungai, dan sejenis tumbuhan seperti kangkung. Bebek peking suka menggerombol, sehingga mudah untuk digembalakan.
  6. Bebek peking tidak mempunyai sifat kanibal sehingga tidak suka bertarung.
  7. Selain daging dan telurnya, bulu bebek peking juga bisa memberikan penghasilan tambahan. Bulu bebek peking bisa dipakai untuk bahan pembuatan bantal, kasur, pakaian, suttle cock dan lainnya.
  8. Telur bebek dihargai satuan, berbeda dengan telur ayam yang dijual dengan perkilogram. Sehingga keuntungan yang diperoleh pun semakin besar.
  9. Kulit telur bebek lebih tebal dan keras daripada telur ayam, sehingga resiko pecah lebih kecil.
  10. Harga telur maupun daging bebek lebih stabil

Cara beternak bebek peking pada umumnya sama dengan beternak bebek biasa. Berikut tahapan beternak bebek :

  1. Pemilihan bibit bebek

Pemilihan bibit sangatlah penting karena nantinya akan mempengaruhi kualitas daging, telur, anakannya. Pemilihan bibbit bisa kita lakukan saat masih berupa DOD (Day of Duck). Beberapa ciri DOD bebek peking yang baik :

  • Tubuhnya tegap dan nafsu makan bagus
  • Bergerak  lincah
  • Bobot sekitar 400 gram
  • Kakinya kokoh dan tidak pincang
  • Matanya jernih dan sehat (tidak buta)
  • Mempunyai bulu yang bersih, kering dan bagus

Pemilihan bibit bebek juga berdasarkan prioritas kebutuhan. Apakah diambil telurnya atau dagingnya. Apabila diambil dagingnya maka bebek pejantan lebih cocok. Karena harga DOD pejantan relatif lebih murah daripada betina. DOD jantan biasanya badannya lebih besar, lehernya lebih pendek namun ekornya lebih naik, paruhnya lebih mengkilap, dan suaranya lebih parau. Berbeda dengan DOD betina yang memang diprioritaskan untuk bebek petelur.

  1. Persiapan kandang bebek

Kandang juga merupakan hal vital yang menentukan kualitas bebek. Semakin layak kandang, maka ternak akan semakin nyaman dan tidak stres. Apabila mempunyai modal yang cukup besar, bisa membuat kandang panggung karena jenis kandang ini mudah dirawat dan dijaga kebersihannya. Namun apabila mempunyai modal kecil, bisa dibuatkan kandang nonpanggung. Kandang jenis ini harus melapisi lantai tanah dengan pasir, kapur, atau sekam padi.

  1. Pemberian pakan bebek

Agar bebek cepat tumbuh dan cepat dipanen, maka pakan yang diberikan juga yang bergizi dan berkualitas. Pakan yang dapat diberikan bisa berupa bekatul atau dedak, bekicot dan tepung cangkang, tepung ikan, tepung jagung, dan lain sebagainya.

Untuk saat ini kegiatan ekonomi Kota Tarakan masih di sektor perikanan, kelautan dan migas. Selain itu juga dibantu sektor usaha menengah ke bawah. Dilihat dari prospek menjanjikan dari beternak bebek, maka usaha ini sangat disarankan untuk peluang bisnis yang masih sedikit di Kota Tarakan.

Berikut daftar harga DOD atau bibit bebek peking & hibrida untuk daerah Tarakan dan sekitarnya.

*Peking*
3 Bok= 9.800/ ekor 
4 Bok= 9.700/ ekor 
5 Bok= 9.600/ ekor 
10 Bok= 9.300/ ekor  

*Hibrida*
3 Bok= 8.800/ ekor 
4 Bok=8.700/ ekor
5 Bok= 8. 600/ ekor
10 Bok=8.300/ ekor 

Untuk pemesanan dan informasi mengenai bebek peking dan hibrida. Silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:
dod bebek peking tarakan, harga bebek hibrida tarakan, jual bibit bebek peking di tarakan, jual dod bebek hibrida di tarakan, ternak bebek peking tarakan, bibit bebek hibrida di tarakan, budidaya bebek hibrida tarakan, dod bebek peking tarakan

*Duwi Kristinawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply