Budidaya Ayam Dong Tao Dapat Menghasilkan Keuntungan Yang Besar

Budidaya Ayam Dong Tao Dapat Menghasilkan Keuntungan Yang Besar – Di Indonesia belum banyak yang mengetahui jenis ayam dong tao. Apa itu ayam dong tao? Ayam dong tao yaitu jenis unggas endemik yang memiliki postur badan yang sangat besar. Jenis ayam ini sering disebut dengan “kaki naga”. Kenapa begitu? Alasannya karena bentuk cakar yang berwarna merah dipandang seperti kaki naga. Asal ayam dong tao sendiri dari Distrik Khoai Chau, Vietnam. Dari ibu kota Vietnam, Hanoi sekitar 30 kilometer.

Sepintas ayam ini seperti sedang terserang penyakit kaki gajah, karena memang kakinya sangat besar dan seperti kaki gajah. Bila orang awam belum mengetahui pasti mereka mengira bahwa ayam ini terserang penyakit yang lumayan serius. Padahal memang jenis ayam dong tao seperti memiliki kaki yang besar. Pada zaman dahulu ayam dong tao dipercaya memiliki kualitas yang ada pada laki-laki kuat yang bisa menguasai bela diri, kekuatan fisik dan kesetiaan juga. Maka dari itu banyak masyarakat Vietnam menggunakan ayam dong tao untuk acara adat istiadat atau acara besar.

budidaya ayam dong tao
Ayam Dong Tao

Ayam dong tao sebenarnya sangat langka karena perkembangbiakan ayam ini sangat sulit. Kenapa begitu? Jenis ayam dong tao sangat sensitif pada perubahan cuaca. Saat proses penetasan, berhubung ayam ini memiliki cakar yang sangat besar jadi sulit untuk menetaskannya maka harus dibantu oleh para peternak. Dulu ayam ini hanya digunakan untuk konsumsi para keluarga kerajaan tapi sekarang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam.  Restoran-restoran pun sudah banyak yang menyediakan menu yang berbahan dasar daging ayam dong tao.

Bobot ayam kaki naga bisa mencapai 5-6 kg dan pergelangan kakinya sangat tebal mirip seperti pergelangan tangan manusia. Untuk bulu  ayam ini ada bermacam-macam. Ayam dong tao betina memiliki bulu berwarna putih dan untuk dong tao jantan memiliki bulu yang berwarna-warni. Jadi cukup banyak memiliki variasi. Meskipun postur tubuhnya yang besar dan cakar yang besar membuat para pecinta ayam tetap terpesona dan tertarik untuk membeli jenis unggas ini.

Untuk di Indonesia, harga ayam dong tao terkenal mahal, alasannya karena di Indonesia masih jarang yang memiliki dan memeliha ayam jenis ini. Meskipun demikian, tak sedikit juga yang mengatakan bahwa harga ayam dong tao murah, mungkin mereka terpesona dengan keindahan pada postur tubuh dan kaki ayam dong tao. Dari berbagai informasi, harga anak ayam dong tao atau harga anakan ayam dong tao untuk di Indonesia biasanya 2 jutaan sedangkan untuk yang dewasa menurut informasi bisa mencapai 16 juta rupiah hampir sama dengan ayam brahma. Saat menjelang hari “Tet” atau tahun baru Vietnam harga ayam ini semakin mahal atau fantastis seiring dengan banyaknya permintaan.

Banyak restoran-restoran di Vietnam yang menyediakan menu berbahan dasar daging ayam dong tao. Karena memang cukup banyak yang menyukai masakan daging ayam dong tao dan cita rasa dagingnya juga lezat. Biasanya ayam dong tao bisa dikonsumsi pada usia 8 sampai 12 bulan dengan berat badan sekitar 3 sampai 5 kg.

Untuk pakan ayam dong tao sama seperti jenis ayam lain. Anda bisa berikan biji-bijian atau konsentrat. Pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari. Pakan merupakan faktor terpenting bagi ayam dong tao. Pemberian pakan yang benar maka akan menghasilkan ayam dong tao yang besar dan berkualitas. Selain kebutuhan pakan yang harus dipenuhi, kandang juga harus selalu dijaga kebersihannya Anda bisa bersihkan 2 hari sekali atau saat ada waktu luang.

Budidaya ayam jenis dong tao ini memiliki peluang yang menguntungkan, karena harga jualnya lumayan mahal. Di samping itu masih jarang di Indonesia yang memilikinya. Dalam cara ternak ayam don tao pun relatif mudah, pada dasar nya hanya seperti memelihara ayam pada umumnya. Jadi memang masih fresh bila Anda membeli sekarang di saat penghobi lain belum memilikinya. Ayam dong tao memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jenis ayam lain. Postur tubuhnya yang besar dan cakar yang bersisik dan besar membuat ayam ini tampil beda.

Berikut adalah contoh gambar ayam dong tao :

budidaya ayam dong tao
Ayam Dong Tao

 

budidaya ayam dong tao
Ayam Dong Tao

 

budidaya ayam dong tao
Kaki Ayam Dong Tao

Apabila Anda tertarik untuk membeli jenis ayam kaki besar ini Anda bisa membelinya ditempat kami. Kami jual ayam dong tao dan jual bibit ayam dong tao. Selain itu kami juga menjual jenis ayam hias. Kami siap untuk mengirimkan ke berbagai wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk lebih detailnya Anda bisa mengunjungi laman website kami hobiternak.com . Di website tersebut terdapat  cara ternak ayam dong tao dan informasi lengkap lainnya. Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
harga ayam dong tao, jual bibit ayam dong tao, harga anak ayam dong tao, harga anakan ayam dong tao, jual ayam dong tao, cara ternak ayam dong tao, gambar ayam dong tao,

_Meilani Sawitri_

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: