6 Jenis Pakan Burung Merpati Terbaik yang Sering di Cari Orang

6 Jenis Pakan Burung Merpati Terbaik yang Sering di Cari Orang | cover
6 Jenis Pakan Burung Merpati Terbaik yang Sering di Cari Orang | cover

Berdasarkan wikipedia, burung merpati dan dara termasuk dalam familia Columbiadae atau burung berparuh merpati dari ordo columbiformes yang mencakup 300 spesial burung kerabat pekicau. 

Merpati atau burung dara merupakan salah satu unggas yang cukup banyak peminatnya. Merpati saat ini banyak digunakan sebagai hewan hiasan di rumah-rumah. Hal tersebut berbeda dibandingkan fungsinya pada zaman dahulu dimana burung merpati banyak digunakan sebagai penyampai pesan melalui media surat. Sebenarnya merpati dan burung dara mempunyai perbedaan istilah dimana jenis Merpati biasanya digunakan untuk unggas yang postur tubuhnya  besar sedangkan untuk burung dara bisanya untuk unggas yang postur tubuhnya lebih kecil. 

Promo JOPER NEW
Burung merpati yang terlihat lahap makan biji-bijian di atas tangan orang yang memberikannya. | Image 1
Burung merpati yang terlihat lahap makan biji-bijian di atas tangan orang yang memberikannya. | Image 1

Merpati sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu merpati pedaging dan merpati lomba (merpati balap, merpati tinggian atau merpati kolong). Untuk kategori merpati pedaging biasanya mempunyai ciri-ciri postur tubuhnya lebih besar sedangkan untuk lomba mempunyai ciri yang berbeda. Meskipun merpati terdiri dari 2 jenis namun untuk pakan kurang lebih sama. Yaitu berbagai jenis biji-bijian dan sayuran segar. 

Nah untuk mengetahui jenis pakan atau makanan burung merpati berupa apa, yuk ikuti uraian berikut ini ya sahabat ternak. Semoga bermanfaat bagi unggas kita. 

1. Beras merah

Beras merah | Image 2
Beras merah | Image 2

Beras merah merupakan salah satu pakan utama merpati. Beras merah mempunyai kandungan yang cukup bermanfaat bagi merpati diantaranya menguatkan organ dalam merpati dan meningkatkan stamina burung dan mengembalikan energi setelah mengalami kelelahan. Hal tersebut karena beras merah mengandung vitamin B1. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan, menurunnya daya tahan tubuh dan gangguan pencernaan. Beras merah termasuk makanan merpati biar cepat gemuk. 

Baca juga : 3 Jenis Burung Merak : Paling Cantik di Dunia

2. Jagung

Jagung | Image 3
Jagung | Image 3

Selain beras merah, pakan utama dari merpati adalah jagung. Disini jagung dapat diberikan dalam bentuk pipilan. Jagung yang cukup bagus adalah jagung madura. Jagung Madura mempunyai kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan jagung hibrida lokal seperti pioneer 7. Sehingga jagung madura lebih disarankan dijadikan pakan merpati dibandingkan jenis jagung lainnya. 

3. Padi (gabah)

Padi (gabah) | Image 4
Padi (gabah) | Image 4

Jika kita tengok di pedesaan banyak dari pemilik burung merpati yang memberi pakan menggunakan padi (gabah). Selain burung merpati suka, padi sangat mudah kita dapatkan karena padi termasuk tanaman pokok yang sering di tanam dan tumbuh di Indonesia. Padi (gabah) dapat menjadi inovasi pakan alternatif merpati yang mudah dicari. 

4. Berbagai jenis kacang-kacangan

Ada 3 macam kacang-kacangan yang sering digunakan untuk pakan burung merpati | Image 5
Ada 3 macam kacang-kacangan yang sering digunakan untuk pakan burung merpati | Image 5

Jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan untuk pakan merpati diantaranya kacang kedelai, kacang tanah dan kacang hijau. Kacang-kacangan tersebut mempunyai kandungan yang berbeda-beda diantaranya:

  • Kacang tanah
    Kacang tanah banyak mengandung lemak, vitamin A dan vitamin B compeks, vitamin K, besi dan protein.

  • Kacang kedelai
    Kacang kedelai banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 , vitamin B12 dan vitamin A dan vitamin E.

  • Kacang hijau
    Kacang hijau selain baik untuk tubuh juga mengandung berbagai zat yang merupakan sumber protein, sumber serat, mineral dan omega. Untuk masing-masing jenis pemberiannya sesuai takaran ya sahabat ternak. Karena jika berlebihan juga tidak bagus untuk perkembangan merpati. 

5. Milet

Milet | Image 6
Milet | Image 6

Bagi orang awam tentu kata milet masih cukup asing terdengar ditelinga kita. Berdasarkan dari wikipedia milet adalah sekelompok serelia yang memiliki bulir berukuran kecil yang sering digunakan untuk bahan baku tepung roti.

Selain untuk manusia, milet juga bisa digunakan untuk pakan burung merpati meskipun hanya sebagai pakan sampingan saja. Manfaat milet untuk merpati yaitu merpati dapat menjadi lebih aktif, sehat dan rajin bersuara. Biasanya dalam pemberiannya dicampur dengan jenis biji-bijian lain. Milet juga dapat menjadi makanan anak burung merpati. 

Baca juga : Burung Kenari Anda Kurus ? Atasi dengan cara berikut ini

6. Batu atau kerikil 

Batu dan kerikil bukan termasuk pakan merpati namun digunakan untuk memproses pakan yang akan masuk di perutnya | Image 7
Batu dan kerikil bukan termasuk pakan merpati namun digunakan untuk memproses pakan yang akan masuk di perutnya | Image 7

Batu atau kerikil sebenarnya bukan kategori jenis pakan bagi burung merpati. Batu atau kerikil diberikan kepada merpati karena fungsinya dapat membantu menghancurkan makanan yang mereka konsumsi. Batu atau kerikil tersebut mereka simpan di dalam tembolok. Cukup unik juga ya sahabat ternak?

Burung merpati atau dara mempunyai filosofi unik ya sahabat ternak. Burung merpati merupakan lambang kesetiaan terhadap pasangan. Mereka hanya setia pada pasangannya dan tidak berganti-ganti dengan merpati lain. Dalam kehidupan sehari-hari mereka mempunyai kerjasama yang baik. Jika membuat sangkar mereka bergantian membawa ranting untuk sarang mereka. Jika betina sudah bertelur dan mengerami telurnya maka jantan akan menjaga di luar sangkar. Jika sudah menetas mereka silih berganti menjaga si kecil. Sungguh pasangan yang ideal ya. 

Burung merpati sering disebut sebagai lambang kesetiaan | Image 8
Burung merpati sering disebut sebagai lambang kesetiaan | Image 8

Satu hal yang cukup unik dari burung merpati anatomi tubuhnya yang berbeda dengan unggas lainnya. Burung merpati atau dara adalah burung yang tidak mempunyai kantong empedu di dalam tubuhnya.  Sehingga empedu yang dihasilkan hati tidak ditampung di kantong empedu melainkan langsung dialirkan ke usus dua belas jari (duodenum). Hal itu berbeda dibandingkan dengan unggas jenis lainnya dimana anatomi tubuhnya terdiri dari empedu dan anatomi lainnya. 

Dalam filosofi burung merpati, hal tersebut bermakna bahwa burung merpati tidak menyimpan empedu (kepahitan) di dalam tubuhnya. Sifat burung merpati tidak menyimpan dendam dan hanya menyimpan hal hal yang manis. Sehingga merpati tetap bisa bersikap manis terhadap pasangan hidupnya. Jika kita ingin berperilaku manis, tidak pendendam dan setia jangan buang kantong empedu ya sobat ternak, karena cukup banyak manfaatnya bagi kita. Namun bisa mencontoh kesetiaan dari burung merpati. Kita bisa memahami arti menjalin kerjasama dengan pasangan dengan melihat perilaku burung merpati. 

Demikian beberapa hal mengenai burung merpati dan dara. Kita bisa memetik berbagai hikmah dari makhluk ciptaan Allah .Semoga membawa manfaat. Salam hobiternak. 

Dan jika Anda tertarik untuk memelihara burung merpati (dara) kami hobiternak.com menyediakan berbagai jenis yang cantik dan unik-unik. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan kargo hewan terpercaya. Pemesanan bisa langsung hubungi contact person dibawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

XL:
0819-3140-9353

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait : 
merpati, burung merpati, makanan burung merpati, merpati dan dara, filosofi burung merpati, makanan merpati biar cepat gemuk, tempat hidup burung merpati, pakan merpati, manfaat milet untuk merpati, perbedaan merpati dan dara, manfaat burung dara, morfologi burung merpati, nama ilmiah merpati, sifat burung merpati

Image Sources :

  • cover: pixabay.com
  • Image 1: pixabay.com
  • Image 2: liputan6.com
  • Image 3: pixabay.com
  • Image 4: pixabay.com
  • Image 5: pixabay.com
  • Image 6: optolov.ru
  • Image 7: pixabay.com
  • Image 8: pixabay.com
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: