Tips Persiapan Pemeliharaan Ayam Kampung Super

Tips Persiapan Pemeliharaan Ayam Kampung Super

Pemeliharaan ayam kampung super terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  1. Pemeliharaan DOC ayam kampung super

  2. Pembesaran ayam kampung super mulai fase strater-grower

  3. Pemeliharaan indukan.

Tips Persiapan Pemeliharaan Ayam Kampung Super
DOC ayam kampung super

Pada umumnya dalam pembesaran ayam kampung super memang membutuhkan beberapa hal seperti persiapan kandang dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara, jenis pakan yang disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, jadwal pemberian multivitamin dan vaksinasi hingga sebelum masa panen, pencegahan terhadap penyakit serta pengobatan terhadap ayam yang terkena penyakit dan pemasaran ayam kampung super dengan sistem yang terpadu.

Pemeliharaan DOC hingga berumur 2 minggu

Pada masa ini DOC perlu diletakkan dalam kandang berpenghangat dan bisa diberikan makanan berupa konsentrat dengan jenis BR starter. Dalam satu boks berukuran kurang lebih 1 meter persegi memuat DOC dengan kisaran 60-70 ekor. Pembesaran anakan pada fase starter. Anakan ayam pada fase ini tidak membutuhkan pemanas lagi karena sudah mempunyai daya tahan yang lebih kuat.

Kandang untuk anakan ayam fase starter

Kandang untuk fase ini disesuaikan dengan jumlah ayam yang ingin dipelihara. Untuk lebih memudahkan dalam mengatur kapasitas ayam dalam suatu kandang, maka kandang yang digunakan menggunakan kandang postal litter dengan penyekat untuk memisahkan antar blok. Sehingga semakin besar ayam membutuhkan tempat yang lebih luas jadi tinggal menggeser penyekatnya saja.

Kandang Postal Litter

Pemberian pakan, minum dan multivitamin

Pemberian pakan pada masa awal pemeliharaan hingga ayam siap dipanen pada umur 6 minggu membutuhkan pakan konsentrat yang disesuaikan dengan ayam yang dipelihara. Jika memelihara ayam untuk tujuan dijadikan ayam pedaging maka perlu diberikan konsentrat untuk ayam pedaging dan jika ayam yang dipelihara dengan tujuan dijadikan petelur, maka konsentrat yang diberikan untuk ayam petelur. Minuman yang bisa diberikan dalam tahap awal berupa vita-chic atau vita-stress. Hal ini untuk menunjang stamina ayam agar tetap dalam kondisi prima.

pakan ayam kampung super

Jadwal Vaksinasi pada ayam kampung super

Ayam kampung super membutuhkan vaksinasi untuk mencegah ayam terkena penyakit. Vaksin bisa dilakukan setelah 2 hari DOC berada di dalam kandang. Vaksin dilakukan beberapa kali sebelum ayam dipanen. Vaksinasi terakhir dilakukan minimal satu minggu sebelum masa panen. Hal tersebut untuk menjaga agar daging ayam aman untuk dikonsumsi.

vaksinasi ayam kampung super

Pengaruh masa panen terhadap bobot ayam

Ayam kampung super yang dipanen pada umur 6 minggu mempunyai bobot yang berbeda dengan ayam yang dipanen pada umur 12 minggu. Pada umur 6 minggu ayam mempunyai bobot berkisar 0,9 kg per ekor sedangkan bila dipelihara hingga berumur 12 minggu maka ayam akan berbobot sekitar 1,1 kg.

Pemasaran ayam kampung super

Ayam kampung super merupakan ayam dengan tingkat permintaan yang cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya perekonomian masyarakat dan dipengaruhi oleh gaya hidup sehat dimana masyarakat membutuhkan makanan dengan kadar lemak yang lebih rendah. Dengan begitu peternak tidak perlu khawatir karena jumlah permintaan yang cukup tinggi.

Setelah mengetahui peluang dalam memelihara ayam kampung super, maka dalam mengembangkan pembesaran ayam kampung super peternak perlu melakukan dengan metode intensif. Metode tersebut meliputi beberapa hal di mana ada saling keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Namun intinya hal tersebut untuk meningkatkan produktivitas ayam kampung super.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC ayam kampung super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:

Ternak ayam kampung, kandang ayam kampung, beternak ayam kampung super, harga jual DOC ayam kampung wilayah Medan, budidaya ayam kampung, pakan ayam kampung, cara ternaka yam kampung yang baik, ternak ayam kampung modern, pakan ayam kampung, tips ternak ayam kampung, ukuran kandang ayam kampung.

*Yuni Ambarwati*

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version