Pasti Manjur, Mengatasi Ayam Lumpuh dengan Obat Tradisional

Di Indonesia cukup banyak terdapat jenis ayam baik ayam hias (hobi) maupun ayam produksi, yang mana tingkat kerentanannya berbeda-beda terhadap suatu penyakit. 

Penyakit ayam atau unggas sendiri jenisnya cukup banyak, yang membuat sebagian besar peternak waspada, terutama di pergantian musim.

Peluang Usaha Ternak Ayam Pedaging & Petelur

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Salah satu penyakit yang bisa menyerang jenis unggas adalah kelumpuhan.

Penyebab kelumpuhan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor dalam maupun faktor luar.

Faktor dalam artinya penyebab kelumpuhan karena faktor ayam itu sendiri, sedangkan faktor luar lebih banyak disebabkan dari luar misalnya suhu, pakan, dan lain sebagainya.

Ayam lumpuh dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan sejak dini. Obat untuk ayam lumpuh ada 2 jenis yaitu obat tradisional (herbal) dan obat modern atau buatan pabrik yang mengandung bahan kimia.

Sebelum kita melakukan tindakan pengobatan perlu kita kenali penyebab kelumpuhan yang terjadi pada unggas tersebut, sehingga tindakan kita lebih tepat sasaran.

Kelumpuhan ayam dapat terjadi karena beberapa faktor | Image 1

Beberapa Penyebab Kelumpuhan pada Ayam:

1. Kualitas DOC (bibit ayam)

DOC atau bibit ayam yang berkualitas cukup mempengaruhi dalam masa pertumbuhan selanjutnya.

DOC yang pada saat diterima dalam kondisi kurang sehat terutama bagian kaki yang sakit, seperti bengkok (pengkor) maka lebih berisiko mengalami kelumpuhan.

Jika hal itu terjadi, DOC dengan kaki sakit bisa dipisahkan dengan DOC yang lain, sehingga mudah untuk mengontrol dan memantau kondisi kesehatannya, dengan memberikan penanganan khusus.

DOC yang berkualitas mempunyai ciri-ciri bobot di atas 30 gram per ekor, mempunyai mata yang bening, pertumbuhan bulu yang merata, sehat dan lincah.

Agar kita bisa mendapatkan kualitas DOC yang baik, maka kita perlu mencari bibit yang unggul. Saat ini cukup banyak dan mudah dijumpai DOC yang berkualitas, baik produksi pabrikan maupun mandiri yang dikelola peternak profesional, salah satunya hobiternak.com.

Untuk menghindari mendapatkan DOC dengan kualiatas yang rendah, sebaiknya kita menggunakan DOC produk pabrikan atau produksi peternak profesional.

2. Kekurangan Nutrisi

Ayam yang mendapatkan pakan dengan kualitas yang kurang memadai mempunyai risiko seperti gangguan kesehatan, salah satunya adalah kelumpuhan.

Ayam yang mendapatkan kalsium dan fosfor yang cukup, dapat menunjang pertumbuhan tulang yang kokoh. Dengan demikian akan memperkecil risiko terjadinya kelumpuhan.

Pakan yang bernutrisi cukup banyak terdapat di poultry shop terdekat. Salah satunya untuk menunjang pertumbuhan tulang yang kokoh, 3 minggu pertama DOC diberikan full pakan produksi pabrikan.

Konsentrat atau voer buatan pabrik sudah mengandung berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan pada masa awal pertumbuhan DOC.

3. Perubahan Cuaca (cuaca ekstrem)

Perubahan cuaca cukup berpengaruh pada kesehatan ayam. Perubahan suhu antara siang dan malam mempunyai perbedaan yang sangat besar.

Di mana pada siang hari cuaca cukup panas sedangkan pada malam hari mempunyai suhu yang cukup dingin.

Ayam yang masih kecil (DOC) dan mempunyai daya tahan yang rendah akan mudah sakit. Termasuk di antaranya kelumpuhan.

Perubahan cuaca tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan karena ayam kedinginan, kurang gerak dan kurang mendapatkan sinar matahari.

Cara penanganannya dengan memberikan lampu pemanas pada masa DOC, sehingga kondisi suhu kandang tetap stabil.

Namun untuk ayam yang cukup besar memang agak sulit, sehingga dibutuhkan ekstra penanganan dengan pemberian pakan konsentrat, pemberian multivitamin, dan dilakukan vaksinasi.

Dengan demikian stamina ayam menjadi meningkat dan lebih kebal terhadap perubahan cuaca.

Baca juga : Inilah 2 Cara Mudah Mengatasi Penyakit Bubul Ayam

4. Terjepit

Ayam yang kakinya pernah terjepit di kandang, bisa berisiko mengalami kelumpuhan. Kandang dari bambu dengan jarak yang besar pada lantainya bisa menyebabkan kaki ayam akan terjepit.

Juga kandang yang terbuat dari ram (kawat yang dijalin kotak-kotak) atau jaring paranet dengan ukuran lubang cukup besar. Jadi, pemilihan ukuran ram yang tepat sangat disarankan agar meminimalkan kaki ayam tidak terjepit. 

5. Kram

Ayam yang mengalami kram pada kakinya banyak terjadi pada ayam yang dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain dan dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut dikarenakan boks tempat ayam tersebut mempunyai ukuran yang kecil sehingga ayam agak jongkok dan menyebabkan kram pada kaki ayam.

Ayam yang mengalami kelumpuhan pada kakinya karena disebabkan kram masih ada kemungkinan untuk pulih jika dilakukan terapi pada ayam tersebut.

Sebagai tindakan pencegahan pada saat pengiriman, besar boks disesuaikan dengan umur ayam. Sehingga selama perjalanan ayam dapat leluasa bergerak.

6. Kandang Terlalu Sempit

Kandang yang terlalu sempit bisa menyebabkan kelumpuhan. Hal tersebut disebabkan ruang gerak yang terbatas sehingga ayam tidak leluasa beraktivitas.

Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka bisa menyebabkan kakinya menjadi kram dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Kandang sempit juga bisa mengakibatkan kanibali pada ayam.

Untuk itu sebelum memelihara ayam, pastikan luas kandang  disesuaikan dengan kapasitas dan usia.

Selain itu umur ayam juga bisa menjadi penyebab makin sempitnya kandang. Semakin besar ayam tentu membutuhkan luas kandang yang lebih besar.

Baca juga : 3 Tipe Penyakit Tetelo pada Ayam Kampung Super

7. Akibat Benturan

Salah satu penyebab kelumpuhan lainnya adalah terkena benturan. Di antara benturan tersebut adalah ayam yang diadu.

Benturan yang cukup keras antar ayam bisa menyebabkan salah satu kaki menjadi patah dan bengkok.

Pada umumnya ayam yang mengalami kelumpuhan dengan gejala ini adalah ayam bangkok.

Berikut Beberapa Obat Tradisional untuk Menangani Ayam yang Lumpuh:

Obat-obat tradisional cukup sering dan ampuh digunakan oleh para peternak | Image 2

1. Mengolesi kaki ayam dengan menggunakan bawang merah atau bawang putih

Obat ayam lumpuh yang pertama adalah bawang merah dan bawang putih. Bawang merah dan bawang putih mempunyai khasiat memperlancar peredaran darah pada kaki ayam yang lumpuh.

Di samping itu dapat mengobati luka dan nyeri otot pada ayam.

Caranya cukup sederhana dengan membersihkan bawang merah atau putih, kemudian diparut dan dioleskan pada kaki ayam yang mengalami kelumpuhan dengan diurut secera perlahan.

2. Memberikan larutan gula merah

Gula merah cukup efektif digunakan sebagai penambah energi karena mengandung glukosa.

Glukosa merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan sel-sel tubuh pada kadar normal.

Jika penggunaan tidak berlebihan cukup aman digunakan, terutama saat pemulihan dari rasa sakit.

Caranya dengan melarutkan gula merah dengan air matang kemudian disaring, bisa diberikan pada ayam yang mengalami kelumpuhan agar staminanya bisa meningkat.

3. Pemberian jahe

Jahe cukup dikenal sebagai salah satu antioksidan dan anti peradangan, sehingga mampu mengurangi sakit akibat radang pada ayam. Jahe bisa menjadi salah satu obat untuk ayam pincang dan obat ayam sakit.  

Pemberiannya bisa dengan beberapa cara:

  1. Mengiris kecil jahe atau dicincang dan disuapkan langsung pada ayamnya.
  2. Memarut jahe, jika kesulitan dengan cara pertama bisa cara ini, dengan memarut jahe lalu disuapkan ke ayam.
  3. Melarutkan gula merah pada air jahe, bisa juga dengan melarutkan gula merah pada air jahe terlebih dahulu. Cara pemberian tersebut disesuaikan dengan kondisi ayam.
Dengan mengetahui penyebab dan penanggulangan ayam lumpuh diharapkan peternak dapat mengatasinya dengan benar | Image 3

4. Mengolesi minyak kayu putih

Obat ayam lumpuh lainnya yang bisa dijadikan alternatif adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih bisa dijadikan salah satu obat alternatif untuk mengurangi risiko kesleo, terkilir, dan nyeri otot.

Penggunaannya cukup mudah dengan mengoleskan pada kaki ayam yang mengalami kelumpuhan dengan perlahan-lahan.

Cara menguatkan kaki ayam lainnya dengan memberikan terapi pada kaki ayam lumpuh. Caranya kaki ayam digerak – gerakkan secara perlahan agar  tidak kaku. Proses ini butuh kesabaran dan waktu, sehingga kaki ayam bisa pulih seperti sediakala.

Baca juga :  Tips Agar Ayam Tidak Mudah Terkena Penyakit

Mengatasi Ayam Lumpuh dengan Obat Tradisional Pasti Manjur | infografis

Demikian beberapa hal mengenai penyebab dan cara menangani ayam yang mengalami kelumpuhan.

Yang pasti untuk mengetahui cara penanganan yang tepat adalah mengenali penyebabnya.

Pemeliharaan yang baik dengan menerapkan sanitasi kandang, pemberian pakan yang bernutrisi, dan penanganan terhadap penyakit dapat mengurangi risiko terhadap berbagai penyakit. Salam sahabat ternak ^_^

Dan jika Anda sendang mencari DOC ayam atau ayam hias lainnya bisa hubungi kami. Kami hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam produksi dan hias.

Pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Hubungi kami segera di nomor bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0895-6124-93491

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0856-4772-3888

5/5 - (14 votes)

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version