Harga Jual DOC Ayam Joper untuk Daerah Banjarmasin

Jual DOC Ayam Joper Banjarmasin – Kota Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Yang mana kota yang cukup padat ini merupakan salah satu kota besar di Indonesia, walaupun wilayahnya merupakan yang terkecil di Kalimantan, yakni luasnya lebih kecil daripada Jakarta Barat. Kota yang dijuluki sebagai “Kota Seribu Sungai” ini merupakan sebuah kota Delta atau kota kepulauan. Hal ini dikarenakan terdiri dari sedikitnya 25 buah pulau kecil (delta) yang merupakan bagian-bagian kota yang dipisahkan oleh sungai-sungai.

jual doc joper banjarmasin
Kota Banjarmasin memang terkenal dengan banyaknya sungai yang mengalir melintasi kota ini. Dengan banyaknya sungai, tentu lingkungannya subur dan cocok untuk beternak joper

Banjarmasin merupakan salah satu pintu gerbang kegiatan ekonomi nasional. Kota Banjarmasin memliki bandar pelabuhan besar dan sudah puluhan tahun menjadi pintu keluar masuk bagi kegiatan perekonomian Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan. Tak hanya sebagai kota niaga, Banjarmasin juga terkenal sebagai salah satu kota bersejarah penghasil intan, ruby dan berbagai jenis permata.

Potensi Beternak Ayam Joper di Banjarmasin

Karena besarnya potensi bisnis menjadikan Kota Banjarmasin menjadi salah satu kota tujuan kami. Kami menyediakan DOC atau bibit ayam kampung super. Permintaan ayam kampung di Banjarmasin semakin meningkat dari waktu ke waktu. Peluang pasar ayam kampung sangat terbuka. Karena budidaya ayam kampung masih bersifat parsial, berskala rumah tangga dan budidaya maupun pemasarannya belum dikelola dengan baik. Karena budidaya yang masih terbatas, para peternak di Banjarmasin belum sanggup memenuhi tingginya permintaan ayam kampung usia muda.

Potensi untuk beternak ayam joper di Banjarmasih cukup tinggi. Permintaan akan daging ayam yang cenderung meningkat menjadi potensi yang baik.

Saat ini ayam kampung super menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi permintaan tersebut. Ayam kampung super merupakan  hasil persilangan antara ayam kampung yang memiliki kualitas genetik tinggi dan performa pertumbuhannya lebih baik dari ayam jawa kebanyakan. “Joper” atau Jawa Super adalah sebutan lain dari ayam ini. Ayam kampung super memiki laju pertumbahan yang cepat dibandingkan lainnya. Masa pemeliharan ayam joper mulai dari bibit hingga siap dipanen hanya membutuhkan waktu 60 hari. Dalam waktu 60 hari, ayam joper sudah mencapai berata 8 ons hingga 1 kg dan siap di panen. Hal ini tentu  jauh berbeda dengan ayam kampung biasa yang bisa mulai dipanen sekitar umur 6 bulan.

Keunggulan dari Ayam Joper

Ayam joper memiliki berbagai keunggulan dan kemudahan bagi peternak bahkan untuk peternak pemula. Daerah Banjarmasin yang memang banyak dilalui oleh aliran sungai besar ataupun kecil, tentu sangat potensial untuk beternak joper. Keberadaan sumber pakan juga melimpah, karena sektor pertanian seperti padi dan jagung juga banyak di Banjarmasin. Karena sebenarnya antara sektor pertanian dan peternakan jika berjalan berdampingan bisa saling bermanfaat satu sama lain. Maksudnya adalah, misalnya hasil dari limbah padi seperti bekatul dan sekam bisa digunakan untuk sarana peternakan ayam joper sebagai pakan. Kemudian limbah dari ayam yakni dari kotorannya, bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang mempersubur tanaman padi maupun jagung. 

Masa panen yang cepat dan perawatan yang mudah, merupakan salah satu faktor yang menjadi pilihan dari peternak untuk membudidayakan ayam joper.

Kemudahan Dalam Beternak Ayam Joper

Teknik pemeliharaan ayam kampung super relatif mudah dan sederhana. Agar mendapatkan ternak ayam joper agar cepat panen, yang harus diperhatikan adalah kandang ayam joper tetap terjaga dalam kondisi kering, alas tidak basah atau lembab, sirkulasi udara yang cukup dan diusahakan lantai terbuat dari semen. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk megoptimalkan pertumbuhan dan penyakit. 

Kemudahan lainnya adalah kandang ayam joper yang mudah dibuat. Untuk daerah Banjarmasin yang merupakan daerah dataran rendah, maka cocok menggunakan kandang postal. Pembuatan kandang postal pun cukup mudah. Untuk dinding bisa terbuat dari bambu kemudian lantainya bisa dari tanah. Lantainya juga bisa dari semen, yang mana lebih mudah ketika proses pembersihan saat selesai panen. Untuk atapnya, bisa menggunakan genting karena lebih aman dan baik untuk ayam. Genting pada siang hari akan menyerap panas dan ketika malam hari akan membuat suhu di kandang hangat tidak dingin seperti jika menggunakan seng. 

Pakan Ayam Joper

Kemudahan dalam beternak ayam joper tidak hanya pada hal kandang, namun juga dalam hal pakan. Pemberian pakan untuk ayam joper tergolong mudah. Pakan untuk ayam joper pun mudah di temukan di toko-toko pakan maupun dengan membuat sendiri. Untuk pakan utamanya, ayam joper membutuhkan pakan yang mengandung karbohidrat, protein, dan zat penting lainnya. Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan dimana Anda mendapatkan pakan yang baik. Ayam joper bisa diberikan pakan pabrikan berupa konsentrat yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam joper. Jenis konsentrat yang diberikan pun bermacam-macam. Bagi ayam joper yang berusia dibawah 3 minggu, bisa diberikan konsentrat jenis BR1, AKA1, atau 511. Kemudian ketika ayam joper sudah berusia 3 minggu keatas maka bisa diberikan pakan konsentrat jenis BR2, AKA2, atau 512. Ayam joper yang berusia diatas 1 bulan juga bisa diberikan pakan campuran yang mendukung pertumbuhannya. Seperti bekatul, jagung, atau maggot bsf

Kami menjual doc joper Banjarmasin dan siap untuk mengirimkan ke daerah Anda.

Harga DOC Ayam Joper Banjarmasin

Dengan tingginya peluang beternak ayam joper dan permintaan akan daging ayam kampung, maka kami hobiternak.com menyediakan bibit ayam joper Banjarmasin. Berikut untuk daftar harganya.

Joper Kamsi Joper SRF
9.400 9.600 9.800

Harga tersebut merupakan harga per ekor dan sudah termasuk untuk ongkos kirim, biaya karantina, dan juga biaya pembuatan dokumen. Bagaimana, cukup efektif bukan? Kami juga melayani konsultasi bagi Anda yang masih pemula dan ingin belajar beternak ayam joper.

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam joper, kami jual doc ayam Joper Banjarmasin dan siap mengirimkan ke daerah Anda. Kami juga mampu mengirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version