Manfaat Telur Ayam Cemani & Daging Ayam Cemani yang Perlu Kita Ketahui

Beberapa tahun ini Telur Cemani memang tengah diminati oleh Masyarakat. Meskipun saat ini telur ayam cemani asli masih dikategorikan sebagai telur ayam hias yang ditetaskan namun bisa juga dikonsumsi layaknya telur ayam kampung pada umumnya. 

Telur ayam cemani I image 1
Telur ayam cemani I image 1

Harga Telur Ayam Cemani kami tawarkan dengan harga Rp 40.000/ butir karena memang telur ini termasuk jenis telur ayam hias.

Sebagian besar telur cemani dipesan dengan tujuan untuk ditetaskan agar nanti dapat menetas dan dapat dipelihara sebagai ayam hias.

Namun sekarang ini juga cukup banyak yang memilih telur cemani hanya sekedar untuk dikonsumsi.

Keunikan Ayam Cemani yang mudah kita amati yaitu dari tampilan fisiknya yang warna hitam, seperti pada bagian kepala, jengger, bulu, ketiak, dubur hingga paruh.

Namun khusus pada anggota tubuh bagian paruh karena biasa untuk mematuk pakan maka lama-lama kelaman akan menjadi aus.

Hampir seluruh tubuh memang berwarna hitam kecuali pada bagian lidah yang berwarna putih atau abu-abu dan darah merah tua.

Berikut ayam cemani usia dewasa di hobiternak.com | image 2

Mengapa Ayam Cemani berwarna hitam?

Menurut sejarahnya Ayam Cemani sudah ada sejak Kerajaan Majapahit dan yang menjadi pemilik pertama yaitu Ki Ageng Mangkuhan.

Pada waktu itu Ayam Cemani dari pemiliknya tersebut berhasil untuk mengobati anak seorang pejabat, namun Ayam Cemani tersebut berwarna putih.

Setelah dilakukan beberapa persilangan dengan ayam hitam maka persilangan tersebut menghasilkan Ayam Cemani yang berwarna hitam. 

Sejak saat itu Ayam Cemani semakin dikenal oleh masyarakat sehingga dengan mudahnya menyebar ke berbagai daerah di Indonesia yang didukung dengan kemajuan teknologi sekarang ini.

Anakan ayam cemani usia 1 bulan | image 3

Baca juga : 14 Fakta Unik Ayam Cemani yang Jarang Diketahui Masyarakat

Misteri Ayam Cemani bermunculan banyak yang mengatakan bahwa Darah Ayam Cemani  dan lidah ayam cemani berwarna hitam.

Namun hal itu belum dapat dipastikan, sampai saat ini kami belum pernah menemukan Ayam Cemani dengan warna darah hitam.

Kalau lidah ayam cemani berwarna hitam kami sudah pernah menemui, kami hobiternak.com juga menyediakan. Pengiriman dapat ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya.

Selain itu Mitos Ayam Cemani  juga beredar bahwa dengan memelihara Ayam Cemani maka akan mengundang kemakmuran bahkan ada juga yang mengkaitkan dengan hal-hal ghaib yang sebenarnya sangat tidak dianjurkan dalam agama.

Makanan Ayam Cemani sama halnya seperti makanan ayam kampung. Pakan seperti dedak dan bekatul bisa diberikan, begitu juga dengan nasi-nasi sisa rumah tangga yang belum basi juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pakan Ayam Cemani. 

Untuk Ayam Cemani yang masih anakan bisa diberikan pakan konsentrat, tesktur yang lembut akan memudahkannya saat mencerna.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa makanan ayam cemani asli adalah beras ketan hitam akan membuat warnanya menjadi hitam legam, namun hal itu juga belum dapat diketahui kebenarannya.

Sesuai dengan warnanya yang hitam Ayam Cemani juga memiliki warna daging dan tulang ayam cemani yang berwarna hitam.

Saat ini kuliner dari Ayam Cemani juga bermunculan seperti Sop Ayam Cemani, Sate Ayam Cemani, Ayam Bakar Cemani dan aneka kuliner lainnya.

Tertariknya masyarakat untuk mengkonsumsi daging ayam cemani karena dipercaya memiliki khasiat bagi tubuh.

Apa Manfaat Daging Ayam Cemani?

Telur ayam cemani | image 4

Manfaat telur ayam cemani :

1. Menyembuhkan sakit maag

Sakit maag tentu dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Makan yang tidak teratur bisa menyebabkan sakit nyeri dibagian perut atau biasa disebut maag.

Kandungan protein telur ayam cemani yang tinggi dapat memberikan tekanan kuat untuk tubuh yang menyerang asam lambung.

2. Meningkatkan stamina tubuh

Telur ayam cemani mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membantu meringankan kelelahan dalam beraktivitas sehari-hari.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dipercaya telur ayam cemani dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada manusia. Seringkali kita tidak memperdulikan kesehatan tubuh sendiri padahal penyakit bisa saja muncul kapan saja dan dimana saja.

Daging ayam cemanni bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan tentunya menyehatkan | image 5

Baca juga :

Manfaat Daging Ayam Cemani

1. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Manfaat Daging Ayam Cemani  yaitu dari Kandungan niacin dalam daging ayam cemani dapat menurunkan kolesterol.

Namun dalam penyajiannya sebaiknya tidak di goreng atau dibakar. Jadi untuk memasaknya bisa di garang asem atau dikukus agar minyak dalam daging tidak bertambah.

2. Mencegah Radang Sendi

Kandung selenium dan mineral dan dalam daging ayam cemani mampu mencegah dan mengurangi gejala radang sendi.

3. Meningkatkan Stamina

Kandungan lemak dan protein dari daging ayam cemani juga dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B6 atau B Komplek dari daging ayam cemani mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu maka pembuluh darah akan lancar dan anggota tubuh lainnya.

Itulah beberapa manfaat ayam cemani baik dagingnya maupun telurnya, semoga bermanfaat.

Apa warna telur ayam cemani?

Banyak yang mengira kalau telur ayam cemani sama seperti warna tubuhnya yaitu hitam. Padahal meskipun seluruh tubuh pada ayam cemani berwarna hitam, warna telur ayam cemani tetaplah putih.

Harga ayam cemani asli berapa?

Daftar Harga Ayam Cemani
Cemani Jantan 5 Bulan 375rb/ ekor
Cemani Indukan jantan 750rb/ ekor
Indukan 535rb / ekor
5 Bln 285rb / ekor
4 Bln 235rb / ekor
3 Bln 185rb / ekor
2 Bln 135rb / ekor
1 Bln 95rb / ekor

Bagi anda yang ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani kami menyediakan baik untuk ditetaskan dengan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas, atau bagi anda yang lebih memilih usia anakan kami  juga menyediakan dari usia anakan hingga indukan siap produksi untuk pemesanan hubungi kami segera di:

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : manfaat ayam cemani, manfaat daging ayam cemani, misteri ayam cemani, manfaat telur ayam cemani, mitos ayam cemani, harga telur ayam cemani, makanan ayam cemani,telur ayam cemani asli

5/5 - (3 votes)

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version