Kota Aceh Menjadi Peluang Usaha  Ayam Kampung Super

 Kota Aceh Menjadi Peluang Usaha  Ayam Kampung Super

Kota Aceh yang sering disebut serambi Mekkah ini mempunyai segudang cerita yang bersejarah. Ibukota Aceh berada di Banda Aceh. 13 tahun silam warga aceh dikejutkan dengan tragedi bencana tsunami yang menimpa warga aceh, tepatnya terjadi pada tahun 2004, yang merenggut banyak korban jiwa. Namun warga aceh tidak mau berlarut-larut dalam kesedihan,kini warga aceh mulai bangkit dari tragedi tersebut. Ada berkah dibalik musibah. Ditahun 2014 wajah aceh mulai terlihat menawan,dan kini aceh mulai menampakan kembali . Dan perekonomian kota aceh mulai membaik dari tahun ke tahun, salah satunya didukung dari sektor kepariwisataan. Tak heran jika dari sektor lain mulai menyusul. Dalam meningkatkan pendapatan atau ingin berkonstribusi dalam perekonomian daerah, untuk sektor peternakan disini kami akan mengulas sedikit tentang peluang usaha ayam kampung super atau yang lebih kita kenal dengan Joper didaerah aceh.

kota aceh
Masjid Baitturahman Aceh

Ayam Kampung Super merupakan persilangan dari ayam bangkok (jantan) dan ayam petelur (betina). Ayam jawa super adalah peluang usaha yang bisa dibilang lumayan menggiurkan, permintaan ayam pedaging jenis ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Karena ayam ini cukup mudah dalam hal pemeliharaannya,dengan cara diumbar ayam ini sudah bisa dipelihara. Namun apabila anda menginginkan ayam jawa super yang maksimal, dapat anda pelihara secara intensif. Dengan memperhatikan kadang yang kering, alas tidak basah dan lembab, sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Sesuaikan kebutuhan makan ayam pada pagi dan sore, tak lupa untuk memberikan vitamin dan vaksinansi juga perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit. Ayam kampung super merupakan ayam dengan pertumbuhannya yang tergolongan cukup pesat, hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan yang hanya memerlukan waktu 55-60 hari.

Masa panen peternak bisa meraup untung yang cukup menggiurkan, dengan berjalannya waktu peluang usaha ayam Joper ini cukup pesat. Tingkat kematian ayam Joper yang rendah dan penghematan biaya pemeliharaan dan pakannya. Harga jual dari ayam Joper relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang lain.

Untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam ini, dapat dilakukan dengan berbagi cara yaitu dengan melihat jengger, bulu atau kaki anak ayam. Namun ada dari beberapa peternak yang melihatnya dari kloaka anak ayam tersebut. Dengan metode seperti ini peternak dapat mengetahui dengan cepat dan lebih mudah dalam menemukan jenis kelamin, walaupun anak ayam baru berumur satu hari. Namun dengan metode ini diperlukan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Alat kelamin anak ayam jantan terlihat kecil seperti kepala jarum dan untuk yang betina jarang ditemukan. Anak ayam DOC yang sehat dan bagus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Tidak cacat

  2. Bulunya kering dan bersih

  3. Berat tidak dibawah standar (minimal 39 gram/ ekor)

  4. Tidak menunjukan adanya penyakit yang menyerah tubuh ayam

  5. Gerakannya lincah

DOC Ayam Kampung Super

Pemilihan bibit sangat diperlukan karena untuk mendapatkan kualitas bibit. Untuk pemesanan kami dari hobiternak.com menyediakan DOC atau bibit ayam kampung super, kami melayani dan mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia, silahkan menghubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

Ternak ayam kampung super, jual ayam kampung super, pengiriman ayam kampung,  pemilihan bibit DOC, pakan ayam kampung super, kandang ayam kampung, sistem pemeliharaan, jenis kelamin ayam kampung

*Dwi Sri Rahayu*

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version