Bisnis Ternak Bebek

Ternak Bebek Hibrida Panen dalam 30 Hari

Ternak Bebek Hibrida Panen Dalam 30 Hari – Bebek hibrida menjadi salah satu bebek yang bisa dijadikan pedaging dan petelur. Bebek hibrida sendiri mempunyai beberapa keunggulan yang diturunkan dari indukannya. Bebek hibrida merupakan persilangan bebek alabio yang asli Kalimantan disilangkan dengan bebek mojosari yang berasal dari Mojokerto Jawa Timur. Dari bebek alabio mawarisi sifat cepat dalam pertumbuhan dan mempunyai ukuran telur yang besar. Sedangkan dari bebek mojosari diturunkan sifat tahan stres, cepat memasuki masa bertelur dan mempunyai produktivitas telur yang tinggi. Sifat lain yang dimiliki bebek hibrida adalah kemampuan beradaptasi yang cepat terhadap lingkungan baru.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

Bebek hibrida mampu menghasilkan telur yang berwarna biru kehijauan. Telur dengan warna biru kehijauan lebih menarik dan banyak permintaan untuk dijadikan telur asin. Jika dijadikan bebek petelur maka bebek memerlukan waktu 4 bulan. Lebih cepat dibandingkan bebek mojosari yang baru dapat bertelur pada umur 6 bulan. Sedangkan bila dijadikan pedaging maka bebek hibrida dapat dipanen pada umur 30 hari.

Telur Bebek Hibrida
Telur Bebek Hibrida

 

Bebek hibrida juga mempunyai beberapa varian saat ini salah satunya adalah bebek hibrida super jumbo. Untuk bebek hibrida super jumbo ini memilii kelebihan yaitu pertumbuhannya cukup cepat. Namun bebek ini masih cukup asing bagi kalangan masyarakat.

Bagaimana caranya agar menghasilkan bebek hibrida pedaging pada umur 30 hari?

Pemilihan DOD atau bibit bebek yang berkualitas

Untuk menghasilkan bebek hibrida pedaging yang dapat dipanen pada umur 30 hari maka dibutuhkan bibit atau DOD yang berkualitas. Diantara ciri bibit yang berkualitas adalah tubuh tegap, gagah dan lincah, matanya bersinar, bulu kering dan cerah, kaki kokoh, badan tidak cacat dan nafsu makan tinggi. Setelah mendapatkan bibit maka perlu penanganan pada saat DOD sampai dilokasi kandang. Bibit bebek yang berkualitas akan menentukan perkembangan selanjutnya.

DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida

Pakan yang sesuai dengan jenis bebek dan kategori umur

Pakan bebek hibrida pedaging fase starter :

protein kasar 20-22 %, lemak 5%, serat kasar 4 %, abu 6,5%, kalsium 0,9%, phospor 0,7% dan energi metabolisme 3.000 kkal/kg.

Pakan untuk hibrida pedaging fase grower :

protein kasar 14-15 %, lemak 4%, serat kasar 7 %, abu 6,2%, kalsium 0,8%, phospor 0,7% dan energi metabolisme 2.800 kkal/kg.

Pakan untuk hibrida pedaging fase finisher :

protein kasar 17-18 %, lemak 5%, serat kasar 7 %, abu 6,2%, kalsium 0,8%, phospor 0,5% dan energi metabolisme 2.900 kkal/kg.

Untuk mencapai keberhasilan dalam pemeliharaan DOD bebek perlu diperhatikan masa krisis bagi bebek yaitu setelah menetas hingga memasuki masa produksi. Tahapan ini sangat penting karena jika tidak mendapatkan nutrisi yang optimal maka akan mengakibatkan perkembangan dan masa bertelur akan mengalami kemunduran. Di samping itu produktivitas telur juga akan mengalami penurunan. Namun jika nutrisi diberikan secara berlebihan dampaknya bebek akan mempunyai masa produksi yang lebih singkat. Untuk itu komposisi yang pas untuk memberikan pakan bebek jenis hibrida.

Bentuk kandang untuk bebek dengan ventilasi dan sanitasi yang baik

Selain faktor diatas ada beberapa faktor pendukung agar bebek jenis hibrida ini dapat dipanen pada umur 30 hari. Diantaranya adalah kandang. Kandang bebek hibrida ada 2 yaitu kandang untuk pemeliharaan DOD hingga umur 3 minggu dan kandang pembesaran hibrida. Bentuk kandang ada beberapa jenis yang dsesuaikan dengan tujuan pemeliharaan bebek. Ada kandang postal yang beralas sekam padi dan kapur untuk alas kandang, kandang panggung atau cage, kandang setengah terbuka atau ren dan kandang baterai. kandang untuk anakan sebaiknya cukup hangat, tidak basah atau lembab, tidak terkena angin yang kencang. Sedangkan kandang untuk pembesaran sebaiknya menghadap ke timur agar terkena sinar matahari secara langsung. Kandang yang langsung terkena sinar matahari akan terhindar dari kelembaban sehingga jamur tidak mudah tumbuh.

Kandang Sistem Postal Litter
Postal Litter
Kandang Panggung

 

 

 

 

 

 

kandang baterai

 

Pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit

Pengendalian terhadap penyakit :

Bebek jenis hibrida merupakan salah satu unggas yang lebih tahan terhadap penyakit. Stamina yang kuat mempunyai resiko yang lebih rendah untuk terjangkit penyakit. Namun demikian tetap dioptimalkan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit. Hal tersebut sangat penting mengingat stamina dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bebek. Bebek yang terkena penyakit mempunyai perlambatan untuk tumbuh dan berkembang.

Beberapa upaya pencegahan terhadap penyakit diantaranya:

  1. Kandang selalu dalam keadaan kering, tidak lembab dan terjaga kebersihannya
  2. Diusahakan agar kandang menghadap ke arah timur sehingga selalu terkena sinar matahari. kandang yang terkena sinar matahari akan selalu kering dan ayam yang dipelihara akan sehat karena jamur tidak tumbuh
  3. Kandang mempunyai ventilasi yang baik sehingga udara yang segar dapat masuk ke kandang
  4. Sanitasi di seluruh bagian kandang dan luar kandang.
  5. Pemberian vitamin untuk menunjang stamina tubuh
  6. Ayam diberikan vansinasi secara berkala untuk mencegah terkena penyakit.

Metode pemeliharaan yang digunakan peternak

Bebek yang dipelihara secara intensif mempunyai peluang perkembangan yang besar dibandingkan bebek yang dipelihara dengan cara semi intensif atau ekstensif (tradisional). Dengan pemeliharaan secara intensif peternak selalu memantau jenis dan jumlah pakan bebek. Untuk mendapatkan hasil yang optimal perlu pemberian konsentrat berkualitas yang diberikan dari bebek baru menetas hingga berumur 3 minggu. Setelah 3 minggu dapat diberikan bahan pakan tambahan. Di dalam kandang yang tertutup, energi ayam akan menjadi daging. hal tersebut berbeda kala pemeliharaan secara semi intensif dimana energi bebek akan banyak digunakan untuk bermain.

Pakan Konsentrat Itik-Bebek Petelur 144
Pakan Konsentrat Itik-Bebek Petelur 144

Untuk harga bebek hibrida sebenarnya lebih terjangkau daripada dengan bebek peking. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang harga hibrida. Karena harganya cukup terjangkau. Perbedaan bebek peking dan hibrida yaitu bebek peking dari impor sedangkan bebek jenis hibrida hasil dari persilangan.

Kami menyediakan DOD atau bibit bebek hibrida petelur, bebek peking dan bebek mojosari petelur dan dapat mengirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah di pulau Jawa maka pengiriman menggunakan kargo kereta api sedangkan untuk luar pulau Jawa maka pengiriman menggunakan kargo pesawat terbang.

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

harga bebek hibrida , bebek hibrida petelur , bebek hibrida super jumbo , pakan bebek hibrida , bebek hibrida adalah , kandang bebek hibrida , bebek peking, perbedaan bebek peking dan hibrida

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 9 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek Hibrida
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: