Untung Melejit Berkat Ternak Ayam JOPER | Simak Analisanya

Berbicara mengenai ayam joper tentu sudah tidak asing lagi bukan. Keberadaan ayam joper di tengah-tengah masyarakat ternya memiliki dampak yang bagus bagi pertumbuhan ekonomi.

Apa itu ayam joper ? Ayam joper dikenal sebagai ayam yang berasal dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina.

Dari hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam pedaging yang saat ini kita kenal sebagai ayam joper.

Banyaknya yang tertarik untuk memelihara ayam joper membuat pihak penetasan kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut | image 1
Banyaknya yang tertarik untuk memelihara ayam joper membuat pihak penetasan kewalahan untuk memenuhi permintaan tersebut | image 1

Adapun keunggulan-keunggulan dari hasil persilangan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Memiliki masa panen yang singkat hanya 60 hari panen dengan bobot mencapai 0,8 ons – 1 kg/ekor
  2. Ayam JOPER mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya
  3. Tahan terhadap serangan penyakit
  4. Citarasa daging yang gurih dan padat sama seperti ayam kampung asli

Baca juga :

Dikenal sebagai ayam kampung pedaging yang unggul dalam produktifitas dagingnya ayam joper mulai banyak dikembangbiakan oleh masyarakat.

Ayam joper dikenal memiliki masa panen yang cepat dibandingkan dengan ayam kampung asli. Karena masa panennya yang singkat, resiko kematiannya pun juga kecil.

Ayam JOPER banyak dipilih menjadi ayam kampung pedaging karena memiliki masa panen cepat hanya 60 hari dengan bobot 0,8 – 1 kg/ ekor. | image 2

Tingginya minat masyarakat akan kebutuhan sehari-hari terutama pada rumah-rumah makan membuat bisnis ternak ayam joper cocok untuk diterapkan.

Bisnis ternak ayam joper akan membawa keuntungan jika perawatan yang dilakukan peternak secara maksimal dan intensif.

Mari Ternak Ayam JOPER dan Nikmati Keuntungannya

Jika Anda sedang bingung mencari ide bisnis yang menjanjikan dengan modal yang minim, bisnis ternak ayam joper menjadi solusinya.

Dengan mengembangkan bisnis ternak ayam joper banyak keuntungan yang didapatkan, terutama pada masa pertumbuhannya yang cepat.

Salah satu usaha mandiri yang bisa di tekuni dan di coba di Cikarang yaitu usaha ternak ayam kampung pedaging | image 3

Jika pada ayam kampung asli membutuhkan waktu hingga enam bulan untuk mendapatkan hasil panen, tentu berbeda dengan ayam joper atau jowo super yang hanya membutuhkan masa panen 60 hari saja.

Untuk modal yang harus disiapkan pun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa bisnis ternak ayam joper dengan modal cukup rendah.

Namun perlu diingat bahwa untuk mengembangkan ternak ayam joper diperlukan ketekunan, ketelatenan dan disiplin agar hasil yang didapatkan maksimal.

Peternak harus lebih teliti lagi dalam menganalisa untung atau rugi yang akan di dapat | image 4

Analisa Ternak Ayam Joper Skala 100 Ekor

Berikut kami berikan contoh analisa untuk ternak ayam joper kapasitas 100 ekor agar memudahkan Anda dalam memperkirakan modal yang dikeluarkan.

NONama Jumlah Harga Satuan
(Rp)
Total
(Rp)
1DOC/ Bibit JOPER100 ekor5300530.000
2Pakan BR 14 karung350.0001.400.000
3Vaksin100.000100.000
4Vitamin36.00036.000
5Lampu Bohlam 5 buah4.00020.000
6Tempat Pakan & Minum150.000150.000
7Listrik50.00050.000
8TotalRp. 2.286.000

Pendapatan :

Harga jual daging ayam joper di pasaran kurang lebih Rp. 35.000/ kg
= 100 ekor daging ayam joper x Rp. 35.000/ kg
= Rp. 3.150.000

Dengan modal Rp. 2.286.000 akan mendapatkan untung Rp. 864.000.

Catatan : Biaya diatas belum termasuk dengan pembuatan kandang dan perlu diingat bawa harga-harga tersebut menyesuaikan dengan tiap daerah.

Jadi harga tersebut dapat berubah-ubah tergantung dengan wilayah peternak.

Agar mudah dalam proses ternak ayam joper, Anda juga bisa mempelajari “Panduan Singkat Beternak Ayam Joper” mulai dari usia 0 sampai panen.

Keunggulan Ternak Ayam JOPER | image 4

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ternak ayam joper, kami dari hobiternak.com menyediakan doc ayam joper usia baru saja menetas dan siap dikirim keseluruh wilayah Indonesia.

Untuk pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan ongkos kirim terjangkau.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam joper, panduan ternak ayam joper lengkap, cara pemesanan doc joper, cara pengiriman doc joper dan lain sebagainya hubungi nomor WA kami berikut ini :

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (12 votes)

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version