Kategori
Ayam Arab Telur Ayam Arab

8 Manfaat Tersembunyi Telur Ayam Arab

Telur Ayam Arab adalah telur yang dihasilkan oleh ayam arab petelur. Ayam arab petelur berasal dari persilangan ayam lokal dengan ayam brakel klier-silver dari Belgia. Corak yang dihasilkan oleh ayam arab sangat unik, dengan warna lurik hitam putih yang terdapat pada bulu tubuhnya. Ayam arab memiliki tubuh yang pendek, tingginya hanya sekitar 25-30 cm.

Telur memang menjadi suatu andalan dalam kebutuhan rumah tangga. Hampir setiap rumah pasti menyediakan telur untuk dikonsumsi. Dalam rumah tangga biasanya cara mengkonsumsi telur hanya digoreng karena dengan cara digoreng menjadi langkah yang praktis serta efisien dalam mengkonsumsi telur.

Ayam Arab dapat bertelur sekitar 300 butir per tahunnya. Hasil telur ayam arab ini bukan merupakan hasil yang sedikit. Ini akan sangat menguntungkan peternak ayam arab. Pasalnya telur ayam arab ini sangat laku dipasaran.

Harganya pun tidak kalah saing dengan harga telur ayam kampung. Malah di beberapa tempat telur ayam arab ini memiliki nilai harga yang lebih tinggi dibanding telur ayam kampung. Dan ayam arab ini termasuk tipe ayam petelur yang sangat baik dalam memproduksi telur.

Ayam Arab Indukan Dewasa Siap Produksi

Baca juga!

Warna cangkang pada telur ayam arab ini berwarna putih. Sedangkan pada ayam kampung warna cangkang nya putih kejinggaan. Volume kuning telur pada ayam arab ini lebih besar dan berwarna jingga terang, dibandingkan dengan kuningan telur ayam kampung yang lebih berwarna kuning . Berat telur ayam arab ini sekitar 40 – 45 gram. Rasa yang dihasilkan telur ayam arab ini lebih gurih dan manis serta tidak seamis dibandingkan telur ayam kampung.

Sebelum membahas manfaat telur ayam arab kita perlu mengetahui 3 jenis telur ayam yang terkenal di masyarakat.

3 Jenis Telur Ayam yang Terkenal di Masyarakat

1. Telur Ayam Ras

Saat ayam ras petelur di beri makan

Ayam Ras dapat disebut juga dengan ayam petelur. Ayam ras ini banyak dimanfaatkan telur nya bukan pada dagingnya. Telur yang dihasilkan ayam petelur ini berjumlah banyak dan bertelur secara terus menerus. Ayam betina ras ini banyak dipelihara untuk diambil telur nya. Banyak para peternak ayam ras ini bermunculan tetapi permintaan telur ayam ras ini semakin meningkat seiring dengan bertumbuhnya masyarakat.

Umumnya telur ayam ras ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat, harganya pun terjangkau. Cara mendapatkannya mudah, banyak tersedia di pasaran, warung – warung kecil dan di swalayan. Warna dari ayam ras ini berwarna coklat. Cangkang telur ayam ras ini dominan berwarna kecokelatan. Warna kuningan telur pun berwarna kuning terang.

2. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung – Telur segar langsung dari kadang ayam

Telur ayam kampung juga kaya akan nilai gizi dan asam amino yang tinggi. Kandungan gizi yang baik pada telur ayam kampung dihasilkan dari makanan yang dimakan oleh ayam kampung. Ayam kampung dalam mencari makan dengan dilepas ke alam liar, sehingga ayam kampung bisa mendapatkan makanannya secara alamiah.

Biasanya dalam mengkonsumsi telur ayam kampung ini, sebagian masyarakat mengkonsumsi nya adalah keadaan mentah. Masyarakat percaya bahwa dalam keadaan mentah kandungan gizi telur ayam kampung dapat menjadi khasiat obat serta menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

Ada cara unik sebagian masyarakat yang menganggap telur ayam kampung memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan dengan mengkonsumsi nya langsung dengan tidak di masak terlebih dahulu, caranya cukup mudah dengan hanya memisahkan kuningan telur dengan putih dan langsung ditelan. Bagi yang tidak suka dengan bau amisnya dapat pula dicampurkan dengan sedikit obat – obatan herbal atau madu.

Harga telur ayam kampung yang ada di pasaran cukup terjangkau, kisaran Rp. 3000 – Rp. 4000 ribu kita sudah mendapatkan satu butir telur ayam kampung.

3. Telur Ayam Arab

Telur Ayam Arab Siap di Lepas ke Pasar

Bila di lihat dari bentuk nya sekilas telur ayam arab ini memang mirip sekali dengan telur ayam kampung. Dari besaran dan warna telur nya bila di sanding kan akan nampak sama.

Harga telur ayam arab yang ada di pasaran kisaran sekitar Rp. 3000 – 5.500 setiap butirnya. Tentunya ini akan membuat peternak ayam arab semakin gencar dalam meningkatkan produktivitas telur – telur ayam arab.

Dan berikut mari kita simak 8 manfaat telur ayam arab….

8 Manfaat Tersembunyi Telur Ayam Arab

  1. Mengurangi resiko anemia.

    Kandungan zat besi nya yang cukup tinggi membantu mencukupi tubuh manusia. Bagi yang mengidap anemia atau ingin mencegah dari penyakit anemia bisa mengkonsumsi telur ayam arab dengan rutin. Anda bisa membuat variasi dengan cara memasak nya misal dengan di rebus, di goreng telur mata sapi atau di buat ommelet dengan campuran keju daging dan sayuran. Bisa juga anda bereksperimen dengan resep makanan lain yang menggunakan bahan telur kemudian telur nya menggunakan telur ayam arab ini.

  2. Bagus untuk kesehatan mata.

    Banyak yang mengira wortel paling bagus untuk kesehatan mata walaupun tidak sepenuhnya salah tapi ternyata selain wortel oleh para ahli telur juga disebut-sebut sebagai bahan makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Di dalam telur ayam arab ini mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin serta tentu saja Vitamin A yang yang sangat baik untuk kesehatan mata dan usia pertumbuhan memerlukan nutrisi ini.Riset yang dilakukan para ilmuwan di Australia ini menyebut orang-orang yang rutin makan 2-4 butir telur tiap pekan memiliki risiko 49 persen lebih rendah untuk mengalami Age-related Macular Degeneration atau salah satu ganguan pada mata yang biasa muncul di usia 50 tahun keatas.

  3. Mencegah resiko jantung dan stroke.

    Kandungan Omega 3 dalam telur ini sudah sangat populer untuk menekan resiko serangan jantung dan stroke. Dari berbagai penelitian mengkonsumsi telur ayam 1 butir perhari mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke sebanyak.Disebutkan bahwa mengkonsumsi telur setiap hari bisa menekan 11% resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan 18% risiko kematian lebih rendah akibat penyakit jantung. Selain itu risiko 10% lebih rendah untuk terkena stroke gumpalan (iskemik) dan 26% lebih rendah untuk terkena stroke perdarahan (hemoragik).

  4. Kandungan protein yang tinggi.

    Bagi anak dengan usia masa pertumbuhan perlu mendapatkan asupan protein yang cukup selain itu untuk yang sedang menjalani terapi setelah sembuh dari sakit protein merupakan bahan yang penting dalam masa penyembuhan.

    Kandungan protein dalam telur ayam arab bisa mencapai sekitar 6 – 7 gram dalam setiap butir nya. Dan anggapan yang salah kadang di masyarakat mengira bahwa kandungan protein hanya di kuning telur ayam saja namun sebenarnya protein juga ada di dalam putih telur nya. Jadi mulai sekarang jika makan telur jangan buang putih nya agar tidak berkurang kadar protein yang akan kita konsumsi.

  5. Baik untuk kesehatan otak.

    Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam telur ini tentu saja di butuhkan agar otak kita senantiasa dalam kondisi yang baik. Banyak dokter serta ahli gizi yang menyampaikan bahwa telur ayam ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

    Namun, tentu saja dengan melatih otak dengan banyak membaca serta ber olah raga secara teratur akan membuat otak kita akan bekerja dengan baik yang membuat daya ingat tetap cemerlang.

  6. Menjaga daya tahan tubuh.

    Fungsi protein serta nutrisi baik lainnya yang ada di dalam kandungan telur membuat sistem imun dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Kita bisa mengkombinasikan telur dengan sayuran yang memiliki banyak variasi dalam pengolahnya.Penambahan sayuran dalam mengkonsumsi telur tentu saja membuat telur menjadi lebih kaya nutrisi serta tumbuh semakin kuat karena imun dalam tubuh kita ter suplai dengan gizi yang optimal.

  7. Kaya vitamin.

    Ada banyak vitamin yang terkandung dalam telur ini. Vitamin A, B2, B5, B12, C dan E semuanya itu ada dalam kandungan telur ini. Maka sudah sepantasnya bila disebut telur yang kaya vitamin.

    Dengan harga yang terjangkau telur ayam arab ini mampu memberikan vitamin yang cukup berlimpah bagi tubuh kita.

  8. Cocok untuk bayi atau bagi siapa saja alergi telur.

    Salah satu kelebihan terpenting yang dimiliki oleh telur ayam arab adalah tidak dapat menyebabkan alergi. Jadi telur ayam arab ini sangat aman bila dikonsumsi untuk bayi atau bagi siapa saja yang memiliki alergi dengan telur ayam. Namun sebelum mencobanya Anda perlu mengkomunikasikan dengan dokter karena hasil dari setiap orang bisa berbeda.

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Arab di tempat kami menyediakan bibit Ayam Arab. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

 

Kata terkait :
telur ayam arab,harga telur ayam arab,telur ayam arab untuk bayi,telur ayam kampung harga,telur ayam negeri,telur ayam ras

5 / 5 ( 27 votes )

Image Sources :

  • Ayam makan: dailypost.ng
  • Image 2: python-belajar.github.io
  • thumbnail: contohternak.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.