Solusi Mencapai Keseragaman Bobot Ayam Pedaging

Mencapai target bobot pada saat panen merupakan salah satu keinginan bagi setiap peternak. Bagaimana tidak?, Bobot ayam sangat berpengaruh terhadap produktivitasnya. Ketidakseragaman ayam dan ketidak optimalan pertumbuhan dapat berdampak terhadap masa panen ayam pedaging dan dapat mengganggu produktivitas ayam petelur. Tercapainya bobot yang seragam menandakan bahwa untuk fisik atau organ bagian dalam, pencernaan, dan pernapasan dalam kondisi baik. 

Namun, tidak jarang ketidakseragaman bobot ayam masih sering terjadi. Tingkat keseragaman bisa dikatakan seimbang/normal jika bobot mencapai ≥ 80%. Dari tingkat keseragaman tersebut, dapat disimpulkan dalam satu kandang bisa menghasilkan bobot yang seragam dengan toleransi ± 10% dari standar.  Sebagai contoh untuk ayam kampung super, jika pada usia 21 hari standar bobot yang dihasilkan 150 gram, hal tersebut artinya tingkat keseragaman ayam akan lebih baik apabila dalam 80% dari total ayam di kandang menghasilkan bobot antara 100-150 gr ( ± 10% dari standar 150 gr).

Promo JOPER NEW - Ayam kampung Super 1
Solusi Mencapai Keseragaman Bobot Ayam Pedaging | cover
Solusi Mencapai Keseragaman Bobot Ayam Pedaging | cover

Bagaimana Cara Mencapai Keseragaman Bobot Ayam ? 

Untuk mencapai bobot yang seragam, peternak dapat memperhatikan dari segi pemberian pakan dan pemeliharaannya. Pakan yang diberikan pada ayam bisa disesuaikan dengan kebutuhan ayam setiap harinya. Serta memperhatikan cara pemberiannya, sehingga kemampuan ayam untuk makan dan minum bisa seragam. Pemberian pakan yang tidak merata, bisa menyebabkan bobot ayam lebih besar atau melebihi standar. Sehingga ayam dengan bobot kecil akan tertinggal dan tersingkirkan. 

Kasus ayam dengan bobot badan di bawah standar (Slow Growth) akan lebih banyak ditemukan pada puncak musim penghujan, puncak musim kemarau, atau pada musim pancaroba yaitu pergantian antara musim kemarau ke penghujan atau dari musim kemarau ke penghujan (Fadilah, 2013). 

Cara mengatasi ketidakseragaman bobot ayam, dapat diperhatikan dengan  langkah-langkah berikut ini :

1. Pemberian ransum pakan pada ayam starter yang berkualitas dan ditambah premix yang mengandung multivitamin, asam amino, dan mineral. Contoh premix, seperti  Mix Plus Bro dan PM Mix Water Application. Dapat membantu memacu pertumbuhan ayam dengan optimal.
2. Pemberian Multivitamin bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contoh, Fortevit atau Neobro.
3. Untuk pencegahan dan pengobatan infeksi terhadap penyakit dapat diberikan antibiotik. 
4. Dengan bobot ayam 0,9 – 1 kg sudah dapat dipanen/ dijual.

DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | image 1
DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | image 1

Apabila keseragaman ayam rendah (<80%), dan ditemukan bobot badan berada diluar rentang standar. Maka pisahkan ayam, dan untuk kelompok bobot ayam yang sudah tertinggal jauh (<40% dari bobot standar), ayam bisa diafkirkan/ tidak dipelihara kembali. Namun, bobot badan yang tidak terlalu jauh dari bobot standar bisa diperlakukan dengan langkah-langkah diatas.  

Pemeliharaan untuk mencapai keseragam ayam, perlu memperhatikan dalam pemilihan DOC (Day Old Chick) yang berkualitas, penangan pada saat masa brooding, dan memberikan suplemen pada fase brooding yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Selain itu kepadatan populasi ayam juga harus disesuaikan. Adapun untuk tabel kepadatan ayam pedaging adalah sebagai berikut ini : 

Umur (hari) Kepadatan (ekor/m2)
1 – 2 50 – 60
4 – 7 40 – 50
8 – 14 30 – 40
15 – 21 20 – 30
22 – 28 15 – 20
> 28 8 – 15

1. Memperhatikan Sirkulasi Kandang 

Kandang dengan sirkulasi yang baik, membantu ayam tidak mudah terserang penyakit. Karena manajemen sirkulasi udara yang kurang dapat meningkatkan resiko penyakit pernapasan pada ayam. Di Indonesia terdapat 2 tipe kandang yaitu, kandang terbuka dan kandang tertutup. Pengaturan sirkulasi udara pada kandang terbuka dan tertutup berbeda. Untuk sistem kandang terbuka sirkulasi udara lebih mengandalkan buka dan tutup tirai, sedangkan untuk kandang tertutup menggunakan sistem tunnel, sistem tersebut menarik udara segar melalui kipas pada ujung lorong kandang. Fungsi dari kipas sistem tunnel yaitu menyedot udara segar dan sekaligus membuang udara pengap dari dalam kandang.

Perbedaan Kandang Terbuka dan Tertutup | image 2
Perbedaan Kandang Terbuka dan Tertutup | image 2

2. Mengontrol Suhu dan Kelembaban di dalam Kandang 

Suhu dan kelembaban perlu dikontrol secara rutin, karena pertumbuhan ayam cukup berpengaruh terhadap keseragaman bobot ayam. Suhu yang nyaman untuk DOC ayam 29-33℃ dengan kelembaban 40-60%, untuk ayam dewasa suhu yang dibutuhkan sekitar 25-28℃ dan dengan kelembaban 60-70%. Kebersihan kandang menjadi kunci utama dalam pemeliharaan. Kandang yang bersih bisa meminimalkan resiko bibit penyakit. Pembersihan dengan desinfeksi bisa dilakukan setiap 1 minggu sekali. Pembersihan tempat ransum pakan dan air minum setiap hari harus dilakukan.  

3. Jadwal Pemberian Pakan yang Tepat 

Pemberian pakan dengan tepat waktu bisa dijadwalkan secara berkala. Dengan memperhatikan kandungan ransum pakan yang bernutrisi dan berkualitas. Pencahayaan juga menjadi salah satu faktor utama dalam pertumbuhan ayam. Pada malam pencahayaan bisa dioptimalkan, agar ayam masih bisa beraktivitas makan.

Voer merupakan pakan butiran yang sangat baik untuk pertumbuhan ayam petelur. Usahakan agar peternak dapat memberikan pakan voer khusus dengan jenis ayam yang diternakan | image 3
Voer merupakan pakan butiran yang sangat baik untuk pertumbuhan ayam petelur. Usahakan agar peternak dapat memberikan pakan voer khusus dengan jenis ayam yang diternakan | image 3

4. Melakukan Vaksinisasi

Vaksinasi pada ayam bisa dilakukan dengan jadwal yang sudah ditentukan, dalam hal ini peternak mempunyai perbedaan waktu dalam  pelaksanaannya. Dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya, pastikan sebelum di vaksin kondisi ayam dalam keadaan baik/ sehat. Kesalahan dalam pelaksanaan dan pemilihan vaksin dapat menyebabkan efek negatif terhadap DOC. Akibatnya akan timbul gejala seperti ayam tidak mau makan dan minum, daya tahan tubuh/ kekebalan tubuh ayam menurun dan tidak jarang akan menimbulkan penyakit yang lebih parah. 

5. Mengontrol Kesehatan Ayam 

Pemeriksa ayam secara rutin untuk bisa mengetahui lebih awal jika terdapat ayam yang sakit, dan bisa langsung dipisahkan. Agar langsung mendapatkan penangan. Dengan menerapkan manajemen pemeliharaan yang baik dan ketelatenan, peternakan akan dapat hasilkan yang diinginkan. Semoga untuk informasi yang kami sampaikan di atas dapat memberikan manfaat bagi para peternakan di Indonesia.

Bagaimana cukup lengkap bukan beberapa penjelasan kami diatas. Nah untuk menjaga agar keseragaman ayam dapat terjamin maka peternak perlu memerhatikan beberapa point diatas. Hal ini dilakukan agar peternak mendapatkan hasil panen yang maksimal serta keuntungan yangdidapatkannya pun juga tinggi. 

Nah bagaimana Anda tentu tertarik bukan untuk mengembangkan usaha ternak ayam pedaging ini. Untuk mendapatkan bibit ayam pedaging bisa dipesan ditempat kami. Kami menyediakan berbagai jenis ayam pedaging diantaranya, ayam kampung super (joper), ayam kampung asli, ayam kampung silangan, ayam broiler, ayam pejantan, ayam unggulan balitnak, dan ayam sentul.

Untuk pengiriman kami siap mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan dengan harga terjangkau. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk infomasi lebih lengkap mengenai daftar harga, cara pengiriman, cara pemesanan dan layanan konsultasi gratis : 

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Kata terkait : umur ayam, pakan ayam joper agar cepat besar, kebutuhan pakan ayam joper per hari , kebutuhan pakan ayam per hari , ayam joper, ayam kampung super, doc joper

Image Sources :

  • cover: hobiternak.com
  • image 1: Owned by the author
  • image 2: kaskus.co.id
  • Image 1: Pinterest.com
ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: