Kelinci Jawa

Perlu Kita Ketahui 2 Jenis Kelinci Asli Indonesia

Perlu Kita Ketahui 2 Jenis Kelinci Asli Indonesia

Indonesia memiliki beragam fauna yang memang berasal asli dari Indonesia, akan tetapi ada juga beberapa fauna yang memang sengaja di import dari manca negara, meskipun begitu fauna asli Indonesia juga tidak kalah indahnya dan harus kita lestarikan jangan sampai punah.

Pada awalnya kelinci memang pertama kali  muncul di negara Belanda dan jumlah populasi terbanyak pun memang berasal dari luar negeri akan tetapi di Indonesia  juga ditemukan beberapa kelinci yang asli berasal dari Indonesia. Kelinci tersebut berasal dari 2 pulau berbeda yang ada di Indonesia.

Kelinci Polish

Kelinci Polish

Jenis kelinci apa saja yang terdapat di Indonesia?

Berikut 2 jenis kelinci asli Indonesia

  1. Kelinci Jawa

Kelinci jawa adalah kelinci lokal yang berasal dari daerah Jawa Barat. Habitatnya berada di dataran tinggi berbatu. Untuk beratnya kelinci jawa bisa mencapai 6 kg, panjangnya sekitar 4o cm. Pada umumnya kelinci jawa memiliki warna bulu coklat kekuningan seperti kelabu. Kelinci ini dapat bertahan hidup 5-10 tahun. Dalam setahun kelinci jawa ini bisa hamil sampai 7 kali, dengan jumlah anak sekitar 6-8 ekor.

Kelinci Jawa

Kelinci Jawa

  1. Kelinci Sumatera

Kelinci sumatera juga banyak dikenal dengan sebutan kelinci belang sumatera. Kelinci ini adalah jenis kelinci liar yang hanya dapat ditemukan di hutan tropis di pegunungan Bukit Barisan di pulau Sumatera. Karena biasa hidup secara liar kelinci sumatera makanannya yaitu dedaunan yang biasa berasal dari tanaman pendek yang mudah dijangkau, namun ada juga memeliharanya biasanya para peternak akan memberikan pakan berupa buah-buahan atau biji-bijian. Tipe hewan ini suka menempati tempat yang biasanya bekas dari hewan lain. Memiliki cirikhas bulu yang bergaris-garis coklat dengan kaki berwarna merah dan pada perut bagian bawah berwarna, panjang kelinci sumatera ini bisa mencapai 40 cm.

Itulah dua jenis kelinci yang memang asli berasal dari Indonesia, keindahannya juga tidak kalah dengan kelinci-kelinci yang berasal dari manca negara. Namun keberadaan kelinci Indonesia ini sudah semakin punah akibat perburuan liar ataupun penyalahgunaan hutan untuk keperluan individu, tentunya hal itu akan mengganggu kelangsungan hidupnya yang mengakibatkan populasinya semakin menurun. Sudah seharusnya kita menjaga kelestariannya, jangan sampai ulah kita sendiri akan merugikan berbagai pihak.

Fuzzy Lop Albino

Fuzzy Lop Albino

Di jualayamhias.com menyediakan kelinci dengan berbagai jenisnya, untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888 

 

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Kelinci Indonesia, Kelinci Lokal, Populasi Kelinci, Jenis Kelinci Indonesia , Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak  Kelinci Hias, Jual Kelinci, Harga Kelinci

 

 

Leave a Reply