Perbedaan Bekatul dan Dedak di Lihat dari Fisik serta Kandungan Nutriennya

Perbedaan Bekatul dan Dedak – Bagi peternak ayam mungkin pakan sudah suatu hal yang familiar dan tidak asing lagi bagi mereka. Pakan digunakan untuk memenuhi kebetuhan nutrisi bagi ayam. Ada berbagai jenis pakan ternak yang bisa digunakan. Contohnya seperti konsentrat, jagung, bekatul, dedak dan masih banyak lagi jenis lainnya. Kalau jagung dan konsentrat tentu mudah untuk di bedakan. Namun kalau bekatul dan dedak, bagi para peternak pemula maupun orang awam, bekatul dan dedak masih belum banyak yang tahu bagaiman membedakannya.

Perbedaan Bekatul dan Dedak di Lihat dari Fisik serta Kandungan Nutriennya | thumbnail
Perbedaan Bekatul dan Dedak di Lihat dari Fisik serta Kandungan Nutriennya | thumbnail

Cukup banyak orang yang beranggapan bahwa bekatul dan dedak itu 2 jenis pakan yang sama. Padahal itu 2 jenis yang berbeda, meskipun keduanya berasal dari hasil penggilingan padi yang sama. 

Promo JOPER NEW

Penggilingan padi akan menghasilkan beras sekitar 65% dan limbah yang dihasilkan yaitu 35%, yang terdiri dari sekam 23%, dedak & bekatul 10%, dan yang lainnya kotoran.

Bekatul adalah hasil dari penggilingan padi yang terdiri dari lapisan dalam butiran beras. Sedangkan dedak adalah hasil dari penggilingan padi pada bagian lapisan luar butiran beras dan lembaga beras. Kalau di tempat penggilingan Indonesia, biasanya dedak dihasilkan dari penyosohan yang pertama, dan bekatul pada penyosohan kedua.

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah itu bekatul atau dedak???

Berikut perbedaan bekatul dan dedak dilihat secara fisik | Image 1
Berikut perbedaan bekatul dan dedak dilihat secara fisik | Image 1

Berikut adalah perbedaan bekatul dan dedak :

  1. Saat bekatul di rendam, maka semuanya akan otomatis tenggelam, sedangkan dedak tidak semua terendam, jadi ada bagian kulit yang akan terapung.
  2. Tekstur dari bekatul yaitu halus, sedangkan dedak biasanya terdapat kulit atau ramput padi yang masih ada jadi agak kasar.
  3. Harga jual bekatul lebih tinggi dari dedak. Biasanya selisih harganya sekitar 500-1000 rupiah.
  4. Kandungan serat kasar yang terdapat pada dedak padi lebih tinggi dibandingkan dengan bekatul.

Perbedaan Kandungan Nutrien pada bekatul dan dedak :

  1. Kandungan gizi yang terkandung pada bekatul dan dedak lebih tinggi daripada endosperma (beras).
  2. Dedak padi memiliki kandungan karbohidrat utama diantaranya hemiselulosa, selulosa, pati dan B-Glucan
  3. Tiga asam lemak yang terkandung dalam bekatul dan dedak yaitu palmitat, oleat dan linoleat. Minyak dedak mentah mengandung 3-4 persen wax dan sekitar 4 persen lippid tak tersaponifikasi. Antioksidan potensial seperti oryzanol dan vitamin E juga ditemukan dalam beras, dedak dan bekatul kaya vitamin B komplek. Komponen mineralnya diantaranya alumunium, besi, kalsium magnesiaum, fosfor, seng dan mangan.

Itu dia perbedaan antara pakan bekatul dan dedak. Lalu jika masih sulit membedakan Anda bisa menggunakan cara di bawah ini. Yaitu tips membeli bekatun dan dedak. 

Ada beberapa tips membeli bekatul dan dedak supaya tidak salah | Image 2
Ada beberapa tips membeli bekatul dan dedak supaya tidak salah | Image 2

Baca juga : Tipe Kandang Ayam JOPER Sederhana dari Usia DOC – Panen

Tips membeli bekatul atau dedak supaya tidak salah :

  1. Belilah ditempat yang menurut Anda sudah terpercaya menjual bekatul dan dedak yang berkualitas
  2. Mencari informasi harga pasaran yang standar, jika ada penjual yang menawarkan harga rendah maka Anda patut mencurigai apakah bekatul atau dedak tersebut berkualitas atua tidak.
  3. Kesalahan memilih bekatul atau dedak dapat mempengaruhi kandungan pakan yang akan di ransum. Jadi sebisa mungkin harus teliti dalam memilih.
  4. Anda juga bisa mengujinya di laboratorium untuk mengetahui nutriennya. 

Pakan memanglah hal yang sangat penting dan utama untuk kelangsungan hidup si ayam. Pakan yang berkualitas membuat ayam bisa tumbuh dan berkembang biak dengan bagus. Setelah mengetahui perbedaan pakan dedak dan bekatul. Berikut akan kami jelaskan pula cara atau tips memberikan pakan ke ayam. 

Tips memberikan pakan ayam

Ada beberapa tips memberikan pakan untuk ayam supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini sangat penting jika mau ternak ayam Anda bisa sukses dan dipanen dengan bobot yang memuaskan. Pemberian pakan yang salah akan menyebabkan ayam menjadi tidak berselara dan bisa juga lebih memilih untuk mencari makan sendiri.

Memberikan pakan ke ayam perlu adanya trik supaya tidak berpengaruh negatif ke ayam yang diternakan | Image 3
Memberikan pakan ke ayam perlu adanya trik supaya tidak berpengaruh negatif ke ayam yang diternakan | Image 3

Baca juga : Jadwal Pemberian Pakan Ayam Joper Agar Mencapai Bobot Maksimal

Berikut adalah tips pemberian pakan yang baik :

1. Berikan pakan secara teratur

Berikanlah pakan ayam 2-3 kali sehari. Misal pagi, siang dan malam atau pagi dan malam. Hindari pemberian pakan secara tidak konsisten. Karena akan mengganggu pertumbuhan ayam. Contoh pemberian pakan yang tidak konsisten yaitu, misal hari ini di beri makan 2 kali sehari, besok 3 kali sehari, lalu hari selanjutnya 2 kali sehari lagi. 

2. Hindari pemberian pakan yang tidak tenang

Maksud dari pemberian pakan yang tidak tenang yaitu peternak memberikan pakan ke ayam dengan di lempar. Memberi pakan dengan di lempar akan membuat ayam menjadi stress dan bisa juga menyerang peternak. Maka dari itu peternak lebih baik memberikan pakan secara pelan-pelan dan tenang.

3. Jika peternak sedang sakit, maka hindari kontak langsung dengan ayam

Jika Anda dalam keadaan sakit, maka hindari kontak langsung dengan ayam. Atau bisa gunakan masker atau sarung tangan saat berada di kandang. Ini bertujuan untuk mencegah penyakit Anda tertular ke ayam. Karena, jika ada satu ayam yang tertular, ayam lain juga akan mudah untuk terjangkit.

4. Memperhatikan kondisi ayam

Sebelum pakan diberikan, peternak perlu memperhatikan kondisi perut ayam. Jika perut sudah mengembung maka jangan sekali-kali diberikan pakan lagi, karena ayam yang terlalu gemuk justru tidak disukai oleh kosumen. Jadi peternak perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Jika Anda sedang mencari DOC atau bibit ayam, kari dari hobiternak.com menyediakan. Kami jual DOC pedaging dan petelur siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman aman dan terpercaya menggunakan kargo hewan. Silahkan hubungi nomor di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

XL:
0819-3140-9353

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait : 
dedak, bekatul, pakan ayam, perbedaan bekatul dan dedak, dedak padi, ternak ayam, pakan ternak, DOC, bibit ayam, jual DOC

Image Sources :

  • thumbnail: sehatq.com
  • Image 1: pakanternak.fapet.ugm.ac.id
  • Image 2: tukangreview.com
  • image 1: organicfeeds.com
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: