DOD Bebek Peking

Penanganan Pasca Panen Terhadap Produksi Telur Bebek

Penanganan Pasca Panen Terhadap Produksi Telur Bebek

Bebek merupakan salah satu unggas yang mempunyai potensi menghasilkan telur dengan jumlah yang cukup banyak. Penanganan pasca panen terhadap produksi telur cukup penting untuk dilakukan, dari jenis bebek petelur yang menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak diantaranya Bebek Mojosari yang mampu menghasilkan telur sekitar 200-220 butir/ ekor/ tahun. Ada juga jenis bebek lain yaitu, Bebek Alabio yang mampu menghasilkan telur dengan jumlah 200-250 butir/ ekor/ tahun dan Bebek Khaki Champbell dengan produksi telur sekitar 280 butir/ ekor/ tahun.

penanganan pasca panen

Bebek Lokal Mojosari

Dengan produksi telur yang cukup banyak tentu diperlukan penanganan yang tepat. Telur bebek pada umumnya dijadikan telur tetas dan telur produksi. Untuk itu sebelum dijadikan telur konsumsi umumnya peternak menyortir telur yang bisa dijadikan telur tetas. Telur yang tidak mendapat perlakuan yang tepat maka hanya bisa bertahan sekitar 14 hari saja.

Bagaimana penanganan telur pasca panen ?

Penanganan pasca panen terhadap telur:

  1. Pengumpulan telur dari kandang yang diletakkan dalam atau kontainer dan dimasukkan dalam tempat penampungan.

  2. Pembersihan Telur yang disimpan di dalam tempat penampungan perlu dibersihkan dengan cara kering. Cara pembersihannya cukup mudah dengan mencampurkan air hangat yang ber Ph-4 dengan detergen cair sekitar 2-3 tetes dengan 10 liter. Telur yang telah dibersihkan lalu ditiriskan di tempat yang kering.

  3. Pemisahan telur/ penyortiran. Telur yang telah dibersihkan lalu dipisahkan atau disortir untuk memisahkan antara telur yang retak, pecah atau bentuknya yang abnormal. Telur tetas yang baik mempunyai ciri tidak retak atau pecah, kulit telur tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, bentuknya tidak terlalu lonjong atau terlalu bulat dengan berat telur yang standar. Telur yang tidak memenuhi syarat dijadikan telur konsumsi.

  4. Pengemasan telur. Telur yang telah disortir lalu dikemas sesuai standar.

    Telur DOD Bebek

    Telur Bebek

  5. Pemasaran. Telur diangkut ke tempat pemasaran.

Disamping penanganan pasca panen telur segar, kita perlu melakukan pengawetan. Tujuan pengawetan yaitu mencegah bakteri pembusuk masuk ke dalam telur dan mencegah air ke dalam telur. Ada 5 cara pengawetan telur bebek yaitu:

  1. Pengawetan dengan air hangat. Cara ini dapat meningkatkan daya simpan hingga 20 hari.

  2. Pengawetan dengan menggunakan daun jambu biji. Perendaman dengan menggunakan daun jambu biji dapat meningkatkan daya tahan telur menjadi 1 bulan. Telur yang telah diawetkan berubah menjadi kecoklatan.

  3. Pengawetan dengan natrium silikat. Caranya dengan merendam telur di dalam larutan natrium silikat selama 1 bulan. Dengan cara ini telur dapat bertahan hingga 1,5 bulan.

  4. Pengawetan dengan menggunakan air garam. Caranya dengan merendam telur dalam air garam dengan konsentrasi sekitar 25-40% selama 3 minggu.

  5. Di samping itu pengawetan bisa menggunakan minyak kelapa. Cara ini sangat praktis karena tidak membuat rasa telur berubah rasa dan warna.

Cara pengawetan yang paling praktis dengan cara dicelupkan ke dalam minyak kelapa. Untuk proses pembuatannya cukup mudah yaitu:

  1. Persiapkan telur bebek sebanyak 20 butir dan minyak kelapa sebanyak 1/8 liter.

  2. Minyak kelapa lalu dipanaskan hingga mendidih. Lalu minyak tersebut kita diamkan hingga dingin.

  3. Telur kita celupkan satu per satu ke dalam minyak kelapa yang telah dingin lalu tiriskan.

  4. Letakkan pada rak telur.

Demikian penanganan pasca panen terhadap produk telur bebek. Penanganan telur yang tepat akan mengoptimalkan daya tahan dan daya tetas telur. Jika penanganan kurang optimal maka telur hanya dapat bertahan dalam jangka waktu 12 hari.

Baca juga artikel kami:
4 hal yang perlu dipersiapkan dalam beternak bebek petelur.

Kami menyediakan DOD/ bibit bebek petelur dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:

Ternak bebek intensif, harga jual bebek mojosari, pemeliharaan bebek Alabio, bebek petelur, bebek yang potensial sebagai pedaging dan petelur, pakan bebek, bebek champbell, bebek lokal. *ok

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply