Tak lama lagi ternyata kita akan kembali menjumpai hari yang tiap tahunnya menjadi salah satu perayaan yang besar bagi umat Muslim. Hari apakah itu??? Hari Raya Qurban (Idul Adha). Kita pasti tidak asing dengan hari yang satu ini. Hari Raya Qurban yaitu hari di mana umat Muslim melaksanakan sunnah yang di perintahkan oleh Allah SWT untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli hewan qurban (bagi yang mampu).

Sejarah Hari Raya Qurban

Dahulu Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail melalui mimpinya. Dengan keteguhan hati karena saking cintanya Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, beliau memberitahukan hal tersebut kepada anaknya. Dan tidak di sangka ternyata Ismail pun mengamini atau mengiyakan perintah tersebut. Saat hari penyembelihan, tiba-tiba Ismail di gantikan oleh seekor domba. Dan Ismail berada di samping dan duduk di dekat Nabi Ibrahim. Dan sejak itulah hari tersebut di namakan Hari Raya Qurban. 

Perayaan Hari Raya Qurban - Kambing yang akan di sembelih untuk di qurbankan

Perayaan Hari Raya Qurban – Kambing yang akan di sembelih untuk di qurbankan

Berbicara mengenai Hari Raya Qurban, tentunya banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan contohnya ternak kambing atau domba. 

Usaha beternak kambing atau domba sebelum datangnya hari raya idul adha atau idul qurban sangat menguntungkan bagi peternak. Pasalnya harga jual kambing atau domba saat mendekati idul adha akan melonjak tinggi. Masyarakat Indonesia khususnya kaum muslim, berlomba-lomba untuk mencari kambing atau domba untuk mereka qurbankan sesuai sunnah yang di perintahkan oleh Allah SWT.

Bagi peternak kambing dan domba, momentum Idul Adha ini sangat menguntungkan dan sayang kalau di lewatkan. Biasanya sebelum Hari Raya Qurban tiba, banyak dari peternak yang memajang kambing atau domba peliharaannya untuk di jual sebagai hewan qurban.

Harga yang di tawarkan pun berbeda-beda. Biasanya semakin besar postur tubuh si kambing maka harganya juga semakin tinggi.

Melihat peluang beternak kambing menjelang hari raya qurban

Melihat peluang beternak kambing menjelang hari raya qurban

Saat ini orang-orang yang beternak kambing tidak hanya yang ada di pedesaan saja, banyak di wilayah perkotaan yang mencoba untuk beternak kambing karena tertarik dengan keuntungan yang di peroleh.

Berwirausaha ternak kambing bisa menjadi salah satu usaha yang highclass jika melakukannya dengan ulet dan bersungguh-sungguh. Sudah banyak terbukti, orang yang dulu beternak kambing dengan skala kecil atau beternak 1 atau 2 ekor saja, saat ini sudah memiliki berpuluh-puluh ekor kambing yang semakin hari semakin meningkat dan sukses.

Memang butuh proses yang panjang jika ingin menjadi peternak yang sukses.

Baca juga : 

Biasanya peternak yang ingin mengambil peluang saat bulan Idul Adha, mereka jauh-jauh hari sudah mempersiapkan kambing yang akan mereka jual. Contohnya, peternak membeli kambing yang berusia masih muda lalu di kembangbiakkan sendiri sampai beranak banyak dan tumbuh besar lalu mereka jual saat menjelang hari raya Idul Adha.

Kambing Kacang termasuk jenis kambing yang bisa di jadikan sebagai hewan qurban

Kambing Kacang termasuk jenis kambing yang bisa di jadikan sebagai hewan qurban

Ada beberapa kambing yang bisa di gunakan untuk hewan qurban. Contohnya seperti kambing jawarandu, kacang, etawa, boer, muara, gembrong, kosta, PE (peranakan etawa), marica, saanen dan lain sebagainya. 

Ketentuan dan syarat-syarat kambing qurban :

1. Kondisi kambing

Pastikan kambing yang akan kita jual atau beli terbebas dari penyakit atau cacat. Cacat yang dimaksud yaitu terlihat pincang, terlihat buta sebelah, sangat kurus, tidak memiliki sum-sum tulang atau mempunyai sakit yang tidak jelas. 

2. Usia kambing

Sesuai syariat, kambing yang sudah boleh menjadi hewan qurban yaitu yang sudah berusia 1 tahun masuk tahun ke 2. Sedangkan untuk domba, sudah berusia 6 bulan masuk bulan ke tujuh.

3. Kepemilikan hewan qurban

Maksudnya adalah kambing tersebut milik sendiri dan sudah di rawat sejak kecil atau di beli dari orang lain atau penjual dengan cara yang resmi melalui jual beli yang benar. Hewan qurban yang tidak sah yaitu jika hewan tersebut di dapatkan dari hasil curian atau rampokan.

Baca juga :

Ada beberapa jenis kambing yang bisa di gunakan untuk berqurban

Ada beberapa jenis kambing yang bisa di gunakan untuk berqurban

Naa, semoga informasi tersebut bermanfaat. Dan jika Anda masih bingung mau cari kambing untuk di ternak atau sebagai hewan qurban, silahkan bisa menghubungi kami. Untuk info lebih lengkap silahkan bisa langsung hubungi nomor layanan pelanggan kami dibawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
kambing, domba, ternak kambing, ternak domba, jual kambing, jual domba, kambing, kambing indonesia, kambing qurban, kambing kacang, kambing peranakan etawa


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: