Penanganan Pasca Panen Telur Ayam kampung Super

Ayam Kampung Super disamping untuk dijadikan pedaging juga dapat dijadikan ayam petelur.

Permintaan telur ayam kampung super relatif cukup stabil dikalangan masyarakat. Ayam kampung super mulai berproduksi pada umur 5 bulan.

JUAL DOC JOPER & KUB

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Dalam pemeliharaan kurang lebih sama dengan ayam ras petelur. Jika tujuan telur untuk konsumsi maka dalam satu kandang tidak perlu adanya pejantan namun bila telur yang dihasilkannya untuk tujuan ditetaskan maka dalam satu kandang perlu adanya ayam kampung super pejantan.

telur ayam
Ayam Kampung Super

Komposisi yang baik untuk ayam kampung super dengan tujuan ditetaskan sekitar betina 100 : 15 pejantan. Dengan komposisi tersebut, kemungkinan ayam dibuahi sangat besar.

Untuk cara pemeliharaan bisa menggunakan kandang setengah tertutup atau kandang postal litter. Jika menggunakan kandang setengah tertutup maka dalam kandang terdapat umbaran tempat bertemunya pejantan dan betina.

Sedangkan pada bagian lain terdapat kandang tertutup untuk berteduh ayam dari terpaan panas dan hujan.

Untuk ukuran kandang ayam petelur dalam 1 blok berukuran sekitar 9×8 meter yang dapat menampung sekitar 150 ekor ayam kampung super dengan komposisi 140 betina dan 10 ekor pejantan.

Namun agar peluang dibuahi lebih besar maka komposisi pejantan perlu ditambah dan komposisi betina dikurangi.

Hasil panen telur ayam kampung super

Telur tetas yang dihasilkan oleh ayam kampung super dapat diletakkan dalam ember besar dan diangkut ke tempat ruang penampungan. Setelah berada di dalam ruangan penampungan, telur disortir berdasarkan kualitasnya.

Telur yang berkualitas dapat ditetaskan dengan mengenali ciri khusus diantarannya, bentuk tidak terlalu lonjong dan tidak terlalu bulat, cangkang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, kondisi cangkang tidak pecah atau retak.

Kondisi permukaan cangkang juga mulus. Telur yang tidak memenuhi syarat akan dijadikan telur konsumsi. Sedangkan yang memenuhi syarat dapat dijadikan telur tetas.

Telur yang Siap di Tetaskan Menjadi DOC Ayam Kampung Super

Telur tetas yang memenuhi syarat selanjutnya diletakkan dalam tray/ nampan telur dengan bagian yang tumpul diletakkan dibagian atas.

Telur yang tumpul terdapat gelembung udara berada di atas agar tidak merusak gelembung udara tersebut.

Sebelum digunakan untuk meletakkan telur, tray tersebut perlu dicuci yang bersih dan disemprot dengan menggunakan desinfectan agar bebas dari hama. Setelah itu bisa dicuci dan dibilas yang bersih dan dikeringkan.

Telur ayam kampung super setelah diletakkan dalam ruang penyimpanan untuk selanjutnya dapat dimasukkan ke dalam ruang penetas telur.

Telur ayam kampung super mempunyai masa menetas sekitar 21 hari, sama seperti telur ayam kampung biasa. Setelah 21 hari maka telur dapat menetas dan untuk selanjutnya dapat dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

DOC (Day of Chick) atau anakan ayam kampung super dapat bertahan selama 3 hari tanpa diberi makan dan minum karena masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya.

Perawatan DOC atau anakan ayam kampung super cukup intensif.  Dapat dipelajari juga diartikel Perawatan Ayam Kampung Super (Joper) Sejak Umur 21 Hari- Dewasa

Mesin Penetas Telur

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, kendala dalam beternak ayam, ternak ayam kampung super cepat, ukuran kandang doc 100 ekor, ternak hewan yang paling menguntungkan

*Yuni Ambarwati*

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version