Rahasia Pakan Bebek Hibrida Agar Cepat Besar dan Menguntungkan (Part 4)

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang “Panduan Membuat Kandang Ideal untuk Bebek Hibrida (Part 3)”.Kali ini kami akan membahas kelanjutnya yaitu tentang pemberian pakan bebek hibrida.

Ternak bebek pedaging adalah salah satu usaha yang menjanjikan, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa mendapatkan hasil yang optimal memerlukan perhatian khusus, terutama dalam hal pemberian pakan.

Bagaimana cara menjaga bebek agar tumbuh besar dan sehat, serta bagaimana memanfaatkan pakan pabrikan dengan bijak dan juga pakan campuran yang bagus?

Simak panduan berikut yang akan membantu Anda meraih kesuksesan dalam usaha ternak bebek pedaging.

JUAL Bibit/DOD Bebek Pedaging & Petelur

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Salah satu faktor penting keberhasilan ternak bebek yaitu pemberian pakan yang sesuai | image 1
Salah satu faktor penting keberhasilan ternak bebek yaitu pemberian pakan yang sesuai | image 1

Dalam dunia peternakan, pemberian pakan yang tepat dan efisien memiliki peran yang krusial dalam mencapai target berat badan saat panen.

Banyak pertanyaan muncul, termasuk berapa jumlah pakan yang dibutuhkan untuk ternak bebek dari masa 0 hingga panen. Namun, sebelum kita merinci angka-angka tersebut, penting untuk diingat bahwa setiap peternak memiliki gaya unik dalam beternak.

Kandang yang berbeda, wilayah yang berbeda, serta jenis bibit yang digunakan, semuanya mempengaruhi strategi beternak.

Kali ini kami akan menggunakan contoh ternak bebek hibrida kapasitas 100 ekor. Simak informasi dibawah ini ya…

Pakan Bebek Hibrida untuk 100 Ekor

Kebutuhan pakan bebek hibrida per ekor dari awal sampai panen yaitu 3 kg. Jadi kalau untuk 100 ekor bebek hibrida maka totalnya yaitu 300 kg.

Proses pemberian pakan bebek dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu umur 0-20 hari dan 21 hari-40 hari.

Umur 0-20 hari

Pada tahap awal ini, pakan konsentrat atau pakan pabrikan dapat digunakan. Pemberian pakan pabrikan dapat memastikan bahwa bebek mendapatkan nutrisi yang seimbang untuk pertumbuhan yang cepat dan sehat.

Baca Juga!  Ternak Bebek Peking VS Ternak Bebek Hibrida, Pilih Mana ?

Pemberian pakan ini juga dapat membantu menghindari risiko kematian yang tinggi pada periode awal kehidupan.

Jika menggunakan full pakan pabrikan, untuk 100 ekor bebek hibrida usia 0-20 hari membutuhkan 80 kg full voer.

Bebek hibrida yang masih anakan diberikan pakan yang halus | image 2
Bebek hibrida yang masih anakan diberikan pakan yang halus | image 2

Umur 21 hari-40 hari

Pada tahap ini, pemberian pakan bisa lebih bervariasi. Konsentrat bisa dicampur dengan pakan jadi, dalam perbandingan tertentu, untuk memastikan bahwa bebek tetap mendapatkan nutrisi yang tepat. Penggunaan pakan campuran ini membantu mengurangi biaya dan tetap menjaga perkembangan bebek yang baik.

Untuk pakan campuran perbandingannya bisa 4 : 1 : 1. Yaitu 4 dedak halus : 1 voer pakan jadi : 1 konsentrat. Jadi pada usia 21 hari sampai panen membutuhkan 160 kg dedak halus, 40 kg konsentrat dan 40 kg pakan jadi.

Pakan bebek hibrida yang sudah berusia remaja sampai panen bisa diberikan pakan konsentrat dan juga pakan campuran | image 3
Pakan bebek hibrida yang sudah berusia remaja sampai panen bisa diberikan pakan konsentrat dan juga pakan campuran | image 3

Artikel selanjutnya : 
Penyebab Terhambatnya Pertumbuhan Bebek Hibrida dan Solusinya (Part 5)

Keberhasilan usaha ternak bebek pedaging memerlukan konsistensi dan ketepatan dalam pemberian pakan.

Pastikan Anda memberikan pakan dengan rutin dan tepat sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Dengan konsistensi ini, Anda akan melihat hasil yang memuaskan dalam pertumbuhan bebek.

Ternak bebek pedaging bukanlah perkara mudah, namun dengan strategi yang tepat, Anda bisa meraih kesuksesan yang diimpikan.

Penggunaan pakan pabrikan yang tepat dan pengaturan pemberian pakan yang bijak akan membantu bebek tumbuh besar, sehat, dan menguntungkan. Ingatlah untuk menjaga lingkungan kandang dan konsistensi dalam mengelola pakan.

Dengan perhatian dan usaha yang tepat, Anda bisa meraih kesuksesan dalam bisnis ternak bebek pedaging. Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat meraih kesuksesan dalam usaha ternak bebek pedaging Anda!

Dan jika Anda sedang mencari bibit bebek hibrida, kami dari hobiternak.com menyediakan. Pengiriman siap ke seluruh wilayah Indonesia dan BERGARANSI. Untuk pemesanan dan sekaligus konsultasi silahakan bisa hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

Baca Juga!  Harga DOD atau Bibit Bebek Peking Pedaging Tahun 2017

CS 1
0812-2028-8686

CS 2
0895-6124-93491

CS 3
0898-9274-749

Promo DOC KUB
5/5 - (20 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA