Model Kandang Ayam Petelur, Apa Saja Jenisnya ?

Model Kandang Ayam Petelur, Apa Saja Jenisnya ? – Seperti yang telah kita ketahui, kebutuhan telur bagi masyarakat Indonesia cukup tinggi. Dalam hal ini keberadaan peternak ayam petelur memegang peranan yang penting. Telur merupakan bahan pangan bergizi dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Maka tidak mengherangkan jika konsumsi telur di masyarakat terus mengalami peningkatan di setiap harinya. 

Telur telah menjadi makanan yang bernilai gizi tinggi dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat luas
Telur telah menjadi makanan yang bernilai gizi tinggi dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat luas

Dalam hal ini pentingnya akan konsumsi telur telah menjadi perhatian yang serius di kalangan masyarakat. Umumnya tingkat konsumsi telur di pedesaan lebih tinggi dibanding dengan daging ayam. Dan sebaliknya tingkat kebutuhan daging ayam dikota jauh lebih tinggi dibanding dengan dengan telur ayam.   

Kegiatan beternak ayam petelur juga tidak lepas dari adanya kandang sebagai tempat tinggal dari ayam petelur yang dipelihara. Kandang ayam petelur harus dibuat dengan senyaman mungkin karena kenyamanan kandang akan berpengaruh terhadap produktivitas ayam. Apabila tingkat kenyamanan kandang rendah, maka produktivitas ayam petelur juga akan menjadi rendah pula. 

Aneka makanan berbahan dasar telur terlah menjadi primadona
Aneka makanan berbahan dasar telur terlah menjadi primadona

Melihat peranan kandang sebagai sarana produktifitas telur sangat penting, maka kandang harus sudah dipersiapkan dengan baik. Sehingga kandang tersebut benar – benar siap untuk dihuni ayam petelur. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kandang ayam petelur sebagai berikut ini : 

Syarat Pembuatan Kandang 

Untuk pembuatan kandang agar berfungsi secara optimal, maka peternak harus memperhatikan syarat – syaratnya sebagai berikut ini : 

  • Tidak merugikan pihak lain 
  • Memberikan kemudahan bagi peternak dalam pemeliharaan dan berjalannya usaha ternak ayam 
  • Lokasi yang jauh dari pemukiman warga sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi ayam yang sedang bereproduksi
  • Untuk mencapai kondisi lingkungan yang nyaman, arah dan letak kandang yang akan dibangung sebagainya membujur dari timur ke barat. 

Menentukan Jenis Kandang yang Akan Digunakan 

Jenis atau model kandang ayam petelur jika dilihat dari konstruksinya terdapat dua jenis, yaitu kandang postal dan kandang baterai. 

Apa yang dimaksud dengan kandang postal?

Pengertian dari kandang postal adalah jenis kandang dimana sistem pemeliharaan dari ayam yang disatukan dalam bentuk kelompok dalam suatu luas kandang tertentu. Bahkan ayam yang dikelompokkan dalam satuan di kandang tipe postal bisa mencapai ribuan ekor. Setiap ekor ayam memiliki ruang gerak seluas kurang lebih 250 cm2.

Pembuatan kandang ayam petelur bisa menggunakan tipe kandang postal
Pembuatan kandang ayam petelur bisa menggunakan tipe kandang postal

Apa yang di maksud dengan kandang baterai?

Kandang baterai adalah salah satu jenis kandang ayam petelur yang memiliki panjang 40 cm dan lebar 20 cm. Sedangkan untuk tinggi kandang menyesuaikan dengan tinggi ayam, biasanya sekitar 30 cm hingga 40 cm dan kandang dibuat bersambung antar satu sama lain. Sehingga dapat membentuk unit – unit memanjang yang mampu menampung ayam petelur hingga ratusan dan ribuan ekor.Kandang tipe baterai juga bisa untuk memelihara ayam dengan sistem kelompok. Misalnya dalam satu kandang berisi 4 hingga 6 ayam, tentunya dengan luas kandang yang disesuaikan dengan jumlah ayam. Kandang battery ini ternyata sangat baik untuk diterapkan pada pemeliharaan ternak ayam petelur. Karena kandang ini memiliki sistem ventilasi yang sangat baik, udara dengan leluasa masuk kedalam sangkar. 

Kandang baterai dengan susunan tiga tingkatan
Kandang baterai dengan susunan tiga tingkatan

    Tipe Lantai untuk Kandang Ayam Petelur

    Dalam pembuatan kandang ayam petelur biasanya tiap tipe kandang memiliki lantai yang berbeda – beda. Hal ini dikarenakan tipe lantai tentu memiliki bentuk yang menyesuaikan dengan bentuk kandang. 

    Kandang ayam petelur biasanya berlantai tanah atau semen kemudian diatasnya diberi lapisan sekam atau bekas gergajian atau yang biasa disebut dengan litter. Lalu ada juga tipe lantai kandang panggung atau slat. Kandang dengan lantai dari litter biasanya untuk kandang tipe koloni (postal) sedangkan kandang tipe baterai biasa menggunakan tipe kandang panggung. Karena pada kandang baterai dibuat bertingkat menggunakan kawat.

    Jenis Kandang Berdasarkan Usia Ayam

    Walaupun terdapat dua jenis kandang yang bisa digunakan, namun para peternak biasanya mengkombinasikan pemakaian kandang dari dua tipe tersebut. Para peternak melihat dari sisi usia ayam peliharaannya. Terdapat 4 pengelompokkan usia ayam petelur yaitu periode indukan (umur 0-3 minggu), periode starter (umur 3-8 minggu), periode grower (umur 9-16 minggu), dan periode produksi (umur lebih dari 16 minggu). Berikut untuk detail penggunaan kandang berdasarkan umur ayam.

    No. Periode Pemeliharaan Jenis Kandang
    1. Indukan (umur 0-3 minggu) Koloni dengan lantai litter
    2. Starter (umur 3-8 minggu) Baterai dengan bahan bambu atau kawat
    3. Periode Grower (umur 9-16 minggu) Baterai dengan bahan bambu atau kawat
    4. Periode produksi (>16 minggu) Baterai dengan bahan bambu atau kawat

    1. Periode Indukan

    Kandang untuk ayam periode indukan difungsikan untuk ayam yang berusia 0 hari hingga 3 minggu. Jenis kandang untuk periode indukan adalah kandang tipe postal atau koloni dengan lantai dari semen atau tanah dan diatasnya diberi litter berupa sekam padi atau bekas gergajian. Kandang juga bisa menggunakan jenis kandang rak bertingkat dengan modifikasi agar terdapat lantai pada rak kandang. 

    Untuk kandang periode indukan tidak harus mahal karena yang terpenting kandang bisa melindungi ayam dari panas dan hujan, perubahan suhu, serta dari serangan hewan pemangsa. Pada kandang periode indukan diperlukan peralatan berupa pemanas (brooder), tirai kandang, sekat pembatas kandang, termometer. Selain itu juga harus ada tempat pakan ayam dan juga tempat minum serta instalasi pencahayaan berupa lampu.

    DOC Ayam Petelur
    DOC Ayam Petelur periode starter

    2. Periode Starter hingga Grower

    Kandang untuk periode starter hingga grower adalah kandang untuk ayam petelur yang berusia 4 – 15 dan 4 – 18 minggu. Untuk tipe kandang yang digunakan pada ayam petelur periode starter hingga grower adalah kandang kelanjutan dari kandang saat ayam berusia indukan. Yaitu dengan menggunakan tipe kandang yang sama seperti tipe kandang pada saat periode indukan namun dinding kandang dibuat tertutup. 

    3. Periode Produksi

    Ayam petelur periode produksi merupakan ayam petelur yang telah berusia 15 – 96 minggu. Model kandang ayam petelur yang digunakan untuk ayam petelur periode produksi adalah kandang tipe baterai atau sangkar dan umbaran. 

    a. Model Kandang Ayam Petelur Tipe Baterai

    Kandang Baterai merupakan kandang yang memiliki bentuk kotak atau sangkar (cage). Dalam pembuatannya dapat berbahan dasar bilah – bilah bambu, rengdan kayu (kaso). Sistem pemeliharaan dengan ini dilakukan dengan menempatkan ayam yang diletakan sendiri – sendiri dalam satu kandang. 

    Untuk kandang ayam petelur periode produksi bisa menggunakan jenis kandang baterai ini. Setiap kandang baterai bisa ditempati 1 atau 2 ekor ayam, untuk ayam petelur tipe ringan satu kandang bisa diisi 2 ekor ayam. Tetapi akan lebih baik apabila dalam satu kandang ditempati oleh satu ekor ayam. Selain mempermudah dalam hal recording produksi telur dan sifat serta tingkah laku dari ayam, juga menghindarkan ayam dari saling patuk atau kanibal. Karena ayam apabila ayam diletakkan dua ekor dalam satu kandang akan muncul risiko saling patuk dan berimbas pada performa produksi ayam. 

    Kerangka kandang tipe baterai bisa terbuat dari bambu ataupun kawat besi dengan ukuran tiap kandang atau sangkar adalah 45 cm untuk panjang, lebar 30 – 35 cm, dan tingginya 60 cm. Lalu untuk panjang kandang secara keseluruhan adalah 70 m dan lebar 7 m. Dengan ukuran kandang tersebut bisa menampung sekitar 1.000 ekor ayam. Dari ukuran kandang tersebut bisa dibuat 4 lajur kandang lalu untuk setiap lajurnya terdiri dari tiga tingkat. Kemudian untuk lantai kandang ayam petelur sistem baterai dibuat miring ke depan sekitar 9 derajat atau sekitar 6 – 7 cm. Miringnya lantai kandang tersebut bertujuan untuk mempermudah peternak mengambil telur hasil panen karena setelah telur dikeluarkan oleh ayam, telur tersebut akan menggelinding ke depan. 

    Untuk atap kandang harus dibuat sedemikian rupa agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar dan cahaya matahari juga bisa masuk. Dengan demikian performa ayam petelur akan lebih maksimal. Maka atap kandang yang baik ialah tipe monitor dimana terdapat dua sisi dan di bagian puncaknya terdapat lubang ventilasi. Untuk atap kandang bisa terbuat dari bahan asbes ataupun genting.

    Kandang Ayam Petelur Tipe Baterai
    Kandang Ayam Petelur Tipe Baterai yang berbahan dasar bambu
    a. Keuntungan penggunaan kandang baterai 
    • Ventilasi yang yamg masih alami sehingga udara dapat keuar masuk dengan lancar dan ayam akan merasa lebih nyaman. 
    • Dapat meminimalisisr terjadinya kanibalisme atau sifat saling pastuk mematuk 
    • Pegontrolan terhadap ayam yang sakit dapat dengan mudah dilakukan
    • Ayam tidak mudah kehilangan energi 
    • Produksi telur dalam keadaan bersih dan tidak terkena kotoran ataupun sisa pakan
    b. Kelemahan penggunaan kandang baterai 
    • Investasi awal pembuatan kandang baterai relatif lebih tinggi
    • Jika peternak terlambat dalam membersihkan kandang akan mengundang banyak lalat dan bau yang tajam 
    • Penyusunan pakan yang kurang baik, ayam mudah terserang penyakit
    • Mudahnya terjadi kelumpuhan, jika ayam yang dimasukan ke dalam kandang baterai tersebut belum waktunya atau masih muda. Hal ini dikarenakan kakinya masih lemah  
    b. Model Kandang Ayam Petelur Tipe Umbaran

    Ayam bisa berisiko terkena penyakit lepuh kaki dan lepuh dada atau breast blister  yang dapat mempengaruhi produktivitas telur dan kualitas daging ayam afkir.

    • Pemeliharaan ayam di kandang baterai lebih memerlukan penanganan ekstra dan serius.
    • Biaya yang diperlukan dalam pembuatan kandang relatif lebih banyak.

    Untuk mengatasi risiko ayam yang terkena penyakit lepuh dada dan kaki saat dipelihara dengan kandang baterai, maka para peternak mulai beralih menggunakan kandang umbaran. Dengan menggunakan sistem umbaran, nilai jual telur konsumsi dapat meningkat. Namun kelemahan dari kandang umbaran adalah harus memerlukan lahan yang luas, tenaga kerja yang lebih banyak, pengawasan yang lebih ketat, dan biaya pembuatan yang cukup besar.

    Kandang Ayam Petelur Umbaran
    Contoh Kandang Ayam Petelur Umbaran

    Mengenai harga untuk pembuatan kandang ayam petelur, bisa menyesuaikan dengan ukuran kandangnya. Anda bisa membuat kandang ayam petelur mulai dari skala kecil. Misalnya untuk kandang ayam petelur untuk 50 ekor, 100 ekor, bahkan hingga 1000 ekor.

    Tertarikkah anda untuk mulai berbudidaya ayam petelur? Apabila anda tertarik kami hobiternak.com menyediakan bibit ayam petelur dengan kualitas baik. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di 

    SMS/CALL/WHATSAPP
    0812-4648-2525

    Telkomsel:
    0812-4648-2525
    0813-6330-7506

    Indosat:
    0856-4772-3888
    0857-2932-3426

    XL:
    0819-3140-9353

    Kata terkait :
    harga kandang ayam petelur, ukuran kandang ayam petelur 100 ekor, cara membuat kandang ayam petelur skala kecil, pakan ayam petelur, kandang ayam petelur umbaran, ukuran kandang ayam petelur untuk 1000 ekor, ukuran kandang ayam petelur 50 ekor, kandang koloni ayam petelur, ukuran kandang ayam petelur 500 ekor

     

    <Karina Nur Arifah>

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
    %d bloggers like this: