Berapa Modal Awal Ternak Bebek Petelur yang Dibutuhkan?

Sebagai seorang pebisnis pemula yang terjun dalam ternak bebek petelur, tentu belum mengetahui secara persis biaya yang dibutuhkan dalam ternak bebek petelur. Untuk itu dibutuhkan analisis usaha ternak bebek petelur lengkap. Analisis mencakup detail jumlah ternak yang dipelihara, harga pakan, masa pemeliharaan, tingkat produksi, kematian, masa pakai kandang, penggunaan pakan, gaji pegawai, investasi untuk pembuatan kandang, sarana dan prasarana kandang, biaya operasional dan perkiraan hasil panen. Dari analisa tersebut kita akan mengetahui modal awal ternak bebek petelur. 

Itik Mojosari Petelur
Bebek Petelur Mojosari

Dalam ternak bebek petelur, modal terbesar adalah investasi untuk pembuatan kandang dan sarana prasarana kandang. Untuk selanjutanya modal yang terpakai untuk pembelian bibit bebek petelur atau pembelian bebek siap telur. Biaya pemeliharaan ayam termasuk pakan dan minum, vitamin, multivitamin serta biaya lainnya. Bila ternak bebek petelur modern maka dibutuhkan biaya  yang lebih namun untuk masa pakai kandang bisa mencapai puluhan tahun. Berbeda jika menggunakan bahan kandang seperti papan atau bambu yang masa kandang hanya sekitar 5 tahun. Namun biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau.

Dalam analisa biaya ternak bebek pedaging sangat tergantung pada jenis bebek yang kita pelihara. Jika bebek siap telur maka biayanya lebih tinggi dibandingkan saat kita membeli bibit bebek petelur. Hal lain yang mempengaruhi adalah jumlah pakan ternak. Keuntungan saat membeli bibit yaitu harganya lebih terjangkau dibandingkan membeli bebek yang siap telur.

Beberapa hal yang perlu kita ketahui saat membeli bebek siap telur :

  1. Perawatan hanya sebentar dan bisa langsung berproduksi
  2. Membutuhkan biaya yang lebih besar untuk modal membeli bebek siap telur
  3. Mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan bebek yang masih anakan (DOD)
  4. Lebih mudah dalam membuat analisa pakan karena perkiraan pakan lebih stabil dibandingkan saat membeli anakan

Beberapa hal yang perlu kita ketahui saat membeli DOD atau bibit bebek :

  1. Membutuhakan biaya yang lebih sedikit untuk membeli bibit bebek dibandingkan membeli bebek siap telur
  2. Membutuhkan perawatan yang lebih lama
  3. Mempunyai daya tahan yang lebih rendah dibandingkan bebek siap telur.
  4. Pakan yang dibutuhkan lebih banyak
DOD Mojosari

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menentukan umur bebek yang akan dipelihara, peternak juga perlu mengetahui resiko dalam beternak bebek. Resiko ternak bebek diantaranya ternak dapat terkena penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Untuk itu perlu diberikan tindakan pencegahan berupa sanitasi kandang, menjaga kebersihan kandang dan melakukan vaksinasi.

Keuntungan ternak bebek petelur untuk saat ini cukup bagus karena dipengaruhi  tingginya permintaan telur untuk konsumsi terutama telur asin sehingga menyebabkan harga per butir cukup stabil bahkan pada saat tertentu bisa mengalami kenaikan. Bebek petelur dapat dipelihara hingga 10 bulan kemudian dari awal bertelur. Sehingga dapat menghasilkan telur yang cukup banyak.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
kandang bebek petelur, ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version