Menguak Kebenaran Mitos Darah Ayam Cemani

Menguak Kebenaran Mitos Darah Ayam Cemani

Darah Ayam Cemani berwarna hitam? Ayam cemani adalah salah satu ayam hias yang saat ini bisa dikatakan hewan langka. Peminat ayam cemani cukup banyak, namun mengapa bisa langka? Karena mereka membeli ayam cemani bukan untuk diternakkan atau dibudidayakan, tetapi untuk dibunuh guna keperluan sesajen ataupun obat. Asal ayam cemani sendiri yaitu dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ayam cemani sudah populer sejak sekitar abad 15. Dimana saat itu merupakan masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Menurut cerita, seorang pertapa sakti yang bernama Ki Ageng Mangkuhan diklaim sebagai pemilik pertama ayam cemani. Namun, ayam milik Ki ageng Mangkuhan tidak berwarna hitam secara keseluruhan, paruhnya berwarna putih. Kegunaan ayam cemani saat itu yaitu untuk mengobati seorang anak raja di daerah tersebut.

Menurut cerita, suatu hari Ki Ageng Mangkuhan sedang bertapa di makam keramat di daerah Kedu. Dari sini, beliau mendapat wangsit untuk mengobati putra Panembahan Hargo Pikukuh yang bernama Lintang Katon. Ki Ageng Mangkuhan menggunakan ayam beliau untuk mengobati putra pejabat tersebut. Ternyata, Ki Ageng Mangkuhan berhasil mengobati Lintang Katon. Sejak saat itu, ayam hitam milik Ki Ageng Panembahan dijadikan simbol kesembuhan. Dan kepercayaan ini masih diyakini hingga sekarang.

Ayam Cemani Dewasa Jantan1
Ayam Cemani Dewasa Jantan

Karena telah berhasil mengobati, akhirnya beliau berinisiatif untuk mengembang biakkan ayam cemani agar jumlahnya semakin banyak dan tidak punah. Ayam cemani tersebut dikawinkan dengan ayam lain yang juga berwarna hitam. Tetapi ternyata anakan yang dihasilkan berwarna hitam legam, termasuk paruhnya. Sejak saat itulah, ayam tersebut disebut ayam “cemani”. Yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam.

Mengapa ayam cemani berwarna hitam legam? Menurut penelitian, warna hitam legam pada ayam ini disebabkan oleh kondisi genetik yang disebut fibromelanosis. Kondisi inilah yang menyebabkan mutasi gen endothelian-3 (EDN-3) yang menyebabkan lapisan epidermis ayam menghasilkan pigmen hitam. Semakin dewasa, jumlah gen ini semakin meningkat bahkan sampai sepuluh kali lipat dibandingkan ayam biasa.

Meskipun demikian, ayam cemani asli bukanlah ayam cemani yang memiliki warna hitam 100% pada tubuhnya. Beberapa bagian ayam cemani tidaklah berwarna hitam. Apabila menemukan ayam cemani dengan lidah berwarna hitam, mungkin hal tersebut terjadi karena lidah ayam cemani telah diberi suatu cairan agar lidahnya menjadi hitam. Jadi cara menghitamkan lidah ayam cemani biasanya memakai cairan khusus. Telur cemani berwarna putih dengan bintik merah, warna hitam akan muncul ketika sudah terbentuk embrio. Embrio inilah yang menandakan bahwa telur sehat dan menghasilkan anakan ayam cemani. Ayam ini diyakini membawa keberuntungan, melariskan dagangan, dan membantu kesuksesan.

Telur ayam cemani hampir sama dengan telur ayam kampung biasa. Tidak sedikit pula yang memeprcayai telur ayam cemani berwarna hitam. Dari hal inilah yang menjadikan beberapa oknum melakukan kecurangan dengan cara menjadikan telur tersebut berwarna hitam. Entah itu diberi zat khusus atau tindakan lain.

Telur ayam cemani dipercaya dapat mengatasi masalah fertilitas pria. Banyak yang mencari telur ayam cemani guna untuk menyembuhkan penyakit seperti ini. Caranya yaitu dengan mencampurkan telur ayam cemani dengan madu atau bisa juga dengan beras kencur, setelah itu diminum.

Darah Ayam Cemani
Telur Ayam Cemani

Selanjutnya yaitu mengenai darah. Telah beredar sejak lama mengenai darah ayam cemani yang berwarna hitam. Namun, sejak dahulu kami sebagi peternak ayam cemani, belum pernah menemukan ayam cemani dengan darah berwarna hitam. Darah ayam cemani sama dengan darah unggas pada umumya yaitu berwarna merah tua.

Harga ayam cemani asli bisa sampai puluhan juta. Tak heran hal ini terjadi, karena jumlahnya yang semakin berkurang dan karena sejak dahulu ayam cemani hanya dipelihara oleh pejabat atau raja daerah tersebut. Sehingga sampai saat ini, hanya orang tertentu saja yang mampu membelinya.

Banyaknya mitos yang bermunculan mengenai warna darah dan lidah ayam cemani, kami menduga bahwa hal tersebut terjadi karena untuk menarik minat pembeli. Di zaman yang serba canggih ini, apabila masih mempercayai mitos khususnya yang bertentangan dengan agama, sangatlah aneh. Sebaiknya ayam cemani dibudidayakan agar tidak mengalami kepunahan. Ayam cemani saat ini mungkin hanya berjumlah sekitar 5000 ekor saja di dunia.

Beberapa mitos mengenai ayam cemani yang diyakini sampai sekarang yaitu ayam cemani diyakini bisa memperlancar rezeki, sebagai syarat untuk ritual gaib, untuk memperoleh ilmu kesaktian, mempercepat mendapatkan jodoh, pemikat lawan jenis (pelet), sebagai tolak bala, ritual memandikan pusaka dan masih banyak lagi.

Karena semakin banyaknya permintaan, sedangkan jumlah ayam cemani semakin menurun, hal ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual ayam cemani palsu. Lalu, bagaimana ciri ayam cemani asli? Ayam cemani asli bisa kita lihat dari warnanya yang hampir keseluruhan berwarna hitam. Mulai dari paruh, kulit, bulu, dubur, kaki, ketiak, tenggorokan dan jengger.

Banyak yang enggan membudidayakan ayam cemani karena dianggap bertentangan dengan agama. Sebenarnya itu tergantung niat pribadi. Apabila hanya untuk diternakkan atau sekedar hobi itu tidak masalah. Ayam cemani sama saja dengan jenis unggas lain, hanya saja dia memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh unggas jenis lain. Selain itu, sejarah ayam cemani yang telah beredar sejak zaman dulu membuatnya dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Meskipun ayam cemani memiliki warna yang dominan hitam, namun ayam cemani tidak menyimpan pertanda buruk atau pertanda baik bagi pemiliknya. Semua itu hanyalah mitos dan sangat dilarang untuk mempercayai. Karena kepercayaan seperti ini merupakan hal yang salah dan tidak boleh dibenarkan.

Untuk makanan ayam cemani tidak diharuskan dengan beras ketan hitam, namun juga bisa memakai kosentrat ayam berupa voer atau BR murni untuk anakan atau DOC. Setelah ayam cemani berumur sekitar 3 minggu, Anda bisa mencampur kosentrat dengan pakan tambahan seperti jagung giling, bekatul dan lain-lain. Hal ini untuk menekan biaya pakan. Meskipun demikian, hasil ternakan kami juga bagus, pertumbuhannya baik, dan sehat.

Selain sebagai peluang bisnis, ayam cemani juga bisa bermanfaat bagi tubuh. Ayam cemani mengandung beberapa zat yang dibutuhkan tubuh. Dan juga cocok untuk membantu pertumbuhan anak. Selain itu, ayam cemani juga aman dikonsumsi oleh usia produktif. Karena kandungan lemak dan kolesterol yang rendah. Namun cara penyajiannya tidak boleh digoreng, agar lemak tidak bertambah akibat dari minyak goreng.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan ayam cemani. Kami dari Jualayamhias.com menyediakan telur, anakan, remaja hingga usia dewasa ayam cemani. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
kegunaan ayam cemani, telur cemani, cara menghitamkan lidah ayam cemani, ciri ayam cemani asli, asal ayam cemani, harga ayam cemani asli, makanan ayam cemani,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, Remaja hingga usia Dewasa
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: