Info Unik Tentang Mitos Ayam Walik Beserta Harganya

Mitos Ayam Walik – Ayam Walik merupakan jenis ayam lokal khas Indonesia. Jenis ayam ini memiliki keunggulan dengan bulunya yang indah memiliki kokok yang merdu juga unik. Selain itu Ayam Walik memiliki bulu yang terbalik ke belakang atau kedepan pada seluruh tubuhnya sehingga sering disebut sebagai ayam yang memiliki bulu keriting. Oleh karena itu jenis ayam ini sering disebut sebagai ayam walik. Ayam ini dapat dikatakan sebagai ayam yang langka karena untuk wilayah Indonesia sendiri jenis ayam ini masih cukup jarang keberadaannya jika dibandingkan dengan jenis ayam kampung biasa. 

Ayam walik memiliki keunikan pada bagian bulunya. Seperti namanya bulu ayam walik terbalik | Gambar 1
Ayam walik memiliki keunikan pada bagian bulunya. Seperti namanya bulu ayam walik terbalik | Gambar 1

Dari segi penampilanya, jenis ayam walik memang cukup unik sehingga banyak kolektor yang memburu ayam ini. Biasanya para kolektor memelihara ayam walik hanya sebagai ayam hias saja. Jadi untuk di nikmati keindahannya. Memiliki harga yang sedikit tinggi tidak menyurutkan mereka untuk memelihara ayam walik ini. 

Wilayah Jawa Barat merupakan daerah yang dominan penyebaran ayam walik dan dikenal dengan sebutan ayam rintit.

Berikut merupakan jenis ayam walik yang tersebar di Indonesia dan dibedakan menjadi 3 yakni :

  • Ayam Walik Sekul yakni jenis ayam yang memiliki bulu terbalik
  • Ayam Walik Tulak yakni jenis ayam yang memiliki bulu berwarna hitam pada bagian dadanya dan memiliki sayap yang berwarna putih dengan bulu keriting.
  • dan yang terakhir Ayam Walik Sura yakni jenis ayam yang memiliki bulu terbalik atau keriting dengan memiliki bulu berwarna hitam.

Kelebihan ayam walik

Kelebihan Ayam Walik yakni memiliki kemampuan bertahan hidup yang beriklim panas. Selain itu ayam kate walik mampu  meregulasikan lingkungan pada suhu panas sehingga ayam walik tetap merasa nyaman dalam suhu tinggi. Jenis Ayam Walik memiliki postur tubuh sedang seperti ayam kampung lainnya, jenggernya yang berbentuk tunggal berwarna merah dan kulit ayam walik yang berwarna putih kekuningan serta paruh yang berwarna putih kekuningan. Produktifitas telur ayam walik sama dengan ayam kampung biasa yaitu dapat mencapai 10-15 butir telur pada satu kali periode.

Dari usia anakan ayam walik sudah terlihat bahwa bulunya terbalik atau melawan arah | Gambar 2
Dari usia anakan ayam walik sudah terlihat bahwa bulunya terbalik atau melawan arah | Gambar 2

Baca juga : 

Mitos Ayam Walik

Cukup banyak mitos yang beredar di Indonesia mengenai ayam walik ini. Dari yang dapat menangkal daya negatif, dapat menolak bala, menolak ilmu sihir, santet ataupun getaran jahat, pertanda alam dan lain sebagainya. 

Selain itu ayam walik hitam juga memiliki banyak mitos dikalangan masyarakat yakni bulu ayam walik yang di percaya masyarakat Batak dapat menangkal roh jahat sedangkan untuk telur ayam walik sendiri dipercaya masyarakat dapat mendatangkan rezeki.

Semua mitos tersebut belum di ketahui benar atau tidaknya. Kita sebagai umat Muslim tentunya harus menelaah terlebih dahulu apakah mitos tersebut benar adanya atau tidak. Ditakutkan jika mitos tersebut salah maka akan terjerumus ke jalan kesyirikan. Dan syirik itu sangat di benci oleh Allah SWT. 

Menurut informasi yang kami dapat, ayam walik dapat berkhasiat sebagai obat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan bagus untuk pertumbuhan anak. 

Mitos ayam walik memang banyak beredar di Indonesia dan belum tau benar atau tidaknya mitos tersebut | Gambar 3
Mitos ayam walik memang banyak beredar di Indonesia dan belum tau benar atau tidaknya mitos tersebut | Gambar 3

Harga Ayam Walik

Harga ayam walik atau harga ayam bulu terbalik umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ayam Cemani Walik. Karena ayam ini bisa saja dari hasil persilangan berbagai jenis ayam lainnya. 

Berikut daftar harga Ayam Walik di hobiternak.com :

1 Bln Rp85.000/ekor
2 Bln Rp110.000/ekor
3 Bln Rp135.000/ekor
4 Bln Rp175.000/ekor
5 Bln Rp225.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor

Untuk telur ayam walik sendiri berkisar 80ribu per butir. Dan kalau untuk pemesanan di hobiternak.com kami usahakan telur yang akan di kirim fertil sehingga untuk skala telur walik menetas masih tinggi. Minimal pemesanan 5 butir. 

Ayam hias memang saat ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Memiliki keunikan yang berbeda dari ayam kampung biasanya yang membuat masyarakat tertarik. Saking banyaknya penghobi ayam hias sampai ada yang membuat grup atau komunitas pecinta ayam hias. 

Kalau dari sisi harga memang tidak di ragukan lagi ayam hias berbeda dengan ayam kampung. Harga yang di tawarkan lebih tinggi. 

Bagi anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan maupun ingin membeli Ayam Walik bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau anda yang lebih memilih bibit ayam walik ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan. Untuk telur kami kirim sampai alamat tujuan menggunakan JNE atau JNT. 
Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
kelebihan ayam walik, khasiat ayam walik, harga ayam walik, ayam walik hitam, ayam walik tulak, harga ayam bulu terbalik, khasiat ayam bulu terbalik, khasiat pitik walik, mitos ayam walik, ayam walik

Viky Ristiyarti

Image Sources :

  • Gambar 1: gambar.pro
  • Gambar 2: facebook.com
  • Gambar 3: majalahinfovet.com
  • thumnail: facebook.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: