Jika berbicara mengenai burung terindah di dunia, jawabannya adalah burung merak. Burung merak termasuk ke dalam kategori salah satu burung terindah di dunia. Keindahan yang terletak pada bulu ekor nya ketika mekar membuat banyak orang terkagum-kagum. Terdapat 3 jenis spesies burung merak di dunia, dimana salah satunya asli berasal dari Indonesia. Burung merak termasuk burung yang pemalu. Dia akan mengembangkan sayapnya saat musim kawin untuk menarik perhatian merak betina. Sebelum melihat galeri foto merak putih terbaru dari kami, yuk simak dulu ulasan tentang burung merak berikut ini.

Jenis – Jenis Burung Merak

1. Burung Merak Biru (Pavo cristatus)

Jenis burung merak biru ini adalah spesies yang berasal dari India. Maka dari itu burung merak biru juga disebut dengan Merak India. Merak biru jantan memiliki panjang tubuh hingga 230 cm dan merak biru betina hanya memiliki panjang tubuh sampai 200 cm saja. Warna bulu merak biru jantan adalah biru terang metalik dan memiliki semacam mahkota di atas kepalanya yang  berbentuk seperti kipas. Sedangkan burung merak betina memiliki warna bulu coklat agak kehijauan. Merak biru memakan berbagai jenis serangga, biji-bijian, dedaunan, sayur-sayuran yang rasanya manis serta berbagai jenis hewan lain seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil. Burung merak biru banyak ditemukan di hutan daerah India, Nepal, dan Pakistan. Merak biru mempunyai peranan penting dalam mitologi Budha. Bahkan di India, merak biru jantan ditetapkan sebagai burung nasional.

Burung Merak Biru Dewasa Jantan
Burung Merak Biru Dewasa Jantan

2. Burung Merak Hijau (Pavo muticus)

Merak hijau adalah salah satu jenis merak yang asli berasal dari Indonesia. Burung merak jenis ini banyak ditemukan di daerah Alas Purwo serta Baluran. Merak hijau memiliki warna bulu hijau keemasan yang sangat cantik. Populasi burung merak hijau sendiri semakin menurun dari tahun ke tahun. Banyak para pemburu yang mencari burung merak ini untuk dijual ataupun dimanfaatkan bulu nya. Sehingga membuat burung merak hijau termasuk ke dalam kategori hewan yang dilindungi. Saat ini merak hijau dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1999. Perdagangan burung merak hijau pun juga dilarang oleh pemerintah. 

burung merak betina
Merak Hijau

Namun anda jangan khawatir, jika ingin menyaksikan keindahan dari burung merak hijau anda bisa berkunjung ke kebun binatang yang banyak tersebar di Indonesia. Biasanya di kebun binatang terdapat burung merak yang bisa membuat anda kagum dengan keindahan bulunya. Makanan merak hijau hampir sama dengan merak biru yaitu memakan serangga, pucuk dedaunan, dan hewan kecil seperti laba-laba, cacing, atau kadal kecil.

3. Burung Merak Putih (Pavo cristatus)

Nama latin merak putih sama dengan nama latin merak biru karena merak putih masih dianggap sebagai mutasi dari merak biru. Merak putih sering disebut dengan merak albino karena memang seluruh warna dari tubuhnya adalah putih. Populasi merak putih tersebar di daerah India dan Srilanka. Konon katanya, merak putih adalah hasil dari persilangan yang dilakukan oleh para pecinta binatang di India. Merak putih sering diibaratkan bak seorang puteri. Karena warnanya bulunya putih bersih, terlebih saat dia mengembangkan ekornya. Saat berjalan merak putih akan terlihat anggun sekali dengan keindahan ekornya. 

Untuk ukuran, panjang badan dan ekor merak putih sama yaitu sekitar 1 – 1,5 meter, lebih kecil dari merak biru maupun merak hijau. Merak putih jantan ekornya panjang dan memiliki taji di kedua kakinya, sedangkan merak putih betina memiliki ekor yang lebih pendek serta tidak memiliki taji di kakinya. Tetapi merak putih jantan maupun betina sama sama memiliki mahkota di kepalanya yang berbentuk seperti kipas kecil. Saat dialam bebas merak putih biasa hidup didataran rendah dan memakan biji-bijian, cacing tanah, serangga atau buah-buahan. Makanan lain yang disukai oleh Merak Putih adalah rerumputan dan dihabitat aslinya hewan ini biasa tidur bertengger di pohon-pohon.

4. Burung Merak Kongo

Merak Kongo merupakan salah satu jenis merak yang berasal dari daerah Afrika. Sekilas, merak kongo mirip dengan merak pavo muda yang ada di Asia. Burung merak kongo memiliki warna bulu biru gelap dengan sedikit kombinasi warna ungu dan hijau. Ukuran merak kongo bisa di bilang paling kecil jika dibandingkan dengan jenis merak lainnya. Merak kongo hanya memiliki panjang hingga 70 cm saja. Di kepalanya juga terdapat semacam mahkota berbentuk kipas kecil yang berwarna putih. Merak kongo pertama kali ditemukan oleh Dr. James Chapin pada tahun 1936. Populasi merak kongo semakin menurun bahkan bisa dikatakan hampir punah akibat dari maraknya pemburuan liar. Makanan merak kongo hampir sama dengan makanan merak jenis lain yaitu biji-bijian, serangga kecil, dan pucuk dedaunan.

jual anakan merak
Burung Merak Kongo

Produktivitas Burung Merak

Burung merak merupakan tipe hewan poligami, jadi satu pejantan merak bisa mengawini beberapa merak betina. Saat merak berusia 1,5 tahun, merak sudah mulai bereproduksi.  Cukup mudah untuk mengetahui masa produksi merak jantan. Jika merak jantan telah birahi maka ia akan mengembangkan sayapnya untuk menarik perhatian merak betina. Merak betina yang usianya masih dibawah 3 tahun baru bisa menghasilkan telur sebanyak 8 – 10 butir dengan hanya satu kali periode bertelur dalam satu tahun. Setelah merak betina berusia 3 tahun ke atas, maka ia bisa mengalami masa atau periode bertelur 2 kali dalam setahun dan dengan jumlah telur yang lebih banyak per periode. 

Dalam hal penetasan telur burung merak, terkadang ada yang mudah namun juga ada yang sulit. Mengingat burung merak adalah burung yang pemalu, maka saat proses pengeraman usahakan meletakkan burung merak di kandang yang jauh dari keramaian. Namun ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan mesin penetas telur atau dititipkan pada hewan lain yang juga sedang proses mengerami misalnya ayam. Setelah menetas, anakan merak akan mengikuti induknya sampai masa kawin berikutnya.

Galeri Foto Burung Merak Putih

Kami menyediakan burung merak putih dan juga merak jenis lainnya.  Dan kami siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias. Apabila anda tertarik untuk mengoleksi, silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Merak Hias, Burung Merak, Merak Putih, Galeri Foto Merak Putih, Ternak Merak Putih, Jual Merak Putih, Harga Merak Putih


1 Comment

Harga Merak Biru dan Putih Tahun 2018 untuk Ternak maupun Hobi Anda · October 5, 2018 at 1:40 am

[…] Published May 23, 2018 […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: