Tips Menjinakkan Burung Kenari

Tips Menjinakkan Burung Kenari

Burung Kenari merupakan burung yang cantik dan indah dalam berkicau, meskipun ukurannya yang kecil dan mungil namun burung ini dapat dijinakkan. Banyak keuntungan yang di dapatkan apabila Burung Kenari Anda jinak. Contoh: Burung Kenari yang lucu dan sangat menggemaskan akan bermanja dengan Anda, berkicau dengan suara yang merdu, bisa diajak bermain, bisa dipanggil untuk mendatangi Anda dan mau kembali ke kandangnya sendiri.

Banyak orang yang bilang, Burung Kenari yang jinak pasti dirawat dari anakan (piyik). Namun banyak juga Burung Kenari yang bisa dijinakkan dengan tangan dan dengan cara yang benar, maka akan sama jinaknya.

Burung kenari, Tips agar kenari jinak, ciri kenari jinak, penjinakan kenari, cara menjinakan kenari muda, cara menjinakan kenari dewasa

Burung Kenari Jinak

Bagaimana tips menjinakkan Burung Kenari ?

  1. Hari pertama membeli burung.

Biarkan Burung Kenari beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Kemudian tempatkan kandang di tempat yang tinggi. Setiap hari usahakan untuk mengganti alas kandang, wadah makan dan air, dan jemur seperti biasa. Sebagai pemilik Burung Kenari usahakan mempelajari sifat-sifat burungnya, apa pakan kesukaannya, dan bagaimana kondisinya disaat ia stres dan senang. Apabila Burung Kenari sudah terbiasa dengan Anda, barulah proses penjinakkan baru di mulai.

Jinakkan Burung Kenari dalam sangkar. Bila tidak tersedianya ruangan khusus untuk membiarkan Burung Kenari terbang bebas, maka yang menjadi pilihan adalah menjinakkan dalam kandang. Setiap pagi saat burung aktif bergerak dan merasa lapar, mulailah dengan memberinya makanan kesukaannya, taruh makanan di ujung jari atau di jepit dengan jari telunjuk dan jempol. Yang penting tangan Anda jangan terlalu dekat dengan burung, namun burung masih bisa meraih makanan. Biasanya makanan yang diberikan adalah sawi atau telur puyuh rebus. Tangan di gerakkan dengan lembut dan pelan, dan jangan banyak bergerak saat tangan Anda berada di dalam kandang. Jika waktu penjinakkan sudah selesai, tempat makan segera dikembalikan.

  1. Hari kedua proses penjinakkan Burung Kenari

Saat hari kedua, burung kenari akan mulai mendekat karena lapar. Metabolisme tubuh burung kenari itu sangat cepat, ia mudah lapar, dan hal ini sangat membantu dalam proses penjinakkan.

  1. Setelah beberapa hari

Selanjutnya jika burung kenari Anda terbiasa makan dengan cara seperti di atas, mulailah dengan menjauhkan pakannya dari kenari. Biasanya dengan meletakkan makanan di atas telapak tangan dan biarkan burung kenari meraihnya dan ia harus terbang ke telapak tangan Anda. Jika hal itu berhasil jangan terlalu senang dan jangan sampai membuat tangan Anda bergerak secara tidak stabil. Itu akan membuat burung kenari merasa tidak nyaman dan aman.

  1. Mulailah menjinakkan Burung Kenari di luar kandang

Banyak orang yang menggunakan cara ini, sebaiknya pilihlah ruangan yang aman agar Burung Kenari tidak terlepas, dan tidak ada benda-benda yang akan menyakiti Burung Kenari. Burung Kenari harus mengganggap kandangnya sebagai rumahnya yang aman. Karena saat awal-awal Burung Kenari bisa diumpan dengan makanan dengan cara di atas. Pada saat pertama pasti Burung Kenari tidak mau keluar dan takut untuk beradaptasi dengan dunia barunya. Tapi burung harus dilatih agar berani. Cara ini cocok dilakukan saat Anda mempunyai banyak waktu. Teruslah bersama Burung Kenari di ruangan yang sama. Ada baiknya makanan burung kenari diletakkan di dekat Anda sehingga ia mau mendekat saat ia lapar. Saat hari mulai gelap, latihlah Burung Kenari agar mau otomatis kembali ke kandangnya. Letakkan makanan kesukaannya untuk memancing agar Burung Kenari mau kembali ke dalam sangkar. Hal ini akan membuat burung terbiasa kembali ke kandangnya.

Burung kenari, Tips agar kenari jinak, ciri kenari jinak, penjinakan kenari, cara menjinakan kenari muda, cara menjinakan kenari dewasa

Burung Kenari

Setelah melalui proses yang panjang dan membutuhkan kesabaran, Anda pun akan mendapatkan kepercayaan dari Burung Kenari tersebut. Jika Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari kenari, maka burung bisa dilatih untuk melakukan berbagai macam atraksi. Bahkan Anda bisa mengajaknya keluar ruangan, mengajak bermain di halaman tanpa harus khawatir burung akan terbang meninggalkan Anda.

Kata terkait:

Burung kenari, Tips agar kenari jinak, ciri kenari jinak, penjinakan kenari, cara menjinakan kenari muda, cara menjinakan kenari dewasa

 

Leave a Reply