Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB)

Ayam Kampung Unggulan Balitnak atau biasa disebut sebagai ayam KUB merupakan jenis ayam kampung yang berasal dari persilangan antar sesama ayam kampung yang memiliki keunggulan. Jenis ayam KUB ini ternyata berasal dari riset Badan Litbang Pertanian Bogor yang dilakukan selama 6 generasi. Dari penelitian ini lahirlah jenis ayam KUB yangsaat ini banyak dijadikan sebagai ayam penghasil daging dan ayam petelur.

Berbeda dengan ayam kampung super (joper) yang berasal dari persilangan ayam bangkok penjantan dengan ayam petelur. Dari hasil persilangan inilah yang meghasilkan ayam kampung dengan masa panen cepat, yakni 60 hari panen. Untuk ayam KUB sendiri memiliki masa panen 70 – 75 hari panen. Mengapa demikian ? Karena ayam KUB merupakan ayam yang masih murni berasal dari ayam kampung. Saat ini keberadaan ayam KUB ini pun cukup banyak di cari dan diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena ayam KUB memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lainnya.

Promo JOPER NEW - Ayam kampung Super 1
Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) | cover
Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB) | cover

Adapun untuk keunggulan – keunggulan yang dimiliki ayam KUB adalah sebagai berikut ini :

  1. Ayam KUB memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni 70 – 75 hari.
  2. Masa panen ayam KUB cenderung lebih cepat dibanding dengan ayam kampung asli atau biasa. Tetapi beberapa peternak ada yang mengatakan bahwa masa panen kedua ayam ini relatif sama.
  3. Memiliki masa panen telur yang cukup cepat
  4. Ayam KUB memiliki sifat mengeram yang cukup rendah sehingga dapat memaksimalkan masa bertelur. Berat telur ayam kampung unggul kub sekitar 35 – 45 gram/ butir
  5. Pencapaian bobot saat panan yakni antara 0,9 – 1 kg per ekor
  6. Produktivitas telur yang dihasillkan ayam kampung unggulan ini sekitar 130 – 160 butir per ekor dalam setahun.
  7. Masa bertelur ayam kampung unggulan terjadi saat ayam memasuki usia 20 – 22 minggu.
  8. Ayam kampung unggulan KUB ini memiliki daya tahan terhadap penyakit yang cukup tinggi. Sehingga resiko terserangannya penyakit saat dipelihara juga relatif rendah.
  9. Memiliki jumlah konsumsi pakan ketika masa pertumbuhan pun cukup rendah, yakni berkisar 80 – 85 gram/ekor/hari. Sedangkan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur dalam 1 kg yakni 3,8 kg.

Baca juga : Mengetahui Produktivitas Telur Ayam Kampung Unggulan (KUB)

Apakah Ayam Kampung Unggul ini dapat dijadikan sebagai Indukan ? 

Banyak dari beberapa pelanggan yang menanyakan “Apakan ayam unggulan ini dapat dijadikan Indukan sebagaimana ayam kampung ?” Jawabannya adalah bisa dijadikan sebagai Indukan. Hal ini dikarenkan ayam unggul kub ini berasal dari selesi berbagai jenis ayam kampung unggulan dari berbagai daerah dengan waktu yang tidak banyak. Oleh karena itu keunggulan yang dimiliki ayam kub ini cukup banyak.

Ayam KUB yang merupakan ayam galur baru yang telah diakui secara nasional sejak 2012 lalu | Image 1
Ayam KUB yang merupakan ayam galur baru yang telah diakui secara nasional sejak 2012 lalu | Image 1

Beternak ayam unggulan kub ini merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi masyarakat. Karena ayam kub ini memiliki 2 fungsi, yakni dapat dijadikan sebagai penghasil daging dan petelur. Untuk pilihan ini kami kembalikan kepada Anda akan menjadikan sebagai ayam penghasil daging atau petelur. Untuk telur yang dihasilkan ayam ini pun dapat langsung dijual dan dapat dijadikan sebagai DOC KUB. Sifat DOC ayam KUB adalah Parent Stock (PS) sehingga dijadikan sebagai indukan.

Baca juga : Ayam Kampung Joper dan Ayam KUB, Pilih yang Mana?

Bagaimana Cara Beternak Ayam Kampung Unggulan ? 

Layaknya beternak ayam kampung biasa, dalam beternak ayam kampung unggulan kub pun juga sama perawatannya. Mulai dari pembuatan kandang yang intensif, penanganan saat DOC KUB sampai di kandang, pengendalian penyakit, perawatan saat menjelang panen dan ketika panen tiba. Selain itu peternak juga perlu memperhatikan macam jenis pakan yang diberikan. Usahakan agar pemberian pakan sesuai dengan tujuan ayam tersebut dipelihara. Jika ingin dijadikan sebagai pedaging maka pakan ayam yang diberian dapat berupa konsentrat khusus ayam pedaging. Sedangkan jika dijadikan sebagai penghasil telur maka pakan yang dapat diberikan berupa konsentrat pedaging.

Ayam Ungggul yang biasa dijadikan sebagai ayam pedaging dan petelur ini tenyata memiliki ciri – ciri yang tidak begitu jauh dengan ayam kampung pada umumnya. Tetapi peternak perlu mengetauhi ciri – ciri kub ini agar tidak keliru saat beternak, begitupun dengan masyarakat.

Berikut merupakan ayam KUB usia baru saja menetas dan telah di masukan ke dalam kandang boks atau kandang starter | image 2
Berikut merupakan ayam KUB usia baru saja menetas dan telah di masukan ke dalam kandang boks atau kandang starter | image 2

Adapun untuk ciri – ciri Ayam KUB adalah sebagai berikut ini :

1. Ketika masih usia DOC atau kurang dari 1 bulan ayam kub memiliki ciri khas mata yang cenderung gelap
2. Jengger pada DOC KUB berbentung gerigi atau disebut sebagai jengger wilah
3. Warna kaki ayam kampung cenderung bermacam – macam. Ada yang berwarna kuning, kehitaman, kehijauan dan kuning.
4. Memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan jenis ayam bangkok
5. Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.

Berbicara mengenai ayam kampung unggul atau ayam kub dengan ayam kampung super mempunyai kelebihan setelah melalui serangkaian penelitian dan pengembangan pada balai penelitian ternak. Setelah melalui pengujian yang mendalam maka kita mengenal ayam kampung unggulan dan ayam kampung super. Ayam kampung unggulan mempunyai beberapa kelemahan yang akhirnya dapat disempurnakan dengan munculnya ayam kampung super. Contohnya adalah masa panen yang masih lebih lama dibandingkan ayam kampung super. Tentu dalam setiap keunggulan di salah satu jenis ada beberapa kekurangannya. 

Bagi Anda yang bimgung akan ternak ayam kampung atau ayam unggulan alangkah baiknya sebelumn beternak. peternak dapat menentukan akan dijadikan ayam penghasil apakah saat menjelang panen. Selain itu peternak juga perlu mengukur daya minat masyarakat yang ada di wilayah peternak. Karena hal ini sangat potensial untuk menentukan keuntungan serta kemudahan peternak dalam melakukan pemasaran hasil panen. 

Anda tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kub ? Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Unggulan Balitnak usia baru saja menetas. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam KUB baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa : 

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

Kata terkait : jual bibit atau anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung super dengan metode intensif, keuntungan budidaya ayam kampung super, beternak ayam kampung super dengan modal terbatas, kapasitas kandang untuk anakan ayam kampung super untuk 100 ekor , pakan untuk anakan atau DOC ayam kampung super, ud sumber unggas, jual doc kub, jual doc ayam sentul, jual ayam sentul ciamis, ayam kub

Image Sources :

  • cover: hobiternak.com
  • image 1: rilis.id
  • image 2: hobiternak.com
ads. artikel 1 Kecil panjang - DOC ayam kampung super (joper)

2 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: