Mengenal 2 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Konsumsi Ayam Kampung Super

Mengenal 2 Jenis Bahan Pakan Alternatif Untuk Konsumsi Ayam Kampung Super – Ayam Joper adalah singkatan dari ayam kanpung super. Ayam ini merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari persilangan antar ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina jenis lohman. 

Ayam Kampung Super yang mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ayam jenis lainnya, sangat membutuhkan asupan protein untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Guna menekan harga pakan ayam joper yang relatif tinggi, peternak dapat menggunakan pakan alternatif yang bergizi dengan harga yang cukup murah dan ketersediaan bahan pakan tersebut cukup banyak di sekitar lokasi kandang.

Pemberian pakan yang berkulitas dan sesuai dengan kebutuhan izi ayam joper akan mendukung pertumbuhan daging
Pemberian pakan yang berkulitas dan sesuai dengan kebutuhan izi ayam joper akan mendukung pertumbuhan daging

Bahan pakan yang diperlukan untuk pertumbuhan pakan ayam joper agar cepat besar didominasi oleh bahan pakan yang mengandung protein. Kandungan protein pada sebuah pakan dapat mempercepat pertumbuhan ayam kampung super sehingga ayam kampung super dapat dipanen pada usia 55-60 hari. 

Kebutuhan Pakan Ayam Joper sangat penting

Protein bisa didapatkan melalui konsentrat produksi pabrik atau bahan pakan tambahan yang bersumber pada tumbuh-tumbuhan atau hewan. Konsentrat ayam joper sangat memiliki pengaruh yang tinggi terhadap pertumubuhan ayam joper. Karena di dalam pakan tersebut mengandung gizi dan protein yang mendukung pertumbuhan daging ayam joper.

Untuk pakan ayam joper umur 1 bulan pun sudah dapat diberikan pakan konsentrat ini. Selain itu peternak juga harus selalu memperhatikan jadwal pemberian pakan ayam joper yang baik dan benar. Jadwal pemberian pakan ayam joper dapat dilakukan sehari 2 kali, bisa pada waktu pagi, siang, maupun sore.

kandang doc joper
Pertumbuhan yang cepat dan pemilihan pakan yang mudah adalah keunggulan dari beternak ayam joper.

Kebutuhan pakan ayam per hari dapat diamati dengan melihat jumlah ayam yang dipelihara. Untuk populasi 100 ekor ayam masa pemeliharaan 60 hari menghabiskan pakan 200 – 230 kg atau FCR 2 – 2,3 artinya untuk mencapai bobot 1 kg bobot ayam di perlukan pakan 2 – 2,3 kg/ekor

Jika sebelumnya kita telah mengenal sumber protein yang berasal dari nabati maka pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh beberapa jenis pakan sumber protein dari hewani.

Bahan pakan sumber protein hewani biasanya digunakan 3 – 10 % dari total pakan. Bahan pakan tambahan tersebut memerlukan kaidah yang benar seperti mudah didapatkan, harganya cukup terjangkau, tidak mengandung racun, dapat saling melengkapi dengan bahan pangan lainnya. Beberapa jenis bahan pakan tersebut diantaranya:

1. Sumber Pakan Nabati 

a. Dedak Halus 

Dedak merupakan bahan pakan yang diperoleh dari limbah penggilingan padi yang telah dihaluskan. Dedak halus memiliki kandngan protein 10,1 – 13,6 %, kandungan lemaknya mencapai 13% dan serat kasarnya kurang lebih 12%. Penggunaan dedak halus dalam pakan ayam kampung super sebaiknya tidak melebihi dari 45 %.

Dedak Padi
Dedak padi merupakan limbah dari hasil penggilingan padi yang kulitnya sudah tidak digunakan lagi untuk dikonsumsi

b. Jagung 

Biji jagung merupakan produk pertanian yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan maupun pakan ternak sehari – hari. Jagung juga mengandung sumber pakan berprotain tiggi yang diformulasikan dengan bahan lain menjadi pakan konvesional berupa pelet yang banyak dipasarkan kepada peternak lokal dan sebagian komoditas ekspor. Dengan adanya pakan yang murah tersebut serta pengolahannya dan bermutu tinggi merupakan peluang bagi peternak ayam untuk melakukan efisiensi biaya pakan.

Selain mengandung gizi yang tinggi, jagung yang berwarna kuning mengandung pigmen karoten ysng disebut xanthophly. Pigmen xantophly ini dapat memberikan warna kuning telur yang bagus dan daging yang tidak berwarna pucat. Penggunaan campuran jagung untuk pakan ayam kampung super dianjurkan kurang lebih 20 %

Jagung yang digiling kasar merupakan salah satu pakan alternatif bagi ayam joper
Jagung yang digiling kasar merupakan salah satu pakan alternatif bagi ayam joper

c. Bungkil Kelapa 

Bungkil Kelapa berasal dari olahan limbah pembuatan minyak kelapa, jenis pakan tersebut digunakan sebagai salah satu pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi mencapai 21,5% dan energi metabolis 1540-1745 Kkal/kg. Tetapi kandungan lemak pada bungkil kelapa cukup tinggi mencapai 15% dapat membuat bungkil kelapa menjadi mudah tengik. Jenis warna bungkil kelapa yang baik diberikan kepada ayam kampung super adalah yang berwarna coklat muda. Dalam pemberian pakan tersebut penggunaanya tidak dianjurkan melebihi 20%

Bungkil Kelapa berasal dari olahan limbah pembuatan minyak kelapa
Bungkil Kelapa berasal dari olahan limbah pembuatan minyak kelapa

d. Singkong 

Tanaman singkong merupakan tanaman tropis yang banyak tersebar di wilayah Indonesia, singkong sering diolah menjadi bahan pangan yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong ini merupakan pilihan para peternak yang digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ayam kampung super. Penggunaan tepung gaplek dalam rasum dianjurkan tidak melebihi dari 40%. Serta dalam pemberian singkong ini tidak boleh lebih dari 2 hari, singkong yang telah rusak memiliki kandungan sianida yang tinggi sehingga tidak baik digunakan untuk pakan ternak.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong ini merupakan pilihan para peternak yang digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ayam kampung super
Kandungan karbohidrat yang tinggi pada singkong ini merupakan pilihan para peternak yang digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ayam kampung super

e. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai dihasilkan dari limbah pabrik minyak kedelai, kandungan protein pada limbah kedelai kurang kebih terdapat 42,7% serta kandungan energi metabolisme mencapai 2240 Kkal/Kg. Kandungan serat kasarnya rendah, kurang lebih 6 %. Penggunaan bungkil kedelai untuk pakan ayam kampung super sebaiknya tidak melebihi dari 40%. Pemberian kacang kedelai mentah tidak dianjurkan diberikan kepada ayam kampung super karena kacang kedelai mentah mengandung beberapa trypisin yang tidak tahan panas.

Bungkil kedelai dipercaya memiliki gizi yang baik untuk pertumbuhan daging ayam joper, tetapi alangkah baiknya jika peternak tetap membatasi pemberiannya sebagai bahan pakan campuran.
Bungkil kedelai dipercaya memiliki gizi yang baik untuk pertumbuhan daging ayam joper, tetapi alangkah baiknya jika peternak tetap membatasi pemberiannya sebagai bahan pakan campuran.

2. Bahan Pakan Hewani 

a. Tepung Ikan

Tepung ikan termasuk jenis pakan yang mempunyai sumber protein tertinggi sehingga menjadi sumber protein paling baik untuk dikonsumsi ayam kampung super. Kandungan protein pada tepung ikan sekitar 60 – 70 %. Tepung ikan termasuk mudah dicerna dan mempunyai rasa yang enak ( palatabilitas tinggi) sehingga ayam tidak mengalami kesulitan saat memakan ransum yang dicampur dengan tepung ikan.

Sedangkan bila menggunakan bahan ikan kecil-kecil yang mempunyai banyak tulang maka kandungan protein sekitar 50 – 55 %.Disamping itu tepung ikan mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Penggunaan tepung ikan berkisar 5 – 15 % dari jumlah total pakan. Bila melebihi 20 % maka daging ayam dan telur ayam akan beraroma ikan.

pakan alternatif joper
Sumber pakan alternatif hewani yang bisa digunakan adalah tepung ikan karena kandungan nutrisinya baik.

b. Tepung Daging besarta Tulangnya

Tepung daging berasal dari sisa pemotongan daging yang berukuran kecil dengan tulang. Kandungan tepung daging yang dicampur dengan tulang mempunyai kandungan protein sebesar lebih dari 50 %, kalsium mengandung lebih dari 10 % dan fosfor sekitar5 %. Sedangkan kandungan energi metabolisme dan asam amino cukup rendah. Untuk maksimal penggunaan dalam pakan ternak sekitar 8 – 9 %.

Tepung daging dan tulang
Tepung daging dan tulang sebagai pakan ternak ayam petelur

d. Tepung Udang 

Tepung udang merupakan bahan pakan alternatif yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, berkisar 43 – 47%.  Pada umumnya tepung udang berasal dari limbah industri udang, kulitas gizi pada tepung udang tergantung pada baguian tubuh udang yang digiling.

e. Tepung Kerang 

Tepung kerang merupakan sumber calsium dengan kandungan hampir 36%. Peternak dapat memanfaat tepung kerang yang kaya akan kalsium ini sebagai sumber calsium. Ketersediaan tepung kerang pun masih banyak dan banyak ditemukan serta harganya yang terjangkau dan relatif murah.

f. Bekicot

Bekicot merupakan bahan pakan hewani yang mudah diperoleh serta mudah diperkembangbiakan. Dalam pemberiannya ke ayam kampung super peternak dapat memberikan bekicot dalam keadaan basah, kering serta tepung. Kandungan bekicot memiliki kandungan protein dalam bentuk basah 54,39%, dalam bentuk kering 64,13% dan dalam bentuk tepung 24,80%. Selain dagingnya, cangkang bekicot juga digunakan sebagai penganti tepung kapur.

Dalam pemberiannya ke ayam kampung super peternak dapat memberikan bekicot dalam keadaan basah, kering serta tepung.
Dalam pemberiannya ke ayam kampung super peternak dapat memberikan bekicot dalam keadaan basah, kering serta tepung.

Jika Anda tertarik untuk mencoba ternak ayam JOPER ini, kami dari hobiternak.com menyediakan. Kami siap mengirimkan DOC JOPER ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: Ternak ayam kampung super pedaging, jual ayam kampung super , jenis konsentrat yang baik untuk ayam kampung super, pakan ayam joper agar cepat besar, harga pakan ayam joper, konsentrat ayam joper, kebutuhan pakan ayam broiler per hari, kebutuhan pakan ayam per hari, jadwal pemberian pakan ayam joper, pakan ayam joper umur 1 bulan, ayam joper adalah

** Yuni Ambarwati **
*.

Image Sources :

  • gambar 2: Admin 1 hobiternak.com
  • gambar 4: tokopedia.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: