DOC Ayam Kampung Super

Mengatur Suhu Ruangan Yang Ideal Di Dalam Kandang

Mengatur Suhu Ruangan Yang Ideal Di Dalam Kandang

Ayam yang kita pelihara di dalam kandang, perlu mendapatkan penanganan tepat agar mempunyai pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Termasuk diantaranya yang berhubungan dengan suhu ruangan. Suhu ruangan yang ideal masing-masing umur ayam berbeda-beda. Pengaturan suhu dalam ruangan kandang diatur berdasarkan fase pertumbuhan ayam (umur ayam).

Untuk anak ayam yang masih kecil mempunyai suhu yang lebih tinggi dibandingkan suhu ruangan sehingga kita perlu meletakkan pemanas buatan atau brooder di dalam kandang untuk memberikan kehangatan pada anak ayam. Bila suhu ruangan tidak ditingkatkan sesuai dengan suhu anak ayam maka suhu anak ayam akan berangsur-angsur menurun. Jika tidak segera mendapat penanganan maka anak ayam akan kedinginan dan mudah terserang penyakit.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Penyakit yang sering menyerang anak ayam pada saat suhu ruangan dingin adalah penyakit radang paru-paru (pneumonia). Ayam yang terkena radang paru-paru mempunyai pernapasan yang tersengal-sengal. Ayam yang terkena penyakit itu akan berkurang nafsu makannya. Sehingga ayam menjadi cepat kurus dan praktis mempengaruhi pertumbuhan anak ayam. Untuk itu perlu pengaturan suhu ruangan yang tepat di dalam kandang.

Berikut pengaturan suhu ruangan di dalam kandang:

Umur 1 – 7 hari, suhu ideal kandang 35 derajat Celcius
Umur 8 – 15 hari, suhu ideal kandang 32,2 derajat Celcius
Umur 16 – 23 hari, suhu ideal kandang 29,44 derajat Celcius
Umur 24 – 30 hari, suhu ideal kandang 26,6 derajat Celcius.

Setelah berumur 31 hari, pemanas buatan sudah tidak diperlukan lagi. Meskipun begitu, bila kondisi sekitar kandang sangat dingin untuk pemanas buatan bisa dipasang kembali. Begitu juga bila suhu diluar ruang sangat panas, maka suhu di dalam ruangan perlu disesuikan. Jadi penggunaan pemanas buatan hanya digunakan pada malam hari saja.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Untuk pengaturan suhu diatas hanya untuk standar saja. Untuk memastikan suhu bisa melihat dengan penyebaran anak ayam di dalam kandang. Jika anak ayam bergerombol maka hal tersebut menandakan suhu ruangan di dalam kandang terlalu rendah. Pada saat ini jumlah brooder atau pemanas buatan perlu ditambah atau suhu dalam ruangan perlu ditingkatkan. Setelah penyebaran ayam cukup merata maka suhu perlu dipertahankan.

Pengontrolan perlu dilakukan pada siang dan malam hari dengan melihat termometer yang dipasang di dalam kandang. Dengan pengontrolan secara teratur maka akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan ayam yang kita pelihara. Dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik maka akan menghasilkan panen yang baik juga.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686
WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
Budidaya ayam kampung super dengan metode intensif, peluang usaha pada bisnis pembesaran ayam kampung super, bahan pakan tambahan pada pembesaran ayam kampung super fase grower, perbedaan bobot ayam pada pemeliharaan secara tradisional dan metode intensif, cara penanggulangan penyakit gumboro pada pemeliharaan ayam kampung super, harga bibit atau anakan ayam kampung super

** Yuni Ambarwati **

 

 

Leave a Reply