Pada pembudidayaan Bebek upaya pencegahan penyakit merupakan suatu komponen utama dalam peternakan agar dapat menghasilkan keuntungan dalam beternak. Menurut beberapa pendapat dari peternak bahwa bebek lebih kebal terhadap penyaki dibanding dengan ayam. Tetapi hal tersebut tidak dapat menjadi jaminan bebek kebal terhadap penyakit. Beberapa faktor penyebab bebek menjadi terserang penyakut disebabkan oleh lokasi kandang yang kumuh, sanitasi air yang tidak baik, manajemen pakan yang kurang mendukung serta penanganan DOD yang berkaitan dengan vaksin.

Bibit atau DOD bebek yang berumur 1 – 2 minggu merupakan masa krisis karena rawan dari kematian. Pada DOD yang baru menetas hingga umur 3 hari, bibit bebek masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya sehingga cukup aman saat dikirimkan hingga ke luar pulau. Setelah berumur 3 hari DOD biasanya divaksin untuk mencegah terjangkit penyakit. Namun pada umur 1 – 2 minggu merupakan masa yang paling kritis sehingga perlu penanganan yang optimal agar DOD tidak rentan mengalami kematian.

Aneka Ragam Bibit Bebek Petelur dan Pedaging (2)

Cara penanganan DOC DOD yang didatangkan dari suplier (produsen bibit) diantaranya :

  1. DOD yang dikirimkan merupakan anakan yang baru menetas sehingga dapat bertahan hingga 3 hari tanpa makan dan minum karena masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya.
  2. Jika tujuan pengiriman merupakan wilayah yang memerlukan waktu yang lebih lama seperti wilayah bandara di Papua maka sebaiknya ditambahkan kecambah sebagai ganti minum.
  3. Tidak mengirimkan DOD terlalu lama dari jam keberangkatan pesawat
  4. Pihak kargo bisa berinisiatif menyiramkan air ketika DOD atau bibit bebek dimasukkan ke dalam pesawat untuk menghindari hawa panas
  5. Pembeli sudah menunggu di kargo bandara agar setelah sampai DOD bisa segera dibawa ke tempat tujuan (kandang)
  6. DOD yang telah tiba di area kandang segera dikeluarkan dari boksnya dan dibiarkan istirahat sekitar 30 menit. Kemudian berikan larutan gula merah / gula jawa yang dicampur dengan air hangat. Alternatif lain bila tidak ada larutan gula merah adalah larutan gula pasir atau air susu kental manis agar stamina DOD kembali pulih.
  7. Pastikan semua DOD meminum larutan gula tersebut.
  8. Setelah semua minum maka ganti dengan minuman yang mengandung Vita Chick, Rhodivit, Sorbitol dll
  9. Setelah 1 jam sejak kedatangan di kandang, pakan konsentrat atau voer bisa diberikan. Jenis pakan adalah konsentrat yang mengandung protein 22 %.
DOD Bebek Peking
DOD Bebek Peking

Untuk menekan tingkat kematian pada DOD umur 1 – 2 minggu perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Untuk DOD atau bibit bebek yang baru menetas hingga berumur 3 minggu menggunakan kandang yang dilengkapi dengan pemanas buatan. Lampu perlu dinyalakan siang dan malam. Perhatikan penyebaran bibit bebek. Jika anakan berkumpul di sekitar lampu maka kemungkinan DOD mengalami kedinginan, untuk jumlah lampu bohlam bisa ditambah sehingga penyebaran panas cukup merata.
  • Temperatur kandang selalu dipantau sesuai dengan umur DOD.
  • Sekeliling kandang perlu ditutup dengan menggunakan plastik atau terpal agar angin tidak mudah masuk. Pada umur 3 minggu ke atas bibit bebek bisa dipindahkan ke kandang pembesaran yang beralas litter ( sekam padi yang dicampur dengan kapur dan serutan kayu). Tinggi litter bisa mencapai 7 – 10 cm. Setiap 3 – 4 hari sekali sekam tersebut di bolak-balik agar tidak lembab. Plastik yang menutupi sekeliling kandang bisa dibuka.
  • Pemberian pakan sedikit demi sedikit dengan frekuensi sering. Hal itu untuk menghindari pakan terbuang dan tidak ditumbuhi jamur. Kandungan protein mencapai diatas 20%. Jika ingin memberikan pakan basah atau semi basah sebaiknya dikontrol agar tidak diberikan terlalu banyak. Kesegaran pakan perlu dijaga.
  • Pemberian vitamin dan antibiotik sangat dianjurkan karena dapat merangsang nafsu makan, pertumbuhan menjadi seragam dan terutama untuk mencegah penyakit. Pada umur dibawah 3 minggu kapasitas per meter perlu dijaga dan tidak melebihi 30 ekor/ meter. Kapasitas yang berlebihan bisa menyebabkan udara pengap dan bebek bisa menderita stres.
  • Menjaga sirkulasi kandang tetap lancar dengan memberikan ventilasi yang cukup. Ventilasi mempunyai fungsi untuk mengatur keseimbangan kadar CO2 dan O2 di dalam kandang karena pada umur dibawah 3 minggu masih peka terhadap penyakit saluran pernapasan.
  • Mengusahakan kandang dalam kondisi kering (tidak basah atau lembab) dan bersih. Kandang yang kotor dapat mendatangkan penyakit. Untuk anakan bebek sebaiknya menggunakan kandang yang lantainya dari kawat yang rapat sehingga kaki tidak terjepit namun kotoran dapat jatuh ke bawah kandang. Laksanakan program penyemprotan menggunakan desinfectant secara teratur.
  • Dalam satu bok kandang dipelihara bebek dengan jenis atau umur yang sama untuk menghindari penularan penyakit.
DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida

Penyakit yang biasanya menyerang Bebek

Banyaknya penyakit yang menyerang bebek disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang baik, pemberian pakan yang tidak berkualitas dan beberapa faktor lainnya. Ketika bebek terserang penyakit usahakan agar peternak segera memberikan pertolongan atau penangan sesegera mungkin dan memisahkan antara bebek yang sakit dengan yang sehat. Hal ini dikarenakan agar penyakit yang disebabkan oleh bebek tidak menyebar ke bebek lainnya.Penyakit yang menyerang bebek tersebuit disebabkan oleh beberapa bakteri, virus, jamur dan parasit. Adapun jenis – jenis penyakit yang disebebkan oleh beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut :

1.Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri

BAKTERI!

Pasteurellosis Ngorok Corryza/Pilek
Collisepticemia Coccidiosis/Berak Darah Botulismus
Bumble Foot/Kaki Bengkak Avian Cholera/Kolera Salmonellosis

2.Penyakit yang disebabkan oleh Virus

VIRUS!

Avian Influenza/Flu Burung Fowl Pox/Cacar Duck Virus Hepatitis

3.Penyakit yang disebabkan oleh Jamur

JAMUR!

Aflatoksikosis Pneumonia

4. Penyakit yang disebabkan oleh Parasit

PARASIT!

Cacingan Kutu Bulu Bebek 

5.Penyakit akibat sebab lain

Ascites Prostasi Phallus

Kami dari hibiternak.com menyediakan berbagai jenis bibit (DOD) bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

Apabila Anda tertarik untuk beternak Itik Hibrida kami menyediakan DOD Itik Hibrida Pedaging. Kami siap mengirimkan ke seluruh pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan.
Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
pakan dod bebek, pakan anak bebek yang baik, cara memelihara anak bebek agar tidak mati, kandang dod bebek pedaging, vitamin untuk anak itik, cara membuat kandang anak bebek, cara memelihara bebek agar cepat besar, harga bebek petelur umur 1 bulan,

**Yuni Ambarwati*

*.


1 Comment

4 Jenis Bebek Petelur yang Potensial untuk di Budidayakan · November 21, 2018 at 9:02 am

[…] Tips Memelihara DOD atau Bibit Bebek dari umur 1 – 2 Minggu Agar Mengurangi Resiko Kematian […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: