Ternyata Penting, Masa Istirahat Kandang Pasca Panen

Di dunia peternakan ayam, istirahat kandang saat pasca panen menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan oleh peternak.

Saat ayam sudah di panen dan kandang akan di isi oleh ayam baru lagi (chick in) maka peternak harus melakukan istirahat kandang terlebih dahulu.

Istirahat kandang ini bertujuan untuk menghilangkan semua kotoran atau bibit penyakit ayam yang masih menempel di lingkungan kandang.

Karena memang sebelumnya bila kandang sudah terpakai untuk ternak ayam maka akan ada sisa-sisa kotoran yang masih menempel.

Kotoran-kotoran tersebut jika tidak dibersihkan akan mengakibatkan ternak ayam periode selanjutnya menjadi terganggu.

Saat sebelum waktu istirahat kandang berlangsung, peternak bisa mencuci semua area kandang baik itu atap, dinding sampai peralatan makan dan minum ayam.

Dengan dilakukan pencucian tersebut maka bibit penyakit akan mati dan tidak akan menyebar ke ayam yang akan diternak selanjutnya. 

Pembersihan kandang pasca panen sangat penting dilakukan agar tidak ada kotoran atau bibit penyakit yang menempel | image 1
Pembersihan kandang pasca panen sangat penting dilakukan agar tidak ada kotoran atau bibit penyakit yang menempel | image 1

Berikut tahapan pembersihan kandang :

  1. Semua peralatan kandang baik itu tempat pakan ataupun tempat minum di keluarkan dari kandang lalu dibersihkan menggunakan air bersih.
  2. Setelah tempat pakan dan minum di cuci menggunakan air bersih, rendamlah mengunakan larutan desinfektan selama 30 menit. Penggunaan desinfektan ini bertujuan untuk mematikan semua bibit penyakit yang menempel.
  3. Jika sudah 30 menit, tempat pakan dan minum bisa dikeringkan
  4. Keruk semua sekam dan kotoran ayam yang ada di lantai kandang sampai bersih, lalu masukkan ke karung
  5. Setelah kandang sudah kosong semua, lalu bersihkan menggunakan air bersih dengan menggunakan alat penyemprotan air bertekanan tinggi
  6. Lalu setelah disemprot menggunakan air bersih, selanjutnya yaitu disemprot menggunakan air deterjen. Terakhir semprot kandang menggunakan air larutan desinfektan
  7. Bersihkan selokan dan cabut rumput yang mengganggu di sekitar lingkungan kandang
  8. Cek apakah ada atap yang bocor atau tidak, apabila ada segera di perbaiki
  9. Cek tirai atau dinding kandang apakah ada yang rusak atau tidak, apabila ada segera lakukan perbaikan
  10. Kuras dan bersihkan kembali tampungan air dan pipa
Semprot semua area kandang menggunakan air bersih, deterjen dan desinfektan secara berurutan | image 2

Nah itu dia cara pembersihan kandang saat ayam sudah di panen semua dan dikeluarkan dari kandang.

Lalu jika semua sudah selesai maka saat nya masa istirahat kandang berlangsung.

Masa Isitrahat Kandang

Apabila kandang sudah dilakukan pembersihan secara menyeluruh maka waktunya kandang di istirahatkan terlebih dahulu.

Masa istirahat kandang ini minimal selama 14 hari terhitung dari waktu dimana kandang disemprot menggunakan desinfektan.

Ada juga peternak yang masa istirahat kandangnya selama 4 minggu lebih. Alasannya karena dahulu ayam yang diternak pernah menyidap penyakit jadi agar lebih meminimalisir bibit penyakit datang lagi masa istirahat kandang di lamakan.

Dalam waktu masa istirahat kandang berlangsung peternak tidak boleh memasuki bibit ayam yang baru sebelum masa istirahat selesai.

Setelah semua pembersihan selesai istirahatkan kandang minimal 14 hari sebelum ayam periode selanjutnya masuk | image 3

Masa istirahat kandang sangat penting dilakukan untuk mencegah bibit penyakit dari ayam periode sebelumnya masih menempel di dalam kandang atau di sekitar lingkungan kandang.

Biasanya ayam yang dipelihara tanpa adanya masa istirahat kandang dari periode ternak sebelumnya akan memiliki sistem imunitas yang berbeda dan lebih rendah.

Jadi sangat penting masa istirahat kandang ini dilakukan untuk menjaga agar ayam yang dipelihara periode selanjutnya tetap dalam keadaan sehat dan memiliki sistem imunitas yang tinggi. 

Tidak perlu khawatir bila masa istirahat kandang ini membutuhkan waktu yang lama.

Karena lebih baik menunnggu waktu yang lama namun mendapatkan hasil yang maksimal daripada waktu cepat namun hasilnya tidak maksimal.

Baca juga : 

Ternyata Penting, Masa Istirahat Kandang Pasca Panen | infografis

Itu dia informasi mengenai pembersihan dan masa istirahat kandang waktu pasca panen. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan bisa comment di bawah atau bisa langsung hubungi hobiternak.com 

Dan bila Anda sedang mencari bibit ayam silahkan hubungi kami. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk respon cepat hubungi nomor dibawah ini :

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (10 votes)

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version