Kandang yang Baik untuk Ternak Ayam Kampung Super (JOPER)

Kandang bagi ayam berguna sebagai tempat untuk berteduh. Kandang dapat digunakan untuk menghindarkan ayam dari berbagai bahaya dari lingkungan sekitar dan ancaman dari binatang buas. Kondisi kandang yang bersih dan nyaman mampu mencegah ayam dari stres dan berbagai macam penyakit sehingga ayam betina dapat memproduksi telur maupun daging yang lebih baik. Fungsi utama kandang yakni untuk menjaga hewan ternak agar tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatannya. Secara tidak langsung, kandang sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ayam.

Kandang yang Baik untuk Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) | gambar 1
Kandang yang Baik untuk Ternak Ayam Kampung Super (JOPER) | gambar 1

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Kandang Ayam Jawa Super 

  1. Kandang dibuat terpisah dari rumah penduduk dengan jarak minimal 10 meter. Hal ini untuk mencegah pencemaran lingkungan seperti bau amoniak hasil dari kotoran ayam.
  2. Kandang yang baik tidak lembab, tergenang air dan atap tidak bocor.
  3. Usahakan lantai kandang ternak ayam kampung super lebih tinggi dibandingkan dengan tanah, hal ini supaya kandang tetap kering dan selalu bersih. Kebersihan merupakan hal yang sangat penting dalam beternak agar kualitas ayam unggul.
  4. Bahan yang digunakan untuk membuat kandang mudah dicari dan harganya cukup murah, hal ini untuk mengantisipasi apabila kandang terdapat kerusakan bahan yang digunakan untuk memperbaikinya tidak sulit untuk dicari.
  5. Pembuatan ventilasi agar udara yang masuk dalam kandang bisa lancar dan untuk menghilangkan bau pengap di dalam kandang.
  6. Usahakan kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup, oleh karena itu sebaiknya kandang dibuat membujur dari barat ke timur.
  7. Tidak banyak dilewati lalu lintas umum.
  8. Posisi kandang lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya agar air tidak menggenang.
  9. Sebelum kandang diisi dengan ayam, sebaiknya disemprot dahulu dengan desinfektan yang tidak berbahaya bagi ayam.
Agar ayam JOPER dapat tumbuh dengan baik maka peternak perlu memperhatikan menejemen pembuatan kandang dengan maksimal | gambar 2
Agar ayam JOPER dapat tumbuh dengan baik maka peternak perlu memperhatikan menejemen pembuatan kandang dengan maksimal | gambar 2

Model kandang disesuaikan dengan jenis ayam yang dipelihara dan jumlahnya. Kandang yang dibuat untuk ternak Ayam Kampung Super biasanya menggunakan sistem kandang postal (litter) yaitu kandang tidak memiliki halaman tempat pengumbaran ayam, jadi ayam selalu di dalam kandang dengan alas litter (serutan kayu atau sekam). Kelebihan dari sistem ini adalah dapat menghemat tempat, biaya, dan tenaga dalam perawatannya. Selain itu ayam juga bisa mendapatkan vitamin B12 yang berasal dari litter penutup lantai.

Bagaimana Sistem Kelayakan dalam Pembuatan Kandang ? 

1.Letak Kandang

Kandang dibuat kurang lebih sejauh 10 m dari perumahan penduduk atau rumah tinggal Anda. Hal ini untuk mengantisipasi ketika ayam sedang terserang penyakit, maka penyakit tersebut tidak akan langsung menyebar ke manusia. Selain itu hal ini juga bertujuan agar penduduk tidak terganggu dengan limbah hasil ternak.

Sebaiknya memilih lokasi yang rindang dan terhalang oleh bangunan yang lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang. Semakin banyak ayam jawa super yang dipelihara, maka potensi menimbulkan suara berisik tentu bertambah. Khususnya pada jam-jam tertentu pasti mengganggu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pemilihan lokasi kandang harus benar-benar diperhatikan. Apabila kandang kita mengganggu lingkungan sekitar, maka peternakan akan dianggap buruk, diprotes, atau bahkan ditutup paksa.

Baca juga ! 

Struktur tanah di lokasi kandang juga cukup penting untuk di perhatikan | gambar 3
Struktur tanah di lokasi kandang juga cukup penting untuk di perhatikan | gambar 3

a. Letak Kandang dekat dengan Sumber Air 

Selain itu, peternak juga harus memastikan bahwa lokasi pembuatan kandang harus dekat dengan sumber air. Hal ini berguna agar dapat memberikan kemudahan peternak dalam melakukan pembersihan kandang.  Selain itu ayam jawa super juga bisa mendapatkan air minum yang bersih. 

b. Akses transportasi yang mudah

Kemudahan dalam akses transportasi membantu dalam pemasaran, keperluan peternakan, atau apabila pengepul atau konsumen meninjau langsung kandang. Dipastikan bisa diakses khususnya kendaraan roda dua atau roda empat.

c. Perhatikan penanganan limbah 

Limbah ternak harus bisa tersalur dengan baik agar tidak terjadi tumpukan kotoran atau genangan air, karena hal tersebut mudah menimbulkan penyakit baik bagi hewan ternak itu sendiri maupun bagi manusia.

Pemilihan lokasi biasanya memang memerlukan waktu yang cukup panjang. Hal ini bertujuan agar kandang yang dibuat dapat sesuai dengan standar yang diajurkan dan dapat bertahan lama.  

Limbah kotoran ayam dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi peternak | gambar 4
Limbah kotoran ayam dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi peternak | gambar 4

Pastikan lingkungan sekitar kandang tidak dibangun pemukiman, dikarenakan bisa mengancam keberadaan kandang. Hal ini bisa Anda cari tau dari perangkat desa. Pada umumnya untuk skala kecil memang tidak terlalu bermasalah, namun sebaiknya tetap dipastikan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Syarat Arah Kandang

Syarat arah kandang yang baik yaitu mengarah ke timur dan barat dan terkena matahari secara langsung. Hal ini untuk menjaga kesehatan ayam kampung, karena sinar matahari dapat membantu metabolisme kalsium sehingga tulang ayam akan terjaga. Namun, pernah dilakukan penelitian, kepala ayam yang menghadap ke timur lebih sehat dibandingkan dengan ayam yang menghadap ke barat.

3. Ukuran Kandang

Ukuran kandang untuk ternak ayam kampung super disesuaikan dengan besar kecilnya modal yang dimiliki oleh peternak. Selain itu ukuran kandang juga disesuaikan dengan ukuran lahan yanng telah disediakan. Kandang yang dibutuhkan untuk memelihara ayam jawa super ada 2 yaitu kandang boks untuk anakannya (1-3 minggu) dan kandang pembesaran untuk usia 3-8 minggu.

a. Tipe Kandang Boks

Tipe kandang boks digunakan untuk tempat pemeliharaan ternak DOC ayam kampung super. Disebut kandang boks dikarenakan memang bentuknya boks. Ukuran 1 m2 bisa diisi dengan 70 ekor DOC Joper. Pembuatan kandang boks juga memiliki syarat-syarat tertentu. Hal yang paling penting adalah suhu kandang boks, minimal sekitar 30-32 derajat Celsius. Peternak bisa menggunakan lampu bohlam dalam boks untuk menjaganya tetap hangat.

Baca juga ! 

Pola pembuatan kandang yang baik serta pembersihan kandang teratur dapat membuat ayam lebih terjaga kesehatanya | gambar 5
Pola pembuatan kandang yang baik serta pembersihan kandang teratur dapat membuat ayam lebih terjaga kesehatanya | gambar 5

Ketika ayam joper memasuki usia 21 hari, ayam joper dipindahkan ke kandang pembesaran. Untuk ukuran kandang pembesaran usia 3 minggu sampai panen yaitu sekitar 13 meter persegi ukuran kandang ayam joper 100 ekor. Untuk ukuran kandang ayam 1000 ekor yaitu 600 meter persegi, sehingga setiap 1 meter persegi kepadatannya 17 ekor ayam.

Jika tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk beteranak, bisa menggunakan model kandang ayam di lahan sempit dengan memanfaatkan lahan yang ada secara maksimal seperti menggunakan sistem tumpangsari.

4. Kontruksi Bangunan Kandang 

Cara membuat kandang atau konstruksi bangunan kandang tidak perlu membeli bahan dengan harga yang mahal, cukup dengan harga yang murah dan berkualitas. Karena saat kandang rusak, anda bisa mendapatkan bahan dengan mudah. Peternak ayam jawa super juga dapat memanfaatkan limbah bekas dari membangun rumah seperti triplek, papan kayu, bambu, dan lain sebagainya.

Namun sebaiknya kandang dibuat dengan sebaik-baiknya, hal ini bertujuan agar bangunan tahan lama. Ada beberapa pilihan bahan yang bisa digunakan untuk membuat kandang, diantaranya bambu, baja ringan, besi, dan kawat. Dari beberapa jenis bahan tersebut, kawat merupakan yang paling murah dan mampu bertahan 5 tahun pemakaian normal.

Baca juga ! 

a. Pembuatan atap kandang

Dalam membuat atap kandang, peternak bisa menggunakan terpal, rumbai dan asbes. Sebaiknya jangan menggunakan atap yang tergolong menimbulkan panas. Dinding bisa dengan menggunakan anyaman bambu dan triplek. Lantai kandang sebaiknya dibuat dengan menggunakan semen atau tanah yang dipadatkan dan dibuat lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Hal ini untuk memudahkan sanitasi.

Apabila terpaksa tidak menggunakan semen sebaiknya lantai kandang dilapisi dengan campuran sekam, serbuk gergaji dengan ketinggian kurang lebih 5 cm. Tujuannya agar lantai kandang bisa menyerap air. Sehingga kandang tidak becek, lembab dan selalu kering.

Jika anda menginginkan Bibit/DOC Ayam Kampung Super, kami jual DOC ayam kampung super dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan terpercaya. Untuk harga DOC ayam kampung super dan info lebih lanjut silakan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, cara membuat kandang DOC, ternak DOC ayam kampung super, ukuran kandang ayam 1000 ekor, model kandang ayam di lahan sempit, ukuran kandang ayam joper 100 ekor, pakan ayam joper

*.

Image Sources :

  • gambar 1: Admin 2 hobiternak.com
  • gambar 2: Admin 2 hobiternak.com
  • gambar 3: alatternakayam.com
  • gambar 4: tokopedia.com
  • gambar 5: Admin 2 hobiternak.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: