Jenis Ayam Ringneck Pheasant Yang Sangat Mempesona

Jenis Ayam Ringneck Pheasant Yang Sangat Mempesona – Apakah Anda tahu apa itu ayam ringneck pheasant? Ayam ringneck pheasant merupakan jenis ayam pegar yang berasal dari keluarga phasianidae yang mempunyai 35 spesies dan 11 genera. Jenis ayam ini memiliki bulu yang indah dan unik. Ayam ini berasal dari negeri tirai bambu Cina dan Tibet. Ayam ringneck pheasant memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lumayan bagus.

Ayam Ringneck pheasant di Indonsia sudah mulai di kenal dan di minati oleh sebagian masyarakat penghobi ayam hias. Karena bentuknya seperti burung maka tak heran jika ada sebagian orang mengira bahwa ayam pheasant ini sebagai jenis burug. 

Mengapa di sebut sebagai ayam, karena jenis pheasant ini kebanyakan melakukan aktifitas di atas tanah. Meskipun mereka bisa terbang namun jarang sekali pheasant ini terbang. Mereka akan terbang jika ingin bertengger atau saat dalam keadaan bahaya atau akan di serang oleh musuh. 

Ringneck Pheasant memiliki bulu di bagian lehernya yang melingkar seperti sedang memakai kalung
Ringneck Pheasant memiliki bulu di bagian lehernya yang melingkar seperti sedang memakai kalung

Ayam ringneck pheasant memiliki ciri khas yang sangat mencolok. Pada bagian leher terdapat bulu yang berbentuk melingkar seperti kalung dan berwarna putih. Dengan begitu, tak heran bila ayam ringneck pheasant sering disebut dengan ayam pegar kalung. Karena bentuknya memang mirip kalung.

Berikut adalah ciri-ciri ayam ringneck :

  1. Jenis ayam yang memiliki ekor panjang
  2. Ayam ringneck memiliki jengger berwarna merah
  3. Kepala ayam ringneck berwarna kebiruan
  4. Tubuh didominasi dengan warna coklat
  5. Di bagian punggung terdapat bintik-bintik putih
  6. Pada bagian sayap berwarna kekuningan dan bintik hitam
  7. Pada bagian leher terdapat bulu putih melingkar seperti sedang memakai kalung

Ayam ringneck pheasant memiliki sifat agresif, jadi apabila ayam jenis ini merasa terganggu, maka dia akan menyerang. Tetapi dengan memiliki sifat agresif ayam ringneck pheasant tidak mudah stress meskipun berada di tempat baru. Di Indonesia jumlah ayam ringneck sudah mulai terancam. Kenapa begitu? Karena sudah banyak pemburu yang mengincar jenis ayam ini. Para pemburu akan mengambil ekornya dan dimanfaatkan untuk hiasan baju ataupun kepala. Di benua Amerika sudah mulai diadakan penangkaran untuk menyelamatkan populasi ringneck supaya tidak terjadi kepunahan.

Ringneck pheasant salah satu jenis pheasant dari sekian banyak jenis pheasant yang ada
Ringneck pheasant salah satu jenis pheasant dari sekian banyak jenis pheasant yang ada

Produktivitas Ayam Ringneck Pheasant

Produktivitas ayam ringneck pheasant termasuk tinggi, dalam satu periode jenis ayam ini dapat menghasilkan 20-30 butir telur. Ringneck pheasant sebenarnya kurang mempunyai kemampuan dalam mengerami. Saat bertelur ayam ringneck akan menyembunyikan telurnya di dalam tanah atau di tempat yang tersembunyi. Selain itu, ayam ringneck akan meletakkan ranting-ranting di sekitar telur  supaya predator tidak memakan telur-telur tersebut.

Di Indonesia ayam ringneck pheasant ada yang berwarna hijau, merah dan blueblack. Untuk yang warna hijau biasa di sebut dengan nama Green Ringneck Pheasent. Jenis ayam ini sangat mudah diternak. Tak heran bila banyak yang beternak ayam ringneck pheasant. Warna pada bulu ayam ringneck pheasant sangat unik dan cantik. Selain bulu yang cantik, ayam ringneck pheasant juga memiliki keunikan lagi. Yaitu apabila sedang terjadi gempa, ayam ringneck pheasant akan bersuara atau berbunyi. Jadi, suara ayam ringneck pheasant akan menjadi alarm bagi sang pemilik. Ringneck pheasant akan bersuara kurang lebih 5 detik sampai gempa bumi benar-benar selesai.

Berikut adalah daftar harga ayam ringneck pheasant di hobiternak.com :
Harga Ringneck Pheasant

Ringneck Pheasant 1 Bulan Rp. 1.200.000/pasang
Ringneck Pheasant 2 Bulan Rp. 1.600.000/pasang
Ringneck Pheasant Remaja Rp. 2.300.000/pasang
Ringneck Pheasant Dewasa Rp. 3.300.000/pasang

Harga Golden Pheasant

Golden Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Golden Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang

Harga Silver Pheasant

Silver Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Silver Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang

Harga Red Lady Pheasant

Red Lady Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Red Lady Pheasant Indukan Rp. 10.000.000/pasang

Harga Green Ringneck Pheasant 

Green Ringneck Remaja Rp. 2.500.000/pasang
Green Ringneck Dewasa Rp. 3.700.000/pasang

Harga Pheasant Lainnya

Yellow Pheasant Dewasa Rp. 10.500.000/pasang
Red Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang
Lady Amherst’s Pheasant Dewasa Rp. 14.000.000/pasang
Khalij Pheasant Dewasa Rp. 15.000.000/pasang

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

Pakan ayam ringneck pheasant

Untuk pakan ayam ringneck pheasant Anda bisa berikan dedak yang dicampur dengan jagung giling. Pakan dapat diberikan 2 kali sehari saat pagi dan sore hari. Selain dedak dan jagung giling Anda juga bisa berikan pepaya yang sudah masak. Harga makanan ayam ringneck pheasant sangat mudah dan murah. Apabila Anda tidak mempunyai pakan tersebut, Anda bisa beli di toko pakan ternak di sekitar rumah Anda.

Untuk pemberian pakan pada ayam pheasant Anda bisa menggunakan jagung giling
Untuk pemberian pakan pada ayam pheasant Anda bisa menggunakan jagung giling

Kandang ayam ringneck pheasant

Untuk kandang ayam ringneck pheasant Anda bisa buat sendiri dengan ukuran 1,5 m X 1,2 m. Kandang juga bisa dilengkapi tempat bertengger, karena ringneck pheasant suka bertengger. Kebersihan kandang juga harus selalu di jaga. Kandang bisa Anda bersihkan selama 2 hari sekali atau untuk lebih bagusnya setiap hari. Kenapa kandang harus selalu dibersihkan? Karena kandang yang bersih membuat ayam bisa terjaga kesehatannya dan tidak terhindar dari berbagai serangan penyakit.

jenis ayam ringneck
Kandang Ringneck Pheasant

Apabila Anda tertarik untuk membeli jenis ayam ringneck pheasant Anda bisa pesan di tempat kami. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias dan telurnya juga. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. 
Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
harga ayam ringneck, makanan ayam ringneck, ayam ringneck hijau, ayam ringneck merah, suara ayam ringneck, harga ayam ringneck merah, harga ayam ringneck hijau,

**Meilani Sawitri**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: