Cara Ternak Bebek Petelur yang Baik, Apakah Bisa?

Cara Ternak Bebek Petelur yang Baik, Apakah Bisa?

Cara ternak bebek petelur yang baik merupakan cara jitu untuk menghasilkan produksi bebek dengan kualitas yang baik. Bebek merupakan unggas yang menurut sejarah nenek moyang berasal dari Amerika utara. Dahulu bebek dianggap hewan liar yang kemudian dijinakkan oleh manusia yang sampai saat ini menjadi hewan peliharaan. Dalam penyebaran ternak bebek di Indonesia banyak versi tentang sejarahnya. Pertama kali masuk ke Indonesia diperkirakan dari Hindia Belanda dan dibawa pertama kali ke daerah Pulau Jawa. Di Pulau Jawa, bebek banyak dipelihara karena pemeliharaannya mudah dan tahan terhadap penyakit. Penyebaran selanjutnya terjadi pada masa kolonial Belanda dan makin berkembang pada masa kemerdekaan Indonesia. Sejak itulah, bebek mulai menyebar di seluruh indonesia.

cara ternak bebek petelur yang baik
bebek Unggulan

Bebek dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai petelur dan pedaging. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa hal mengenai bebek petelur. Jenis bebek petelur ada beberapa macam, diantaranya bebek tegal, bebek Khaki Campbell, bebek alabio, bebek bali, dan bebek mojosari. Dalam dunia peternakan, beternak bebek petelur cukup digemari oleh masyarakat. Cara ternak bebek petelur modern saat ini sering diterapkan oleh para peternak, karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Nutrisi pakan ternak bebek petelur berupa kosentrat / voer, untuk pakan tambahan dari bahan nabati bisa diberikan seperti jagung giling, dedak halus, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dan bungkil kacang tanah. Sedangkan untuk pakan tambahan dari bahan hewani seperti tepung ikan, tepung tulang, tepung, kerang, dan tepung limbah udang.

cara ternak bebek petelur yang baik
Voer atau BR Sebagai Pakan Ayam Cemani

Cara ternak bebek petelur kering mungkin terdengar asing di sebagian peternak. Namun beternak tanpa air/ kering merupakan salah satu usaha yang dipandang mampu untuk mengatasi masalah, dengan mengalihkan pemeliharaannya ke sistem intensif. Keuntungan dari cara ternak bebek petelur tanpa air adalah kesehatan dan keselamatan terjamin, produktivitas telur lebih tinggi, serta biaya pemeliharaan lebih efisien.

cara ternak bebek petelur yang baik
Cara Tenak Itik Petelur Tanpa Air

Pemilihan lokasi untuk kandang merupakan langkah awal untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan bebek. Kandang bebek petelur dibedakan berdasarkan usianya. Tipe kandang bebek petelur, yaitu:

  • Kandang boks

DOD usia 0 hari sampai 3 minggu bisa diletakkan di kandang boks. Bahan yang digunakan dari bambu atau papan, sedangkan untuk lantainya bisa menggunakan kawat kasa (ram ayam). Atau bisa juga dengan anyaman bambu dengan jarak ayaman1-1,5 cm, tujuannya agar kotoran ayam bisa jatuh ke bawah dan agar kaki bebek tidak teperosok . Dengan ukuran luas kandang 1m2, dapat menampung 50 ekor DOD.

Adakah tipe kandang bebek petelur untuk pembesaran atau usia dewasa?

Untuk kandang pembesaran sendiri ada beberapa macam diantaranya:

  • Kandang baterai

Kandang baterai merupakan kandang yang lebih tepatnya digunakan pada ayam petelur, yaitu dibuat petakan-petakan yang disusun berderet. Setiap kotaknya diisi satu ekor bebek. Bahan yang sering kali digunakan untuk membuat kandang ialah bambu atau kawat dengan ukuran panjang 45 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 60 cm. Dengan pembuatan lantai sedikit miring tujuannya agar, telur yang dihasilkan bisa menggelinding keluar.

  • Kandang sistem postal

Yang dimaksud dengan kandang sistem postal ialah kandang yang keseluruhannya dinaungi oleh atap atau tertutup rapat. Sehari-harinya kegiatan itik berada di dalam kandang dari mulai makan, minum, hingga istirahat dilakukan didalam kandang.

  • Kandang ren

Kandang ini mempunyai 2 fungsi ruangan, yaitu ruangan pertama untuk bertelur, beristirahat dan tempat bebek untuk tidur. Sedangkan ruang yang kedua digunakan untuk makan, minum, dan beraktifitas disiang hari. Ruang pertama didesaign menggunakan atap yang bertujuan untuk menjaga itik dari panas dan hujan. Sementara untuk ruang kedua tidak menggunakan atap yang didesaign sebagai kandang umbaran. Untuk memisahkan antara ruang yang satu dengan yang lain, bisa diberikan pagar pemisah dan pintu. Lantai kandang untuk ruang yang tertutup perlu diberikan alas berupa sekam padi, jerami, atau pasir kering. Adapun tujuan untuk pemilihan alas bagi bebek ialah agar mencegah telur tidak pecah. Baca juga cara ternak itik petelur tanpa air dan Macam-Macam Kandang Bebek Petelur Modern

Permintaan telur bebek yang tidak menentu di setiap daerah, menjadikan harga bebek petelur di berbagai daerah berbeda dan tidak stabil. Faktor dari tidak stabilnya harga dan hasil produksi dapat dipengaruhi dari berbagai macam aspek. Analisa usaha bebek petelur perlu dipikirkan matang-matang, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat mengurangi resiko kerugian.

Bebek petelur merupakan usaha yang cukup banyak digeluti oleh masyarakat, selain untuk memenuhi pasokan telur bebek, juga dapat membantu perekonomian keluarga. Cara beternak bebek petelur bagi pemula bisa memulai dengan mempertimbangkan hasil panen, karena tidak sedikit peternak bebek petelur yang kebingungan dalam memasarkan hasil panennya. Namun tidak sedikit juga peternak yang memasarkan langsung hasil panennya. Memahami dari mulai analisa, pembibitan, pembesaran, dan masa panen hingga pemasaran merupakan cara ternak bebek petelur yang baik.

Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
cara ternak bebek petelur modern, pakan ternak bebek petelur, cara ternak bebek petelur kering, cara ternak itik petelur tanpa air, kandang bebek petelur, harga bebek petelur, analisa usaha bebek petelur, cara ternak bebek petelur bagi pemula

*Dwi Sri Rahayu*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: