Cara Ternak Bebek Petelur Kering yang Benar Untuk Pemula

Cara Ternak Bebek Petelur Kering yang Benar Untuk Pemula – Bisnis beternak bebek petelur merupakan salah satu bisnis yang cukup diminati karena menghasilkan keuntungan yang cukup besar, terlebih jika dibudidayakan dengan intensif.

Selama ini, ternak itik air ataupun itik yang suka di dalam air seperti bebek petelur ini memerlukan tempat yang luas. Karena, beternak bebek air petelur dengan metode konvensional banyak yang menyertakan kolam di dekat kandangnya. 

Pada umumnya, beternak bebek petelur dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Namun, saat ini kegiatan beternak bebek petelur semakin berkembang hingga perkotaan. Perbedaannya adalah dari cara membudidayakannya. Masyarakat desa biasanya memelihara secara tradisional dengan beternak bebek petelur di lahan sempit atau kandang seadanya dan diangon di sawah yang kosong atau baru saja panen. Sedangkan di sekitar perkotaan menggunakan cara ternak bebek petelur modern dengan pemeliharaan intensif yaitu memakai kandang bebek petelur modern dan peralatan modern dan tanpa kolam air.

Pemeliharaan Bebek Petelur Sistem Kering
Ternak bebek petelur lahan kering atau sistem kering baik untuk diterapkan demi menunjang produktivitas bebek.

Sistem inilah yang biasa disebut dengan cara ternak itik petelur kering atau bebek petelur kering. Hal ini sesuai dengan kondisi perkotaan yang memiliki lahan sempit dan tentu saja tidak jauh dari permukiman, sehingga ketika menggunakan cara ternak bebek petelur kering atau cara ternak itik petelur tanpa air bertujuan untuk menghindari polusi bau yang ditimbulkan.

Keuntungan Ternak Bebek Petelur Tanpa Air dan Angon

Dipilihnya sistem beternak bebek tanpa air oleh para peternak tentu bukan tanpa alasan. Banyak hal-hal yang mendukung budidaya bebek petelur kering atau ternak bebek sistem kering ini. Ternak bebek petelur sistem kering ini juga sering disebut dengan bisnis atau budidaya bebek petelur tanpa air. Biasanya peternak yang menggunakan metode beternak bebek petelur tanpa air juga menyertakan sistem beternak bebek petelur tanpa angon. Nah, kedua sistem beternak bebek atau itik petelur tersebut apabila dijadikan satu maka menjadi beternak itik atau bebek secara intensif. Yakni memadukan ternak itik petelur tanpa air dengan ternak itik petelur tanpa angon. 

Keuntungan dari beternak itik petelur secara intensif tanpa air dan angon adalah sebagai berikut : 

1. Produktivitas Telur Lebih Tinggi

Keuntungan dari ternak bebek petelur sistem kering  dan tanpa angon yang pertama adalah produktivitas telur lebih tinggi. Karena bebek akan fokus dipelihara di dalam kandang dengan pemberian pakan yang eksklusif. Selain itu kesehatan dan keselamatan bebek lebih terjamin, dan biaya pemeliharaan bebek lebih efisien.  Pemeliharaan bebek petelur kandang kering dan tanpa angon juga akan menghasilkan telur hingga 203 butir per ekor per tahun. Sedangkan jika menggunakan sistem konvensional dengan angon dan kolam, produktivitas telur hanya mencapai angka 80 butir per ekor per tahun. Sungguh jauh bukan perbandingannya? Maka dari itu cara ternak bebek atau itik petelur kering lebih menguntungkan daripada cara tradisional.

Telur Bebek
Untuk menunjang produktivitas dari bebek petelur, sistem beternak kering dan tanpa angon cukup terbukti lebih baik.

2. Kebutuhan Pakan dan Gizinya Lebih Terjamin

Cara ternak bebek petelur kandang kering merupakan cara pemeliharaan dengan sistem dikandangkan. Bebek tidak digembalakan untuk mencari makan sendiri, tetapi cukup berada di kandang. Karena pakan dan minum sudah disediakan di dalam kandang. Kebutuhan akan sumber gizi pun juga sudah terjamin karena pakan diberikan secara terjadwal dan dengan pertimbangan yang matang. Jika dibandingkan dengan sistem angon, bebek akan memakan makanan sisa panen yang mana tidak setiap hari ada karena pakan tergantung dengan musim panen padi di sawah.

cara ternak bebek petelur
Dengan sistem kering dan tanpa angon, pakan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bebek lebih terjamin.

Selain itu, karena penyemprotan pestisida di sawah, sisa-sisa zat tersebut bisa menyebabkan bebek menjadi keracunan dan mati. Dengan sistem kolam dan angon, pertumbuhan bebek akan jauh lebih lama dibandingkan dengan ternak bebek sistem kering dan terkurung (tanpa angon). Sebaliknya, dengan sistem kering dan tanpa angon, di dalam kandang tidak dibuatkan kolam untuk bermain atau berenang. Hal itu ditujukan agar energinya tidak habis dan cukup dimanfaatkan untuk produksi telur.

3. Tetap Bisa Menghasilkan Telur Konsumsi Maupun Telur Tetas

Dengan pemberian pakan yang teratur dan pemeliharaan yang benar, bebek akan tetap bisa bertelur saat berumur sekitar 6 bulan meskipun tidak ada pejantan. Telur tersebut hanya cocok untuk telur konsumsi karena telur yang dihasilkan steril (tidak mengandung benih) sehingga tidak bisa ditetaskan. Apabila tujuan pemeliharaannya untuk menghasilkan telur tetas sebagai pembibitan, maka perlu memelihara jantan.

Cara ternak bebek petelur
Telur yang dihasilkan oleh bebek peliharaan Anda bisa Anda jadikan sebagai telur konsumsi ataupun telur tetas.

Untuk menghasilkan telur tetas yang baik, sebaiknya seekor pejantan maksimal membuahi enam bebek betina. Karena dikhawatirkan telur yang fertil akan menjadi sedikit. Selain itu sistem pemeliharaannya tidak bisa dikandangkan, namun dilepas ke air agar bisa kawin secara alami.

Untuk cara beternak itik atau bebek petelur tanpa air yang baik, salah satu hal yang harus diperhatikan selain modal awal usaha ternak bebek petelur yaitu mengenai kandang.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Ternak Itik Petelur Tanpa Air yaitu :

Dalam beternak bebek petelur dalam kandang atau di lahan kering, hal yang paling menjadi perhatian adalah kandang. Karena di dalam kadang tersebut bebek akan dipelihara secara intensif sehingga perlu adanya persiapan yang baik. Diantara persiapan-persiapan tersebut adalah :

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi untuk beternak bebek petelur dapat terletak didekat pantai, di pegunungan, terlindungi pepohonan, daerah yang berbatu-batu, atau berumput. Namun, bebek tidak bisa diternakkan di tempat yang ramai atau gaduh sehingga suasananya menjadi hiruk pikuk dan bising. Karena dapat menyebabkan bebek mudah stres sehingga enggan untuk bertelur. Selain itu, sebaiknya kandang bebek tidak terlalu dekat dengan permukiman karena pada umumnya bebek mengeluarkan bau yang menyengat.

2. Bahan dan Prasarana Kandang

Untuk pembuatan kandang intensif bisa menggunakan bahan yang murah namun kuat, salah satunya yaitu bambu yang cukup tua. Bambu dapat digunakan untuk kerangka bangunan, pagar dan lantai. Cara membuat kandang bebek dari bambu cukup mudah. Atap bisa terbuat dari alang-alang, ijuk, rumbia, genting, plastik bekas, atau bahan lainnya. Selain dari bambu, lantai kandang bisa berupa tanah biasa, semen, atau batu. Tidak hanya itu, lantai kandang sebaiknya diberi alas jerami, sekam, serbuk gergaji, atau bahan litter lainnya.

usaha ternak bebek
Dengan sistem kering dan tanpa angon, maka disekitar kandang tidak perlu ditambahkan kolam, kecuali jika telur bebek tersebut ingin ditetaskan.

Salah satu peralatan yang harus ada di dalam kandang yaitu tempat pakan dan minum yang bisa dibuat dari kayu, plastik, atau bahan lain Apabila tujuan peternakan untuk telur konsumsi, tidak perlu dibuatkan kolam.

3. Kandang yang Ideal

Hal ini meliputi arah kandang dan luas sehingga sesuai dengan jumlah yang akan diternakkan. Karena bebek tidak boleh merasa kesempitan. Bebek merupakan hewan ternak yang mudah kaget dan ketakutan, bebek-bebek akan saling bertabrakan atau berhimpitan. Selain itu, kandang yang terlalu sempit akan cepat becek dan dapat mengganggu kesehatan bebek. Sebaliknya, jika kandang terlalu luas, gerak itik terlalu bebas.

Baca juga di : 

Aliran udara dalam kandang harus lancar. Untuk mendukung kondisi tersebut, sebaiknya tinggi kandang dibuat tidak kurang dari 2 meter. Selain itu, dengan tinggi tersebut, peternak tidak perlu membungkukkan badan ketika membersihkan kandang atau melakukan kegiatan lain di dalam kandang.

Dinding kandang tidak tertutup rapat oleh tembok atau bahan lainnya. Sebaiknya dinding yang ditutup hanya setinggi 60 cm dari lantai, sedangkan sisanya dibiarkan terbuka dan cukup ditutup dengan kawat atau bilah-bilah bambu. Akibatnya banyak tenaga yang terbuang, sehingga produksi telur bisa berkurang.

Panduan Bentuk Kandang untuk Bebek Petelur

Pemilihan bentuk kandang ternak bebek petelur kering bisa Anda sesuaikan dengan lahan yang ada dan juga selera Anda. Umumnya, peternak memelihara bebek petelur dalam kandang postal dan juga kandang baterai. Jika menggunakan kandang postal, maka ketika masa panen tiba, Anda mengambil telurnya di alas kandang. Untuk membuat kandang bebek petelur sistem postal, bahan utama yang Anda perlukan adalah bambu. Namun perlu diingat, dalam sistem ternak intensif Anda tidak perlu menambahkan kolam di dekat kandang. Bebek petelur cukup dipelihara di dalam kandang saja. 

usaha ternak bebek
Kandang bebek petelur model postal

Selain kandang postal, contoh kandang bebek petelur yang baik yang bisa digunakan yaitu ternak bebek petelur sistem baterai. Kandang ini bentuknya sama persis dengan kandang ayam petelur, yakni dibuat petakan-petakan kandang kecil yang disusun berderet. Kandang ini dapat dibuat dari bambu atau kawat. Lantainya dibuat agak miring agar telur yang dihasilkan dapat menggelinding keluar.

Idealnya satu ekor bebek dewasa diberi tempat seluas 0,25 m2. Artinya tiap 1 m2 kandang berisi 4 ekor bebek. Contoh ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, maka luas kandang sekitar 100:4=25 m2. Rumusnya adalah :

Jumlah bebek yang dipelihara : 4 = Luas kandang yang diperlukan

Lalu bagaimana dengan bebek pedaging, apakah bisa juga dengan sistem pemeliharaan intensif ? Jawabannya, tentu bisa. Beternak bebek pedaging tanpa air pun bisa Anda lakukan. Cara ternak bebek pedaging sistem kering atau intensif pun sama seperti bebek petelur yakni hanya di pelihara di dalam kandang dan tanpa kolam. 

Faktor Pendukung Suksesnya Beternak Bebek

1. Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Dalam pemilihan bibit, kita juga harus teliti. Karena bibit merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam beternak. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibit unggul antara lain membeli bibit di tempat yang sudah terpercaya. Atau bisa juga dengan membeli telur tetas lalu ditetaskan sendiri, namun hal ini lebih beresiko apabila tidak memiliki pengalaman dalam menetaskan. Maka dari itu, mendapatkan langsung dari peternak atau penetasan adalah pilihan terbaik. Anda tidak perlu bingung-bingung mencari penyedia bibit bebek petelur dan pedaging berkualitas. Kami hobiternak.com menyediakan bibit bebek berkualitas dan siap mengirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. 

2. Perawatan DOD dengan Teliti dan Telaten

Merawat DOD harus dengan teliti dan telaten. DOD yang baru menetas, harus dipuasakan tanpa makan selama kurang lebih dua hari. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan alat pencernaannya. Ketika berpuasa, DOD tidak akan kelaparan atau mati karena masih mempunyai cadangan makanan dalam tubuhnya. 

Cara Ternak Bebek Petelur Modern
Dengan menerapkan sistem ternak bebek petelur intensif dengan kandang kering maka Anda bisa memperoleh hasil panen yang lebih maksimal.

Memasuki hari ketiga, bibit bebek mulai dilatih makan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara apabila alas kandang terbuat dari bambu maka terlebih dahulu dilapisi karung atau alas lain (agar pakan tidak jatuh ke tanah). Lalu disebar nasi yang telah dicelup ke dalam air dan diperas. Maka anakan bebek akan mengerumuninya dan memakannya. Ketika butiran nasi telah habis, taburkan lagi sedikit nasi dan begitu seterusnya hingga anak bebek merasa kenyang (tidak mematuk lagi).

Kegiatan melatih tersebut dilakukan setiap hari sampai kurang lebih 10 hari. Setelah itu anak bebek mulai diberi makan kosentrat yang telah direndam dalam air dan diperas. Pakan bisa berupa jenis BR I-S atau 511 yang berbentuk pelet/voer.

3. Pakan ternak Bebek Petelur

Setelah berumur sekitar 3 minggu, bebek sudah mulai bisa dikenalkan dengan dedak. Kosentrat yang biasa diberikan dicampur dengan dedak sedikit. Setiap hari, jumlah dedak ditambah sedikit demi sedikit dan sebaliknya, nasi dikurangi sedikit demi sedikit. Ketika sudah menginjak umur 2 bulan, bebek sudah bisa diberikan pakan yang sebagian besar berupa dedak.

Bahan pakan alternatif yang bisa digunakan dapat terdiri dari bahan baku yang ditambah kosentrat (campuran bahan-bahan yang berprotein tinggi, namun berenergi rendah). Bahan pakan yang dapat dipilih antara lain dedak/bekatul, jagung, tepung ikan, bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas tahu, daging kelapa/kopra, sorgum dan menir.

Adapun untuk harga pakan bebek petelur alternatif tersebut tentunya cukup terjangkau. Melihat ketersediaan bahan pakan alternatif tersub cukup mudah ditemukan di sekitar lingkugan tempat tinggal. 

Apabila Anda pemula sebelum beternak bebek petelur ini, Anda harus analisa ternak bebek petelur 100 ekor terlebih dahulu agar resiko ternak bebek tidak terlalu besar.

Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak bebek pedaging atau petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek peking, hibrida dan mojosari yang siap kami kirimakn ke seluruh wilayah Indonesia. Anda juga bisa melihat daftar harga bebek petelur ditempat kami.  Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: cara ternak bebek petelur kering, cara ternak bebek petelur modern, cara ternak itik petelur tanpa air, pakan ternak bebek petelur, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, kandang bebek petelur,ternak bebek pedaging,ternak bebek petelur modern, kandang bebek petelur,ternak bebek pedaging, pakan bebek petelur,harga bebek petelur,harga pakan bebek petelur

<Duwi Kristinawati>
*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP