Cara Ternak Ayam Brahma yang Mudah

Cara ternak ayam brahma merupakan salah satu kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan ternak guna mendapatkan keuntungan dan manfaat dari kegiatan ternak tersebut.

Ayam Brahma merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari India. Disebut sebagai ayam brahma sendiri yang didapat dari nama tempat berkembangnya ayam brahma  yang ada di India yakni Brahmaputra.

Selain itu ayam brahma juga sering di sebut sebagai “Raja Unggas atau Raja Ayam” bahkan ayam brahma terkenal dari bentuk fisiknya yang tinggi juga besar dan memiliki bulu tebal hingga ujung kakinya yang terlihat begitu cantik dan unik.

Ayam Brahma selain dapat dijadikan sebagai ayam hias, ternyata juga bisa menjadi salah satu jenis ayam penghasil daging | image 1
Ayam Brahma selain dapat dijadikan sebagai ayam hias, ternyata juga bisa menjadi salah satu jenis ayam penghasil daging | image 1

Cara Ternak Ayam Brahma 

Pada mulanya di negara asal, ayam brahma banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat Brahmaputra.

Selain itu daging ayam brahma terkenal memiliki cita rasa yang tinggi dengan aroma dan kelezatannya.

Selain dagingnya, ayam brahma juga memiliki produktifitas telur yang tinggi. Sehingga banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan telur ayam brahma.

Cara ternak ayam brahma pun dapat dilakukan dengan mudah. Karena pemeliharaan ayam brahma cenderung hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya. 

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan diantara seperti persiapan kandang, pakan, tempat makan dan minum serta anekan vitamin ayam lainnya. 

1. Kandang Ayam Brahma

Ayam brahma merupakan jenis ayam yang jinak dan jenis ayam ini mampu bersahabat pada pemilikya.

Jenis ayam ini bukan jenis ayam yang galak dan mampu menjaga anak-anaknya dengan baik.  Ayam brahma bisa dipelihara dikandang atau di lepaskan di alam terbuka.

Dalam pemeliharaannya peternak dapat membuat kandang ayam brahma dengan berbagai design. Tetapi perlu diingat bahwa pembuatan kandang harus memiliki ukuran yang luas | image 2
Dalam pemeliharaannya peternak dapat membuat kandang ayam brahma dengan berbagai design. Tetapi perlu diingat bahwa pembuatan kandang harus memiliki ukuran yang luas | image 2

Namun memelihara secara intensif, kandang ayam brahma yang disediakan harus lebih luas karena dapat mengganggu pada pertumbuhan ayam brahma juga menjadikan ayam brahma lebih leluasa atau bebas.

2. Pakan Ayam Brahma

Di dalam budidaya ayam brahma secara intensif pemberian pakan disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya.

Jenis pakan yang diberikan pada ayam brahma dapat kita temukan dengan mudah misalnya dedak, bekatul, jagung, nasi beras serta macam-macam kacang-kacangan lainnya yang mudah kita temukan.

Pola pemberian pakan pada ayam brahma berbeda-beda dalam setiap usianya. Pada  pakan anakan ayam brahma dapat diberikan seperti voer yang dicampur dengan irisan sayur-sayuran seperti kangkung, bayam dan lain-lain.

Voer bisa di gunakan untuk pakan ayam brahma | image 3
Voer bisa di gunakan untuk pakan ayam brahma | image 3

Campuran makanan tersebut berguna membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut karena voer dan sayuran mengandung protein yang tinggi.

Pada usia perkembangannya ayam brahma dapat diberikan pakan dengan kandungan konsentrat yang tinggi.

Sedangkan untuk ayam brahma dewasa lebih banyak diberikan pakan yang memicu pada telur yang baik dan memicu pada keindahan tubuh ayam tersebut.

Jenis – Jenis Ayam Brahma

Seiring dengan perkembangannya untuk saat ini ayam brahma semakin beragam jenisnya.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang memiliki hobi untuk memelihara ayam brahma sebagai ayam hias maupun untuk diternakkan dan di kawin silangkan dengan jenis ayam lain. Berikut merupakan jenis – jenis ayam brahma :

1. Columbian Light

Pada jenis ayam ini memiliki perpaduan warna bulu dasar putih dengan bintik-bintik hitam. Jenis ayam ini juga tergolong dalam jenis ayam yang bersih juga klasik.

Columbian Light Brahma memiliki bulu dominan berwarna putih bersih | image 4
Columbian Light Brahma memiliki bulu dominan berwarna putih bersih | image 4

2. Light Brahma

Jenis ayam ini pada dasarnya memang hampir sama dengan jenis ayam columbian. Namun yang menjadi perbedaan pada jenis ayam ini yang sedikit lebih kotor.

Light brahma memiliki bulu berwarna putih namun ada sedikit warba gutan di bagian leher atas dan ekor | image 5
Light brahma memiliki bulu berwarna putih namun ada sedikit warba gutan di bagian leher atas dan ekor | image 5

3. Dark Brahma

Seringkali jenis ayam dark brahma dijuluki sebagai ayam gelap karena warna bulu ayam yang sangat dominan berwarna hitam. Pada jenis ini memiliki perpaduan warna bulu dasar hitam dengan kuning pada bagian lehernya.

Dark Brahma memiliki bulu dominan berwarna hitam | image 6
Dark Brahma memiliki bulu dominan berwarna hitam | image 6

4. Blue Brahma

Dalam dunia jenis ayam hias pada dasarnya warna blue sering disebut pada ayam yang memiliki bulu berwarna abu-abu. Namun  untuk pertama kali kita mendengar blue pasti berpikiran bahwa blue ini sangat identik dengan warna biru.

Blue brahma memiliki bulu berwarna abu-abu | image 7
Blue brahma memiliki bulu berwarna abu-abu | image 7

5. Isabel

Jenis ayam ini umumnya memang masih terbilang sangat langka di Indonesia. Jenis ayam ini memiliki bulu yang berwarna abu-abu cerah dengan perpaduan kuning.

Isabel Brahma memiliki bulu yang berwarna keemasan | image 8
Isabel Brahma memiliki bulu yang berwarna keemasan | image 8

6. Salmon

Pertama kita mendengar salmon pasti terpikirkan pada ikan salmon bukan? Jenis ayam brahma salmon ini umumnya memiliki warna bulu dengan perpaduan warna dasar hitam dengan merah.

Salmon brahma memiliki bulu perpaduan hitam dan merah | image 9
Salmon brahma memiliki bulu perpaduan hitam dan merah | image 9

Baca juga : Jual Ayam Cochin Siap Kirim Ke Seluruh Penjuru Indonesia

Ayam Brahma Memiliki Kepribadian yang Unik

Dalam sisi kepribadiannya jenis ayam ini memiliki sikap ramah dan pendiam. Jenis ayam ini juga mampu menjaga anaknya dengan baik.

Ayam – ayam ini memang pandai dalam bergaul pada jenis ayam lainnya dan jenis ayam ini bisa merenung sewaktu-waktu dalam setahunnya.

Baca juga : Berbagai Pakan Ayam Brahma Mudah Untuk Ditemukan

Wibawa dari ayam ini menjadi semakin populer dan memiliki banyak penggemar yang tidak hanya dikalangan masyarakat nusantara, masyarakat duniapun sangat menyukai jenis ayam ini.

Sehingga ayam brahma banyak diburu para kolektor ayam hias. Selain itu cara merawat ayam brahma pun juga relatif mudah, hampir sama seperti merawat ayam kampung pada umumnya.

Ayam Brahma dapat menghasilkan telur saat sudah mencapai usia dewasa | image 10
Ayam Brahma dapat menghasilkan telur saat sudah mencapai usia dewasa | image 10

Jumlah Produktiftas Telur Ayam Brahma

Saat ini pemeliharaan ayam brahma dari tahun ketahun mengalami peningkatan dengan semakin banyak permintaan tentu semakin bertambah pula orang yang memelihara jenis ayam ini.

Di Indonesia, ayam brahma merupakan salah satu ayam yang masih terbilang langka yang saat ini sudah terkenal diberbagai negara.

Dimungkinkan banyak para kolektor yang memburu ayam brahma  hanya dijadikan sebagai ayam hias karena jenis ayam ini memiliki harga yang cukup fantastis.

Walaupun dimungkinkan harga bibit ayam brahma yang masih tinggi tidak menyurutkan para pemburu ayam hias untuk memelihara jenis ayam ini baik dijadikan sebagai hiasan saja maupun untuk diternakkan kembali.

Umur Berapa Ayam Brahma Bertelur ?

Ayam Brahma Buff

Ayam brahma akan memasuki usia perkawinan pada saat usianya menginjak 8 bulan dan ayam brahma akan bertelur pada usia 8 bulan.

Selain itu kelebihan jenis ayam brahma pada produktifitasnya yang cukup tinggi sehingga produktifitasnya mampu menghasilkan 15 – 18 butir telur dalam satu periode tertentu.

Namun tidak menutup kemungkinan jika telur ayam brahma  dimasukkan dalam mesin penetas, produktifitas telur ayam brahma akan lebih tinggi dan mampu menghasilkan bisa mencapai 40-60 butir telur padasatu kali periode tertentu.

Berapa Harga Ayam Brahma ? 

Jenis ayam brahma merupakan ayam yang mudah dikenali dengan penampilannya yang khas dengan tubuh yang besar dan memiliki bulu yang lebat.

Selain itu ayam ini memiliki bulu hingga pada bagian kaki serta memiliki berbagai jenis ayam brahma yang unik juga menggemaskan.

Berikut merupakan daftar harga ayam brahma :

Brahma Indukan Rp. 3.500.000 /pasang
Brahma 5 Bulan Rp. 2.300.000 /pasang
Brahma 4 Bulan Rp. 1.800.000 /pasang
Brahma 3 Bulan Rp. 1.400.000 /pasang
Brahma 2 Bulan Rp. 850.000 /pasang
Brahma 1 Bulan Rp. 600.000 /pasang

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja.

Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas.

Jika Anda yang lebih memilih bibit ayam brahma, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0812-2028-8686

Kata terkait : pakan ayam brahma, harga bibit ayam brahma, kandang ayam brahma, jenis jenis ayam brahma, telur ayam brahma, ayam brahma murah

Viky Ristiyarti

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: hobiternak.com
  • image 1: divisare.com
  • image 2: pixabay.com
  • image 6: Pixabay.com
  • image 7: pixabay.com
  • image 8: pixabay.com
  • image 9: pixabay.com
  • image 10: pinterest.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA