Cara Merawat Ayam Cemani Mulai dari Anakan Sampai Indukan

Cara Merawat Ayam Cemani Mulai dari Anakan Sampai Indukan

Ayam cemani merupakan salah satu jenis ayam hias asli Indonesia yang memiliki ciri khas yang unik dan tidak dimiliki ayam jenis lain. Dahulu, ayam cemani hanya ada di Indonesia. Berbeda dengan sekarang, semakin berkembangnya transportasi dan komunikasi membuat penyebaran ayam cemani sudah sampai ke berbagai negara. Banyak orang yang tertarik membudidayakan ayam cemani entah hanya sebagai hobi maupun sebagai salah satu bisnis.

Telur Ayam Cemani
Ayam Cemani Super Dewasa Sepasang

Banyak yang bertanya atau memesan kepada kami, apakah kami menyediakan ayam cemani lidah hitam. Warna lidah ayam cemani sebenarnya bukanlah hitam, melainkan abu-abu atau bahkan ada juga yang putih. Mungkin ada cara menghitamkan lidah ayam cemani sehingga bisa terlihat hitam alami. Tidak sedikit juga yang menanyakan mengenai telur cemani warna hitam. Kami tidak pernah menemukan telur ayam cemani yang berwarna hitam. Telur ayam cemani asli berwarna putih tulang dengan bintik merah, hampir sama dengan telur ayam kampung biasa

Banyak orang yang memberikan saran untuk memberi makanan khusus ayam cemani yaitu beras ketan hitam. Menurut pendapat sebagian orang, memberikan makanan ayam cemani asli akan sangat membantu menjaga warna asli agar tetap hitam. Kami sebagai peternak, selama ini selalu memberikan pakan ayam cemani dengan voer atau BR atau biasa disebut dengan kosentrat ayam. Hasil ternakannya pun tetap bagus dan sehat. Untuk itu, kami akan mengulas cara merawat ayam cemani agar menghasilkan anakan yang berkualitas.

Pemeliharaan saat anakan atau baru menetas

Saat ayam cemani berumur 4 hari, lakukan vaksinasi tetelo atau ND (Newcastle Disease) yang diulang pada umur 4 minggu dan 4 bulan. Sebaiknya juga diberikan vaksin cacar . Untuk konsumsi harian ayam cemani dapat semakin ditingkatkan sesuai dengan usianya.

Makanan anakan ayam cemani berupa kosentrat voer atau BR murni yang tidak diberi campuran apapun. Saat umur 4 minggu pertama, konsumsi harian sekitar 400 gram/ekor. Pada 4 minggu berikutnya sampai umur 8 minggu, pemberiaan ditingkatkan 2 kali lipat hingga 838 gram/ekor.

Pemeliharaan masa remaja hingga dewasa

Ketika anakan berumur 3 minggu, maka harus dipindahkan ke kandang yang ukurannya lebih besar. Cara membuat kandang ayam cemani tidaklah terlalu rumit. Yang perlu diperhatikan yakni bahan dan besarnya kandang disesuaikan dengan besarnya ayam cemani agar tidak mengganggu pertumbuhan ayam cemani. Kandang ayam cemani diusahakan menghadap ke timur atau arah matahari terbit, agar kandang tetap kering. Karena kandang yang lembab menyebabkan hewan ternak mudah terserang penyakit.

Saat umur 4 minggu, pakan ayam cemani bisa ditambah atau dicampurkan dengan makanan tambahan seperti bekatul, dedak dan nasi yang belum basi. Tambahan pakan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi konsumsi kosentrat. Saat ayam cemani memasuki masa bertelur, diperlukan vitamin tambahan. Hal itu untuk menunjang produktivitas dan kualitas telur yang dihasilkan.

Kandang untuk cemani dewasa

Ayam cemani yang telah dewasa dapat diletakkan dalam kandang yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan kandang umbaran. Kandang tersebut hanya memuat 5-6 ekor dengan komposisi 1 jantan dengan 4-5 betina. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengawinkan ayam cemani. Bisa juga menggunakan kandang yang hanya bisa diisi 2 ekor tiap kandang, agar setelah pejantan membuahi betina, maka betinanya dapat diganti dengan betina yang lain.

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
daftar harga ayam cemani, makanan khusus ayam cemani, makanan ayam cemani asli, cara membuat kandang ayam cemani, cara menghitamkan lidah ayam cemani, cara mengawinkan ayam cemani, telur cemani, ayam cemani lidah hitam,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, Remaja hingga usia Dewasa Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: