Cara Mencegah Ayam Tidak Terkontaminasi

Cara Mencegah Ayam Tidak Terkontaminasi

Ayam merupakan unggas yang mempunyai resiko tertular berbagai macam penyakit. Penularan penyakit melalui beberapa cara diantaranya ayam dapat tertular penyakit dari ayam yang sakit, tertular dari bekas tempat pakan dan minuman yang telah digunakan ayam yang sakit, maupun tertular dari pengunjung yang datang langsung ke kandang.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Untuk mengantisipasi tertularnya penyakit dari pengunjung yang datang ke kandang maka pengunjung dilarang untuk masuk area kandang karena kita tidak mengetahui pengunjung tersebut membawa hama penyakit saat datang ke kandang kita. Bahkan para pekerja juga perlu meminimalkan hilir mudik di blok kandang yang berbeda. Hal tersebut untuk mencegah tersebarnya penyakit melalui media udara. Untuk mengantisipasinya maka pekerja yang harus bergerak dari blok yang satu ke blok yang lain, maka perlu membersihkan diri dengan desinfectant serta berganti pakaian. Setiap blok juga disediakan cuci kaki yang terdiri dari air yang dicampur desinfectant.

Di samping itu penyakit juga bisa menular melalui media kendaran pengangkut pakan ayam. Langkah antisipasi dengan menyemprot kendaraan sebelum masuk area kandang. Bisa juga meletakkan pakan ternak yang berlainan dengan area kandang. Sebagaimana kita ketahui bahwa pengangkut pakan akan mengantarkan pakan ke beberapa kandang sekaligus. Kita tidak mengetahui di kadang tersebut ada ayam yang terkena penyakit dan dapat menular ke ayam yang ada di kandang kita.

Bagaimana jika ayam sudah terjangkit penyakit ?

Ayam Sakit

Bila ada ayam yang terkena penyakit maka langkah selanjutnya adalah:

  1. Pisahkan ayam yang sakit di dalam kandang terpisah. Pemisahan bertujuan agar ayam yang lain tidak tertular penyakit.

  2. Bekas pakan dan minum ayam yang sakit segera dicuci bersih dan disemprot dengan desinfectan.

  3. Bekas kandang ayam yang sakit juga perlu dibersihkan dan disemprot dengan desinfectan.

  4. Ayam yang sakit perlu mendapatkan pengobatan yang optimal. Amati selama beberapa hari perilaku dan kesehatannya. Bila telah pulih maka pastikan bahwa ayam benar-benar telah sehat dan bisa dikembalikan ke kandang semula.

Ayam yang sakit dapat dideteksi dari gejala yang menyertainya. Penyakit pada ayam bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adanya kontak langsung dengan ayam yang sakit, pemberian makanan dan minuman yang kurang mengandung nutrisi yang baik maupun adanya pengaruh dari lingkungan yang kurang baik.

Setiap penyebab bisa dideteksi dari gejala yang menyertainya. Semakin banyak penyebab penyakit maka semakin perlu penanganan yang lebih sulit. Penyakit yang disebabkan kurang gizi maka tindak lanjutnya dengan memberikan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisinya, sedangkan tindakan pencegahan dengan rutin memberikan pakan dan minum yang bergizi tinggi.

voer

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Cara memilah DOC jantan dan DOC betina ayam kampung super, ternak ayam kampung super, beberapa kelebihan ayam kampung super, peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, kelebihan memelihara ayam kampung super dalam kandang litter, penyakit pada peternakan ayam petelur, cara meningkatkan produksi telur, penyakit pada unggas petelur

**Yuni Ambarwati**

Rate this post

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA
Exit mobile version