Cara Beternak Bebek Petelur Kering, Mungkinkah ?

Cara Beternak Bebek Petelur Kering, Mungkinkah ?

Beternak merupakan salah satu hobi yang cukup mengasyikkan. Ada beragam hewan yang banyak dipelihara sebagai pengisi waktu luang maupun dijadikan salah satu profesi. Diantaranya yang sering dipelihara sebagai hewan ternakan adalah jenis ayam hias, bebek hias, aneka macam burung, ayam konsumsi dan petelur, bebek untuk pedaging dan petelur dan masih banyak jenis unggas lainnya. Pemeliharaan itu memang ada yang bertujuan untuk bisnis dan ada pula sebagai sampingan bahkan sebagai hobi untuk keluarga juga. Dan hal itu mempengaruhi cara ternak yang dilakukan oleh peternak.

Salah satu yang saat ini masih jarang dilakukan peternak bebek petelur adalah memelihara bebek dengan sistem kandang kering. Disini peternak meminimalkan penggunaan kolam sebagai tempat bermain dan area mandi bagi bebek. Jadi dalam beternak sistem kandang kering, bebek dipelihara dalam kandang postal atau ren.

Itik Mojosari Petelur
Bebek Petelur Mojosari

 

Kandang petelur kering lebih sesuai digunakan untuk bebek petelur konsumsi

Bebek petelur yang dipelihara dalam kandang kering lebih cocok digunakan untuk bebek petelur konsumi. Mengapa? Karena bebek petelur tujuan ditetaskan perlu dibuahi oleh pejantan. Dan area pembuahan yang ideal adalah kolam. Sehingga dengan meniadakan kolam maka bebek tersebut tidak dibuahi pejantan dan telur yang dihasilkannya hanya untuk kepentingan konsumsi.

Jenis kandang kering untuk bebek petelur

Kandang postal litter

Jenis kandang kering untuk bebek sebenarnya sama seperti kandang untuk ayam kampung super atau jenis ayam kampung ras (ayam potong/ broiler dan ayam petelur). Kandang yang digunakan ada 2 yaitu kandang postal litter dan kandang ren. Kandang postal litter bentuknya memanjang dan beralas sekam padi, serutan kayu dan kapur dolomit. Kapur berfungsi agar sekam tidak mudah ditumbuhi jamur. Tinggi sekam sekitar 10-15 cm.

Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen
Kandang Postal Litter

Kandang ren (setengah terbuka)

Sedangkan kandang ren merupakan kandang dengan bagian terbuka untuk makan, minum bermain dan beraktivias lain dan bagian yang lain tertutup untuk makan dan bertelur. Cara ini cukup praktis karena bebek tetap bisa beraktivitas dalam ruangan yang lebih luas. Namun untuk memaksimalkan produksi telur sebaiknya menggunakan kandang dengan postal litter. Karena energi bebek hanya untuk menghasilkan telur. Peternak juga bisa maksimal memberikan pengawasan terhadap terhadap pakan, minum, penanggulangan dan pencegahan penyakit dan hal lainnya.Jadi untuk memaksimalkan produksi telur konsumsi, maka penggunaan kandang kering sangat dianjurkan.

Cara Pemeliharaan Bebek Mojosari Petelur Dari DOD Hingga Masa Bertelur
kandang ren untuk bebek petelur

Selain kandang, hal lain yang mempengaruhi produksi adalah pakan bebek. Untuk pakan bebek petelur berbeda dengan bebek pedaging. Untuk bebek petelur bisa menggunakan konsentrat dan bahan tambahan lain seperti jagung giling, nasi aking (nasi kering yang perlu direndam selama 4 jam sebelum digunakan), bekatul dan bahan tambahan lainnya seperti bekicot yang diiris, ikan kecil dan kerang yang bagus untuk bebek.

Ikan Rucah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek
Ikan Rucah Menjadi Pakan Altrnatif dalam Ternak Bebek

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

kata terkait:

ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: