Bebek Lokal Mojosari

Budidaya Bebek Petelur Lokal dengan Hasil Maksimal

Budidaya Bebek Petelur Lokal dengan Hasil Maksimal

Bebek Petelur

Bebek Petelur

Salah satu bahan pangan yang dicari masyarakat adalah telur. Permintaan telur bebek sangat tinggi. Beternak bebek petelur bisa menjadi pilihan kesibukan yang menguntungkan. Masih banyak lahan kosong yang belum dioptimalkan. Terkadang masih ada yang beranggapan bahwa beternak bebek petelur adalah salah satu kegiatan yang kotor karena menimbulkan lingkungan yang kurang sedap. Namun, sebenarnya beternak bebek petelur memiliki kenikmatan tersendiri yaitu menikmati lingkungan yang lapang, menghirup udara segar, serta mengumpulkan telur. Berikut adalah tahapan-tahapan beternak bebek petelur :

 

  1. Persiapan Kandang

Ada beberapa hal harus dipersiapkan untuk membuat kandang bebek petelur, di antaranya :

  • Lokasi kandang

Sebaiknya lokasi kandang tidak dekat dari permukiman penduduk karena untuk mengurangi resiko bebek petelur mengalami stres ataupun mengurangi bau yang mungkin ditimbulkan dari area peternakan bebek petelur.

  • Kelembapan area

Tingkat kelembapan kandang 60 %

  • Penerangan yang bagus

Penerangan pada kandang harus cukup, tak hanya untuk mempermudah saat perawatan serta melihat keadaan bebek, melainkan juga bisa menjadikan bebk lebih nyaman serta suhu dalam kandang pun terkendali.

  • Mudahnya menjangkau sumber air

Air merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dengan air seperti memberi bebek minum, membersihkan kandang, membersihkan peralatan dan sebagainya.

  • Buatlah kandang dari bambu atau kayu dengan atap genteng

Kandang Bebek

  1. Pemilihan Bibit Bebek yang Baik

Membeli bibit bebek di tempat yang terpercaya merupakan salah satu cara sederhana untuk mendapatkannya.

DOD Mojosari

DOD Mojosari

  1. Perawatan

Dalam perawatan perlu memperhatikan area kandang yang tepat. Kandang tidak boleh sempit, agar bebek bebas bergerak. Pemilihan pakan terkadang membuat peternak kebingungan, namun saat kita berbicara harga maka tidak jauh atau sesuai dengan kualitasnya. Kita tidak boleh terpengaruh dengan harga pakan bebek yang murah. Namun bukan berarti kita salah jika membeli pakan yang murah, asalkan kita bisa bereksperimen untuk meningkatkan kualitas pakan tersebut. Dalam masa perawatan, terkadang peternak memberikan vitamin atau suplemen untuk menunjang produksi telurnya.

Secara umum, bebek petelur dapat diberi pakan jagung, dedak, kedelai, dan bungkil kelapa. Namun, kita harus memperhatikan takaran pakan berdasarkan usia bebek tersebut. Untuk bebek usia 1-2 minggu berikan pakan sekitar 60 gram perhari untuk setiap ekornya. Untuk bebek usia 3-4 minggu sediakan pakan sekitar 80 gram perhari untuk setiap ekornya sedangkan bebek usia 5-9 minggu berikan pakan 100 gram perhari. Dan untuk bebek usia di atas 10 minggu berikan pakan sekitar 150 gram hingga 180 gram perhari.

pakan dedak padi

  1. Masa Pemanenan

Pada umumnya bebek bertelur ketika dini hari. Saat menjelang pagi, sebaiknya segera mengumpulkan telur untuk megurangi resiko yang mungkin ditimbulkan jika telur tidak segera ditimbulkan.

  1. Pemasaran dan Pengolahan

Saat masa panen, kita bisa langsung memasarkannya atau juga membuat telur asin untuk menjaga kesegaran telur bebek tersebut. Daging bebek juga bernilai jual tinggi khususnya untuk restoran dan hotel. Biasanya daging bebek diolah menjadi bebek panggang atau menu variatif lainnya.

Telur DOD Bebek

Telur Bebek

Bulu bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kerajinan yang juga bernilai jual tinggi. Kumpulkan juga kotoran bebek karena kotoran tersebut juga bisa digunakan untuk pupuk kandang.

 

 

Beberapa tantangan beternak bebek petelur :

Bebek petelur sering didera beberapa penyakit seperti berak kapur, cacingan, dan lumpuh. Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, kita harus memperhatikan kebersihan kandang serta pakan tambahan untuk memperkuat metabolisme tubuh bebek tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksinasi dan makanan alami seperti sayuran segar setiap hari.

 

Namun, dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa beternak bebek petelur tidaklah serumit yang dibayangkan. Kita harus sabar dan telaten serta mempunyai kemauan yang tinggi untuk menjadi sukses. Kualitas bebek petelur ditentukan oleh bagaimana cara perawatan dan membudidayakan bebek tersebut.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856-4772-3888

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:
Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, Ternak Bebek, Harga DOD Bebek Peking, Harga DOD Bebek Hibrida, Harga DOD Lokal Jantan, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Harga DOD Lokal Betina Campbell, Peternak Bebek, Peternak Itik, Jual DOD Bebek, Jual DOD Itik, ternak bebek pedaging, ternak bebek entok

*Duwi Kristinawati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD Bebek Petelur
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply