Bisnis Ternak Bebek Menjadi Pilihan Usaha Bagi Para Pensiunan

Bisnis Ternak Bebek Menjadi Pilihan Usaha Bagi Para Pensiunan

Bisnis ternak bebek merupakan salah satu pilihan yang bisa diambil bagi para pensiunan yang tetap ingin beraktivitas setelah pensiun dan dapat menghasilkan pendapatan selain uang pensiunan. Bisnis ternak bebek menjadi piihan karena ada beberapa faktor diantaranya tidak membutuhkan modal yang banyak, pemeliharaan yang relatif mudah untuk peternak pemula, tidak menyita waktu yang banyak, harga jual yang stabil dan permintaan yang meningkat dari waktu ke waktu.

Mengenal Teknik Budidaya Bebek
Mengenal Teknik Budidaya Bebek

Terdapat banyak jenis bebek diantaranya bebek peking, bebek hibrida dan bebek petelur mojosari. Bebek peking merupakan bebek yang berasal dari China. Cara ternak bebek peking sama seperti bebek lokal  yang ada di Indonesia. bebek peking sendiri termasuk salah satu bebek pedaging yang potensial. Ternak bebek pedaging yang efektif dilakukan di dalam kandang dengan metode pemeliharaan yang intensif. Pemeliharaan ini membutuhkan kandang dengan ukuran yang disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Bebek Peking Sebagai Bebek Pedaging Unggulan Dari Tiongkok
Bebek Peking/ Bebek Pedaging

Selain bebek pedaging, ada banyak jenis bebek petelur yang bisa direkomendasikan untuk dipelihara sebagai hewan ternak oleh pensiunan.  Dalam pemeliharaan bebek, kita perlu menganalisa terlebih dahulu alokasi modal yang kita butuhkan untuk mengembangkan usaha tersebut. Untuk skala kecil, banyak peternak yang belum  mengetahui modal yang dibutuhkan dalam pemeliharaan 100 ekor DOD bebek mojosari petelur.

jenis pakan
Bebek Lokal Mojosari

Untuk analisa ternak bebek petelur 100 ekor, membutuhkan modal pembuatan kandang pembesaran dengan luas sekitar 3 x 3 meter. Selain itu memerlukan bibit 120 ekor dimana 20 ekor tersebut untuk mengganti jika ada kematian. Analisis usaha ternak bebek petelur lengkap diantaranya untuk kandang, bibit atau DOD, pakan dan minum, sarana dan prasarana kandang, transportasi dan sarana pendukung lainnya. Dalam memelihara 100 ekor bibit bebek, modal awal ternak bebek petelur kisaran 5 -7 juta rupiah sudah mencukupi termasuk pembuatan kandang yang sederhanaJika sudah mempunyai kandang maka modal yang dibutuhkan bisa berkurang lagi. Untuk bebek petelur 100 ekor memerlukan 100 konsentrat, 250 bekatul dan 150 kg nasi aking yang telah direndam selama 4 jam. Pada tahap awal modal banyak digunakan untuk pembuatan kandang serta penyediaan sarana dan prasarana kandang.

Setelah bebek petelur berumur 6 bulan, bebek sudah mulai menghasilkan telur. Untuk bebek mojosari dapat menghasilkan telur per tahun 220 – 260 butir telur. Maka, ketika memelihara 100 ekor bebek betina petelur dengan tingkat produksi sekitar 65%, akan menghasilkan telur 143 – 169 butir tiap ekor/ tahun. Jumlah total produksi telur dalam 1 tahun kisaran 14 ribu lebih. Itu jika tingkat produksi hanya 65% saja. Jika tingkat produksi lebih dari 65% maka peluang menghasilkan telur tentu lebih banyak lagi.

Bebek Betina Mojosari Sebagai Bebek Petelur Unggulan
Telur Bebek Mojosari

Dalam usaha ternak bebek, ada resiko yang bisa mengurangi pendapatan peternak. Resiko ternak bebek diantaranya terjadi wabah penyakit yang menyebabkan kematian pada bebek. Beberapa penyakit yang bisa menyerang bebek diantaranya penyakit mata putih, penyakit flu burung, kolera, cacar dan snot ( sampar). Untuk mengurangi resiko ternak bebek bisa dilakukan upaya pencegahan seperti menjaga kebersihan kandang, pemberian vaksinasi, pemberian antibiotik dan berbegai vitamin. Upayakan kandang selalu mendapat sinar matahari agar kandang tidak lembab dan mudah ditumbuhi jamur, lingkungan kandang juga harus terjaga sanitasinya.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait:

ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: