Kambing merupakan salah satu hewan herbivora yang banyak dikembangkan di Indonesia. Banyak masyarakat yang membudidayaan kambing untuk diambil beberapa manfaat seperti, diambil daging, susu, bulu dan juga kulitnya. Hasilnya pun juga cukup menguntungkan dan tidak jauh berbeda dengan hasil ternak lainnya seperti sapi, kerbau dan domba.

Beternak kambing merupakan hal yang saat ini banyak orang terapkan

Umumnya beternak kambing banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan yang banyak melakukan aktivitasnya dengan disawah atau bertani. Beternak kambing tentunya dapat dijadikan sebagai usaha utama maupun sampingan. Tetapi tidak menutup kemungkinan dengan bahwa usaha ternak kambing dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. 

Apa itu Kambing Gembel 

Kambing Gembel, ya beberapa masayarakat jawa menyebutnya sebagai Kambing Gembel atau Wedhus Gembel. Umumnya kambing ini banyak kita dapati di daerah Pulau Jawa tepatnya di Jawa Barat, Tengah dan Timur. Mayoritas peternak kambing Gibas terbesar banyak terdapat di daerah Jawa Tengah. 

Jenis kambing ini dapat kita bedakan menjadi dua jenis. Yakni Kambing Gibas/ Gembel ekor tipas dan ekor tebal atau gemuk. Kambing gembel ekor tipis banyak tersebar di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur banyak peternak memilih untuk beternak kambing gembel ekor tebal. Perlu diketahui bahwa kambing Gembel atau Gibas ini memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi terhadap perubahan musim. Daya reproduksi kambing ini juga cukup baik, kambing ini mampu beranak sepanjang tahun tanpa mengenal musim. 

(a) Kambing ekor tipis, (b) Kambing ekor tebal

Adapun penjelasan dan perbedaan dari kedua kambing Gembel atau Gibas ini adalah sebagai berikut ini :

         1.Kambing Gembel ekor tipis

Jenis kambing ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Populasi kambing gembel ekor tipis ini banyak tersebar di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk ciri – cirinya sebagai berikut

  • Memiliki postur tubuh yang relatif kecil
  • Bulu yang kasar
  • Campuran warna bulu yang beragam, seperti cokelat, putih, hitam

Ketika dewasa kambing gibas/ gembel ini memiliki bobot berkisar 30 – 40 kg per ekor, sedangkan untuk kambing betina memiliki berat sekitar 25 kg per ekor. Tentu bobot yang cukup tinggi bukan untuk dijadikan sebagai hewan penghasil daging. 

Ekor kambing gibas ini memiliki panjang rata – rata 19,2 cm, lebar 5,6 cm dan ketebalan mencapai 2,7. Untuk masa reproduksi dari kambing ini tergolong cukup cepat dan tentunya hal tersebut juga dipengarhi oleh angka yang berbeda – beda . Hal ini juga dipengaruhi oleh cuaca dan iklim di daerah pemeliharaan dan dipengaruhi oleh pemberian komsumsi. 

      2. Kambing Gembel ekor tebal 

Kambing Gembel ekor tebal ini dikenal memiliki ekor yang tebal dan cukup panjang. Ekor kambing ini dapat mencapai panjang sekitar 14 cm bahkan dapat lebih panjang. Kambing ini juga memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Memiliki ukuran ekor yang cukup besar
  • Bulu yang putih polos
  • Memiliki bulu yang bagus hingga disebut sebagai hair sheep
  • Kambing Jantan dan Betina tidak memiliki tanduk 
  • Bentuk kepala cenderung cembung
  • Tidak memiliki noktah hitam di sekitar mulut

Kambing yang berekor tebal memiliki bulu yang relatif bersih

Kambing Gibas/Gembel ekor panjang ini banyak kita temukan di daerah Jawa Timur, tepanya di Pulau Madura dan pulau – pulau kecil lainnya. Tidak hanya di daeraj Jawa saja ternyata populasi kambing gibas ini sudah banyak kita temukan di Lombok, Donggala dan Gorontalo. 

Daya tahan tubuh pada kambing ini cukup baik, mampu bertahan dari cuaca dingin, panas sehingga membuat kambing gembel/ gibas tidak mudah terserang penyakit. Untuk bobot kambing jantan dapat mencapai 50 – 70 kg, sedangkan untuk betina dapat mencapai 30 – 40 kg.

Baca juga : 

Peluang Bisnis Kambing Gembel

Banyak mayarakat Indonesia yang tertarik untuk beternak kambing didasari oleh prospek bisnis yang cerah dari usaha kambing tersebut. Tentunya jika usaha ini semakin dikembangkan maka akan memberikan pengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi di setiap daerah.

Peluang usaha kambng saat ini cukup banyak diminati

Kambing gembel ini biasanya diternakkan untuk diambil dagingnya. Untuk cara pemeliharannya pun juga cukup mudah diterapkan di semua lapisan masyarakat. Ada beberapa alasan mengapa beternak kambing memiliki banyak peluang yang menguntungkan sehingga banyak menjadi incaran para peternak untuk dibudidayakan, yakni sebagai berikut :

  • Kambing merupakan salah satu hewan yang memiliki daya tahan tubuh yangcukup kuat. Sehingga kambing tidak mudah terkena serangan penyakit
  • Hewan kambing ini cukup mudah dipelihara dan mudah diterapkan oleh semua masyarakat. Baik masayarakat pedesaan maupun perkotaan 
  • Pemberian pakan kambing cukup mudah dan harganya juga relatif terjangkau
  • Siklus reproduksi kambing tergolong lebih cepat, sehingga kambing mudah dibudidayakan karena mudah beranak  

Adapun beberapa faktor yang membuat kambing semakin banyak dikembangkan dan dijadikan sebagai peluang usaha adalah sebagai berikut 

1.Permintaan daging yang terus mengalami peningkatan 

Menurut data yang teramati saat ini permintaan akan daging kambing telah mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Hal ini didasari karena telah banyak berdiri restaurant – restaurant yang menjajakan aneka masakan berbahan dasar daging kambing. Maka dari itu, daging kambing saat ini cukup banyak digemai oleh masyarakat.

Pemintaan daging yang terus mengalami peningkatan

Tentunya tidak hanya itu saja, daging kambing juga banyak digunakan untuk hidangan makan pada saat hari – hari besar. Seperti hari perayaan Idul Adha, Aqiqah, Walimahan dan kegiatan – kegiatan perayaan lainnya. 

2. Ketersediaan lahan dan iklim yang cukup baik 

Di Indonesia sendiri memiliki iklim yang sangat cocok untuk beternak kambing, yakni iklim panas dan hujan. Kedua iklim tersebut tentunya sangat cocok untuk dijadikan dasar untuk beternak kambing. 

Katersediaan lahan yang masih luas serta iklim di Indonesia yang mendukung membuat kambing ini dapat beradaptasi dengan baik

Lahan yang masih cukup luas, hamparan rumput hijau yang masih terjaga keasriannya sangat mendukung masyarakat untuk beterak kambing. Kambing juga berperan penting dalam tingkat kesuburan tanah. Kotoran kambing yang jatuh ke tanah akan memberikan fungsi penting bagi pertumbuhan rumput yakni sebagai pupuk organik. 

3. Modal awal yang relatif kecil 

Jika dilihat dari perbandingan antara beternak sapi dan kerbau, beternak kambing gembel memerlukan modal yang tidak cukup tinggi untuk investasi awalnya. Usaha beternak kambing ini dapat diterapkan dengan lahan yang relatif tidak begitu luas. Cukup  dengan memanfaatkan lahan yang kosong dan tetap memperhatikan ketersediaan bahan lokal yang terdapat di lokasi. 

Kambing harus selalu di rawat dengan baik agar kambing tetap dalam keadaan sehat

Modal pemeliharaan kambing dapat dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi

Untuk pakan, peternak juga dapat memberikannya dengan rumput, daun hijau dan konsentrat lainnya untuk menunjang pertumbuhan daging kambing gembel. Jika difokuskan untuk pemgemukan biasayan pakan kambing gembel ini akan sedikit berbeda dengan kambing yang dipelihara secara tradsional dengan pakan rumput. 

4. Sumber gizi yang sehat dan sempurna 

Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam daging kambing sangat baik untuk kebutuhan tubuh manusia. Lemak yang ada dalam daging kambing tergolong rendah dan dagingnya relatif lebih sehat dibanding dengan daging hewan lainnya.

Daging Kambing kaya akan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia

Bagi sebagian orang mengkonsumsi daging kambing menjadi pantangan, terutama pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, dibalik itu semua terdapat berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Asalkan dalam mengkonsumsi daging kambing dapat menyesuaikan dengan porsi dan kemampuan tubuh masing – masing. 

Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam daging kambing : 

  • Pembentukan otot
  • Mencegah penyakit anemia
  • Memperbaiki kesehaan tulang 
  • Sumber enrgi yang besar untuk aktifitas sehari – hari 
  • Meningkatkan kekebalan tubuh 
  • Mejaga sistem kerja saraf 
  • Menjaga kesehatan mata 

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara Kambing Gibas/Gembel ini. Siahkan dapat dipesan ditempat kami. Untuk kambing kami sediakan dari usia remaja – indukan. 

Kami juga siap megirimankan pesanan kambing hingga keseluruh wilayah Pulau Jawa. Untuk pengiriman wilayah pulau jawa akan kami kirimkan via mobil bak terbuka hingga alamat tujuan. Untuk mengetahui infomasi lebih lengkap mengenai cara pemesanan, cara pembayaran, cara pengiriman dan konsultasi. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

Kata terkait : kambing gibas, kambing gembel, ternak kambing gibas, peluang usaha ternak kambing gibas, ternak kambing gembel, car amudah beternak, jual kambing, beli kambing, jual kambing gibas, kambing gibas adalah, harga kambing gibas, ternak kambing


2 Comments

Newsteen · March 30, 2020 at 4:19 am

modal awal kira kira berapaan tuh

    Admin 1 hobiternak.com · March 31, 2020 at 1:08 am

    Kalau untuk modal tergantung ingin ternak berapa ekor dan kandangnya mau di buat seperti apa ya Pak.
    Karena biasanya setiap peternak berbeda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: